7 Cara Menghemat Pemakaian Energi Listrik di Rumah, Wajib Dicoba Deh!

Menghemat listrik rumah tinggal adalah kewajiban bagi semua orang tanpa terkecuali. Bahkan meskipun Anda sanggup membayar tagihan listrik dengan lancar sekali pun, Anda tetap wajib melaksanakan upaya penghematan energi listrik di rumah. Pasalnya energi listrik ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperharaui. Faktanya adalah sebagian pasokan listrik di Indonesia masih diimpor dari luar negeri loh. Kenyataan ini memang sangat miris mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Jadi mulai sekarang marilah kita berhemat dalam memakai energi listrik.

Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk mulai menerapkan perilaku hemat listrik ini. Biasanya orang akan memulainya dengan membiasakan diri untuk menghidupkan lampu saat petang, kemudian segera memadankannya ketika fajar menjelang. Sebenarnya ada banyak upaya lebih dari kebiasaan di atas yang dapat diterapkan untuk menghemat listrik. Kami akan mencoba memberikan beberapa contohnya untuk Anda. Manfaatnya ialah selain biaya listrik di rumah menjadi lebih murah, Anda pun telah ikut berperan menjaga dunia tetap bersinar di malam hari. Anda telah berpartisipasi dalam kebaikan.

Kiat-kiat di bawah ini akan membantu Anda dalam menghemat pemakaian listrik di rumah. Silakan Anda dapat membiasakannya mulai dari sekarang bersama dengan seluruh anggota keluarga yang lainnya.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Penggunaan lampu hemat energi dapat menghemat pemakaian listrik di rumah Anda. Lampu ini benar-benar bekerja baik dalam mendukung program penghematan energi listrik. Anda bisa meencoba dengan memakai lampu LED daripada lampu pijar. Dari segi desain rumah, penggunaan lampu hemat energi juga akan menciptakan kesan ruangan menjadi lebih luas, khususnya untuk lampu dengan cahaya berwarna putih. Tetapi saat ini ada pula lampu LED dengan cahaya berwarna kuning dan merah. Letakan lampu ini di sudut yang tepat sehingga Anda bisa membatasi jumlah lampu yang dipasang.

Pilih Alat Elektronik yang Pintar

Kehidupan zaman sekarang memang tidak terlepas dari penggunakan perangkat elektronik. Disarankan untuk memilih alat elektronik yang tidak hanya hemat energi, namun juga mempunyai prinsip kerja yang cerdas. Sehingga pemakaian perangkat tersebut pun akan mengurangi konsumsi energi listrik di rumah Anda secara signifikan daripada memakai perangkat yang biasa. Mulailah dengan memilih tv, lemari es, magic jar, dan laptop yang berlabel hemat energi. Dengan menggunakan alat elektronik yang seperti ini, tidak terasa, Anda pun sudah menghemat energi listrik dalam jumlah yang banyak.

Pakai Perangkat secara Bijaksana

Cobalah untuk bijaksana dalam memakai alat elektronik. Gunakan seperlunya dan matikan segera ketika akan ditinggalkan. Jangan lupa untuk mencabut konektor kabel ketika sebuah perangkat elektronik tidak digunakan dalam waktu yang lama. Sering-seringlah memeriksa kondisi alat elektronik dan jangan lupa untuk membersihkannya dari debu. Jangan pernah membuang-buang energi listrik yang Anda konsumsi. Gunakan energi listrik yang tersedia di rumah secara bijaksana. Pertimbangkan sekali lagi sebelum Anda akhirnya menyalakan perangkat elektronik tersebut.

Nyalakan Listrik Apabila Butuh

Sekali lagi kami ingatkan bagi Anda untuk menggunakan energi listrik secara bijaksana. Pakailah energi listrik apabila Anda memang sedang benar-benar membutuhkannya. Jangan pernah menggunakan listrik ini hanya sekadar untuk iseng atau mengisi kekosongan saja. Contoh perilaku buruk yaitu menonton TV sambil bermain game di ponsel. Sebaiknya Anda pilih salah satu kegiatan untuk dilakukan dan memang aktivitas tersebut Anda butuhkan. Jangan membiasakan diri untuk berperilaku boros listrik. Awalnya sih dampaknya tak akan terasa, namun cobalah Anda menghentikannya dan lihat hasilnya.

Gunakan Listrik dengan Cerdas

Pompa air merupakan salah satu perangkat elektronik yang menyerap listrik dalam jumlah besar. Sering kali tagihan listrik di rumah membengkak saat pompa air kerap kali dinyalakan. Untuk mengantisipasinya cobalah untuk mengatur jadwal kapan pompa air harus menyala. Anda juga dapat menggunakan torrent penampung air dalam ukuran besar supaya aktivitas mesin pompa air ini dinyalakan tidak terlalu sering. Selain pompa air, Anda pun bisa mengatur ulang penggunaan alat elektronik yang membutuhkan daya besar seperti setrika baju, penanak nasi, dan mesin cuci.

Hidup Lebih Ramah Lingkungan

Cobalah Anda mengaplikasikan gaya hidup yang ramah lingkungan. Kami jamin pemakaian energi listrik di rumah pun akan menjadi lebih hemat secara otomatis. Secara tidak langsung, sirkulasi udara di dalam ruangan juga turut andil dalam pemakaian listrik. Anda terpaksa menyalakan perangkat AC dan kipas angin untuk menghalau udara panas tersebut. Buatlah sirkulasi di ruangan strategis seperti ruang keluarga dan ruang makan supaya terasa segar. Seiring dengan lancarnya aliran udara di dalam rumah, kini Anda pun tidak membutuhkan kipas angin dan AC lagi. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada sektor kebutuhan yang lain seperti air dan panas.

Batasilah Penggunaan Perangkat

Anda juga harus berupaya untuk membatasi penggunaan energi listrik di rumah. Bagaimanapun juga ini merupakan tindakan nyata yang mesti dilakukan dengan baik. Usahakan Anda untuk tidak mengalami ketergantungan terhadap energi listrik. Jangan selalu memakai listrik lagi dan lagi. Cobalah Anda untuk melakukan kegiatan lain yang sama sekali tidak memerlukan listrik. Misalnya Anda bisa memperbanyak aktivitas di luar rumah, berkumpul bersama keluarga, ataupun berolahraga. Tentunya kegiatan ini jauh lebih positif ketimbang setiap hari Anda dihabiskan untuk menonton TV saja, kan? Walaupun awalnya terasa sulit, kami yakin lama-kelamaan Anda akan terbiasa sendiri.