8 Cara Mengusir Lalat dari Rumah yang Paling Ampuh

Kita semua tentu ingin mempunyai rumah yang tidak hanya mempunyai desain yang menarik saja, tetapi juga kondisinya bersih dan higienis. Sebab bagaimana pun kondisi rumah yang bersih akan memastikan Anda sekeluarga akan senantiasa sehat. Akan tetapi, ada banyak sekali serangga-serangga yang dapat mengganggu kenyamanan Anda tinggal di rumah. Salah satunya yaitu lalat. Sudah dikenal lama bahwa lalat merupakan salah satu serangga penyebar bakteri yang berbahaya. Lalat yang biasa hidup di tempat kotor ini paling pede untuk menjamah makanan dan minuman di meja. Dari sinilah bakeri yang dibawa oleh lalat masuk ke tubuh manusia.

Lalat memang paling jago mengganggu kenyamanan kita di dalam rumah. Serangga ini sepertinya selalu ada di mana-mana. Lalat bisa kita jumpai di pekarangan, dapur, kamar mandi, teras, ruang tamu, bahkan kamar tidur kalau kita sering menyimpan makanan di sana. Tapi sayangnya lalat bukanlah serangga yang menarik atau berguna bagi manusia. Lalat merupakan serangga yang sangat berbahaya karena mampu menyebarkan kuman dan bakteri ke segala penjuru rumah. Oleh karena itu, Anda mesti harus wasapada terhadap serangga yang satu ini. Jangan pernah Anda mau mengizinkan seekor lalat pun tinggal bersama Anda di rumah. Anda harus segera mengusirnya.

Kami mempunyai kiat-kiat yang paling ampuh untuk memastikan rumah bebas dari lalat. Kuncinya ialah Anda harus mengusir lalat-lalat tersebut secara total. Namun bagaimana sih caranya? Silakan Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini.

Jagalah Kebersihan Rumah dan Lingkungan di Sekitarnya

Menjaga rumah tetap bersih merupakan kunci utama untuk mencegah lalat-lalat datang ke rumah Anda. Mengapa? Sebab lingkungan yang bersih sangat tidak disukai oleh lalat. Lingkungan yang bersih artinya tak ada sampah di sana. Jadi tidak ada pula kotoran yang bisa dimakannya. Maka dari itu, lalat tak akan betah tinggal berlama-lama di tempat yang bersih karena dia tidak dapat mendapatkan makanan. Jadi pastikan Anda membersihkan rumah secara rumah. Terutama untuk dapur, Anda wajib membersihkan seisi ruangan setelah selesai memasak. Jangan lupa juga untuk membuang sampah di dapur setiap saat.

Jangan Pernah Membiasakan Menyimpan Kotoran di Rumah

Jadikan rumah Anda sebagai tempat tinggal yang nyaman, bukan malah menjadi gudang penyimpanan. Apalagi kalau Anda justru menyimpan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak akan pernah dipakai lagi. Sebaiknya mulai dari sekarang Anda seleksi lagi semua barang yang ada di rumah. Segera singkirkan barang-barang yang memang sudah tidak berguna bagi Anda sekeluarga. Ubahlah kebiasaan lama Anda yang suka menumpuk barang supaya kondisi rumah lebih bersih. Daripada membuangnya begitu saja, Anda bisa menjualnya ke bank sampah atau memberikan ke orang lain yang membutuhkan.

Buang Sampah Setiap Hari dan Pastikan Rumah Bebas Sampah

Kalau semut selalu ada di tempat-tempat yang banyak terdapat gula, lain lagi dengan kecenderungan si lalat ini. Lalat paling suka berkumpul di tempat yang penuh dengan sampah. Di mana ada sampah, pasti bakal selalu ada lalat di sana. Jadi kalau Anda menginginkan rumah yang bebas dari lalat, maka Anda pun harus memastikannya bebas dari sampah. Tugas Anda sekarang adalah membuang semua sampah yang ada di rumah. Anda juga harus meletakkan tempat sampah utama pada lokasi yang jauh dari rumah. Jika Anda mau membuat pupuk kompos atau pupuk kandang dari sampah tersebut, pastikan Anda membuat pupuk ini di lokasi yang cukup jauh dari rumah. Lalu segera bersihkan tempatnya kalau sudah selesai.

