5 Solusi Rumah Hadap Barat yang Panas dan Pengap Tanpa AC

Sudah bukan perkara yang mengherankan lagi kalau rumah yang menghadap ke arah barat terasa lebih panas daripada rumah yang menghadap ke arah lainnya. Hal ini dikarenakan arah barat mengakibatkan rumah tersebut akan banyak mendapatkan sinar matahari secara langsung pada siang hari. Jadi selama durasi waktu dari pukul 11.00 sampai pukul 15.00, rumah Anda akan dipenuhi oleh sinar matahari siang hari yang begitu panas. Ya, di mana-mana pada waktu-waktu ini matahari bersinar dengan sangat panas dan terik sekali. Akibatnya suasana di dalam rumah Anda pun menjadi benar-benar panas.

Kelemahan dari rumah hadap barat adalah suhu ruangan di dalamnya cenderung terasa lebih panas. Hal ini pula yang menyebabkan munculnya anggapan jikalau rumah tersebut tidaklah nyaman. Padahal arah hadap yang kurang baik ini dapat disiasati menggunakan berbagai trik. Di antaranya merenovasi rumah dengan menambah sunscreen ataupun menanam tumbuh-tumbuhan di sekitarnya. Anda bisa membuat suasana di dalam rumah tersebut tetap terasa nyaman seperti halnya rumah-rumah yang menghadap ke arah lainnya. Jadi Anda tidak boleh merasa pesimis terhadap rumah tinggal Anda tersebut.

Bagi Anda yang memiliki rumah menghadap ke arah barat, Anda tetap dapat mendesain rumah tersebut dengan baik kok. Silakan Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini secara langsung!

Pasang Kaca Film di Fasad Rumah

Desain rumah yang menghadap ke barat lebih bagus apabila banyak menggunakan kaca sebagai elemen bangunan. Tujuannya untuk memaksimalkan jumlah cahaya yang mampu memasuki rumah. Tetapi Anda tetap harus mencegah sinar ultraviolet dan sinar infrared yang terkandung di dalam sinar mataharir agar cahaya yang memasuki rumah tidak panas. Bagaimana caranya? Disarankan lapis kaca tersebut dengan memanfaatkan kaca film. Berbeda dengan kaca biasa, lapisan film ini dapat menghalau hawa panas yang terkandung di dalam sinar matahari. Sehingga interior nampak terang, tetapi tidak panas.

Buat Kisi-kisi Vertikal dan Horisontal

Tidak apa-apa kalau rumah Anda dipenuhi oleh sinar matahari. Anda bisa melawan sinar matahari yang panas tersebut dengan udara yang begitu segar. Sirkulasi udara yang lancar akan mendinginkan interior rumah Anda. Anda dapat membuat roster atau kisi-kisi di jendela. Fungsinya sebagai lubang udara untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah. Anda bisa memaksimalkan pembuatan kisi-kisi, baik yang berbentuk vertikal maupun horisontal. Tidak masalah apakah kisi-kisi tesebut berbahan kayu atau baja. Sebab bukaan-bukaan ini nantinya akan sama-sama berguna untuk mendinginkan ruangan.

Pelihara Tanaman Rambat

Anda juga bisa memanfaatkan tumbuh-tumbuhan untuk membuat rumah Anda menjadi tak panas lagi. Tanaman akan menghasilkan oksigen yang bisa menyejukkan seisi rumah. Saran kami cobalah menanam tanaman-tanaman rambat. Tanaman ini juga bisa menjadi tirai alami yang akan mempercantik tampilan rumah Anda. Pun tumbuh-tumbuhan tersebut juga dapat menghasilkan oksigen dan sanggup menangkal panas matahari. Peliharalah tanaman ini dengan merambatkannya. Perhatikan aspek estetikanya supaya kehadiran tanaman tersebut mampu menambah keindahan alami rumah secara keseluruhan.

Bangun Teras Penetralisir Udara

Teras penetralisir udara maksudnya teras tersebut ditujukan untuk menurunkan suhu udara yang masuk ke dalam rumah. Di teras ini, Anda dapat menaruh tanaman-tanaman hias yang berdaun rimbun sebagai penetralisirnya. Selain bakal menghalangi panas matahari, udara yang masuk ke rumah sebelumnya juga akan diolah oleh tanaman-tanaman ini. Dengan kata lain, kualitas udara yang masuk pun akan menjadi lebih segar. Anda dapat memenuhi seisi teras tersebut dengan tumbuhan-tumbuhan yang memiliki daun yang rimbun. Beberapa jenis tanaman juga mempunyai kemampuan untuk menjernihkan udara loh.

Manfaatkan Bidang Transparan

Jangan lupa, Anda juga bisa memanfaatkan bidang transparan untuk menyiasati agar rumah tidak panas. Dekorasi fasad yang memakai bidang transparan dilakukan dengan membuat sunscreen secara vertikal atau horisontal untuk mengurangi cahaya matahari yang mampu memasuki rumah. Pada rumah bergaya tropis, penggunaan overstek yang lebar juga sudah terbukti secara efektif sanggup mengurangi dampak negatif dari panas matahari. Sedangkan pada rumah bergaya minimalis, cobalah membuat kanopi di atas jendela-jendela. Keberadaan kanopi ini mampu menghalau sinar matahari agar tak memasuki rumah.

Pada dasarnya, setiap rumah bisa didesain dengan kiat-kiat tertentu supaya suasananya terasa nyaman. Begitu pula dengan rumah yang menghadap ke arah barat ini. Walaupun sering dianggap sebagai rumah yang kurang menguntungkan, bukan berarti rumah yang menghadap ke arah barat tersebut selamanya akan bersifat negatif. Anda tetap bisa membuatnya menjadi rumah yang paling nyaman dihuni kok. Jadi dengan mengaplikasika kelima trik di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang pandangan negatif dari orang-orang bahwa rumah hadap barat selalu terasa panas. Buktinya sekarang rumah Anda justru bagus sekali karena banyak mendapatkan sinar matahari.