5 Manfaat Baking Soda, Ternyata Efektif untuk Membersihkan Rumah Loh

Bagi Anda yang suka membuat kue dan roti, kami yakin Anda pasti mempunyai stock baking soda yang cukup banyak, kan? Bahan yang satu ini berguna sekali untuk mengembangkan adonan yang tengah kita buat. Berkat baking soda, Anda bisa membuat sebuah kue ataupun roti yang rasanya sungguh lezat nan menggoda selera. Tetapi apakah Anda sudah tahu kalau ternyata baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih loh. Artinya kita bisa membersihkan rumah memakai baking soda ini.

Yap, siapa sangka kalau ternyata baking soda yang notabene biasa kita gunakan untuk mengembangkan adonan kue/roti juga bermanfaat sebagai bahan pembersih. Baking soda sangat efektif membersihkan bagian-bagian rumah yang kotor, khususnya menghilangkan noda membandel. Sifat basa yang dimiliki oleh baking soda ini sangat efektif dalam mengangkat kotoran-kotoran di seluruh sudut ruangan, lebih-lebih di kamar mandi. Penggunaan baking soda juga bisa menjadikan rumah lebih steril.

Lantas, apa saja sih manfaat-manfaat baking soda saat digunakan sebagai bahan pembersih? Bagaimana  pula cara menggunakannya yang benar agar kita mendapatkan hasil yang maksimal?

Baking Soda untuk Mengusir Bau yang Tidak Sedap

Percayakah Anda kalau baking soda merupakan salah satu pengusir bau tak sedap yang sangat ampuh? Untuk membuktikannya sendiri, cobalah mengaplikasikan soda kue ini pada karpet ruangan. Taburkan baking soda ke permukaan karpet, kemudian biarkan selama 30 menit. Lantas bersihkan bubuk soda tersebut dengan vacum cleaner. Hasilnya karpet pun tidak berbau lagi. Baking soda juga bisa Anda pakai untuk menghilangkan aroma busuk yang kerap muncul dari dalam kulkas.

Hal yang sama juga bisa Anda terapkan untuk mengatasi bau yang kerap tercium di lemari pakaian. Anda dapat memasukkan sepiring kecil baking soda di salah satu sudut lemari dan mendiamkannya selama beberapa saat. Alhasil lemari Anda akan bebas dari bau. Lebih dari itu, boneka mainan anak yang kerap berbau juga bisa dituntaskan memakai bantuan baking soda ini. Anda bisa memilih, mencuci boneka dengan baking soda atau cukup menaburi permukaannya saja.

Baking Soda untuk Menghilangkan Noda Membandel

Daripada Anda membeli produk pembersih kimia yang berharga mahal, seluruh sudut rumah bisa Anda bersihkan menggunakan baking soda loh. Adapun caranya sangat mudah seperti halnya Anda memakai sabun deterjen biasa. Taburkan saja serbuk soda kue ini secukupnya, lalu gosoklah menggunakan sikat. Langkah terakhir, bilas kembali dengan air bersih. Dengan langkah yang sederhana ini, seisi rumah Anda kini menjadi lebih bersih dan bebas dari kotoran.

Baking soda juga bisa dipakai untuk mengembalikan kilau perabotan yang berbahan perak lho. Bahkan campuran baking soda dan cuka sangat efektif digunakan untuk menghilangkan karat yang sulit Anda hapus sebelumnya. Caranya yaitu Anda bisa merendam peralatan perak terlebih dahulu di cairan baking soda dan cuka ini. Diamkan selama 20-30 menit saja sudah cukup. Tak usah terlalu lama ya. Setelah itu, sikatlah permukaannya sampai bersih. Kini alat-alat tersebut pun nampak mengkilap.

Baking Soda untuk Mensterilkan Peralatan Kecantikan

Bagi Anda yang ingin membersihkan peralatan kecantikan seperti sisir, penjepit rambut, dan sebagainya, menyikatnya saja menggunakan sikat biasa tak akan bisa membuat kondisinya benar-benar bersih dan steril. Untuk menjaga kondisi semua peralatan ini agar tetap bebas dari kuman dan bakteri, Anda bisa menggunakan campuran air panas dan baking soda untuk membersihkannya. Cukup rendam peralatan kecantikan yang dimaksud tersebut di cairan baking soda. Selanjutnya, bilas dengan air bersih ya.

Baking Soda untuk Membersihkan Lingkungan Eksterior

Karena letaknya yang berhubungan langsung dengan lingkungan luar, bagian eksterior rumah gampang sekali terkena kotoran. Partikel-partikel debu dan sampah di sepanjang jalan dengan cepat mengotori seluruh bagian rumah tersebut Tak jarang pula, ada noda-noda membandel yang menempel di beberapa sudut rumah. Kalau sudah begini, terasa semakin sulit kan untuk membersihkan rumah Anda? Tak usah khawatir sebab Anda bisa mengatasinya menggunakan baking soda.

Yap, ternyata untuk menghilangkan kotoran-kotoran lingkungan eksterior rumah ini mudah sekali lho. Anda hanya membutuhkan baking soda sebagai bubuk pembersihnya. Setelah permukaan eksterior, seperti kaca dan lantai ini telah dilap sampai bersih, kemudian taburkan soda kue ini. Tunggu sekitar 15 menit supaya soda kue menyerap semua noda membandel yang masih menempel di permukaannya. Setelah itu, Anda bisa menyekanya memakai kain lap basah. Semua noda pun otomatis akan terangkat.

Baking Soda untuk Membersihkan Garasi Kendaraan

Garasi kendaraan di rumah biasanya nampak kotor sekali akibat oli dan gemuk yang susah dihilangkan. Untuk mengubah pemandangan yang begitu kotor tetapi susah dibersihkan ini, coba gunakanlah baking soda sebagai bahan pembersihnya. Taburkan baking soda ke lantai dan bagian-bagian lainnya yang kotor di dalam garasi. Kemudian sikatlah menggunakan bantuan sedikit air sampai bersih. Bilas kembali lantai ruangannya. Maka hasilnya garasi rumah Anda pun terlihat bersinar lagi.