Tutuplah Tempat Makanan dan Minuman Anda dengan Rapat

Lalat paling suka hinggap di tempat-tempat yang banyak makanannya. Itulah mengapa ruang makan dan ruangan dapur merupakan tempat favorit mereka karena memang banyak makanan di sini. Kalau Anda menginginkan lalat ini pergi jauh-jauh dari rumah serta tidak pernah kembali lagi, persulitlah mereka dalam mendapatkan makanan. Anda bisa memulainya dengan membiaskan diri untuk menutup rapat semua bahan-bahan makanan. Gunakan tudung saji yang rapat untuk menutup makanan-makanan yang ada di meja makan. Anda juga bisa menyimpan semua makanan ini di lemari es agar lebih aman.

Rajin Mengepel Lantai dan Membersihkan Halaman Rumah

Selain membuat lalat-lalat kesulitan mendapatkan makanan saat berada di rumah, untuk membuatnya tidak betah tinggal di rumah Anda, Anda pun harus membuat lalat tersebut tidak bisa hinggap dengan tenang sama sekali. Anda mesti membuat lalat ini merasa tidak nyaman serta selalu terusik. Bagaimana caranya? Anda bisa mulai melakukannya dari pekerjaan yang paling mudah yaitu membersihkan lantai ruangan beserta halaman. Anda harus membersihkannya sesering mungkin. Anda juga perlu mengepel lantai menggunakan cairan pembersih khusus agar lalat tidak suka berada di sana.

Gunakan Bahan-bahan Alami untuk Membasmi Lalat Nakal

Ada banyak metode yang dapat dilakukan untuk mengusir lalat secara alami. Misalnya saja nih Anda bisa memanfaatkan daun pandan, lavender, cengkih, atau jeruk lemon. Aroma dari tumbuh-tumbuhan ini memang sangat menyengat sehingga benar-benar dibenci oleh lalat karena mengganggunya. Anda bisa mencoba memotong salah satu dari tumbuhan di atas menjadi kecil. Kemudian campurlah dengan air secukupnya agar aroma khasnya lebih keluar. Letakkan air campuran ini ke dalam mangkuk kecil. Lantas tempatkan mangkuk-mangku tersebut di sudut rumah yang biasa menjadi tempat berkumpulnya lalat. Niscaya lalat akan langsung kabur karena mencium aromanya.

Pakailah Produk Insektisida Khusus untuk Membunuh Lalat

Cara paling ampuh dalam mengusir lalat adalah dengan menggunakan insektisida yang aman digunakan di dalam rumah. Pastikan sebelum menggunakannya, Anda telah menutup semua makanan dan sumber air yang ada di dalam rumah. Anda harus memastikan bahan-bahan ini tidak sampai tercemar insektisida ya. Setelah menyemprotkan insektisida, segera tinggalkan rumah Anda sampai udaranya bersih kembali. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan benda yang tertempel oleh insektisida setelahnya. Yang lebih penting lagi adalah membaca petunjuk penggunaan produk insektisida tersebut terlebih dahulu.

Manfaatkan Obat Nyamuk Semprot untuk Mengatasi Lalat

Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan produk insektisida khusus yang berguna untuk mengatasi lalat, maka Anda dapat menggunakan bahan alternatif yang khasiatnya mirip seperti produk insektisida. Salah satu rekomendasi kami jatuh pada produk obat nyamuk semprot. Perlu Anda ketahui, obat anti-nyamuk benar-benar ampuh mengatasi berbagai serangga bukan cuma nyamuk saja. Bahkan lalat pun seketika akan langsung mati setelah terkena semprotan dari racun tersebut. Anda hanya perlu menyemprotkan obat anti-nyamuk ini secara rutin di tempat-tempat yang sering menjadi area berkumpulnya lalat.