Cara Sederhana Bersihkan Noda Membandel di Sofa Kesayangan

Di dalam suatu interior rumah, sofa sudah menjadi suatu unsur yang penting. Tengok saja entah di ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar tidur selalu memakai sofa sebagai pendukungnya. Sofa ini selain memiliki fungsi yang penting, sofa juga mampu menambah keindahan ruangan. Jika kita mengingat lebih dalam lagi, saat ini sofa dibuat dari berbagai bahan. Ada sofa dari kain, sofa kulit, hingga sofa daur ulang yang terbuat dari kain-kain perca. Semuanya nampak cantik menghias ruangan di sekitarnya. Anda bisa mempertimbangkan untuk menghiasi ruangan menggunakan sofa.

Namun ada saja hal-hal yang dapat merusak keindahan sofa ini. Debu-debu biasanya setiap hari menempel di permukaannya. Parahnya lagi noda-noda yang membandel juga tidak ragu melekat sangat kuat di sini. Tentunya Anda tak boleh membiarkan noda tersebut tetap bersemayam di permukaan sofa. Mengapa? Karena biasanya noda yang dibiarkan ini lama-kelamaan bakal berubah menjadi noda membandel yang sangat susah untuk dihilangkan. Sebelum mimpi buruk tersebut menjadi sebuah kenyataan, Anda mesti melakukan usaha secara maksimal untuk menghapus noda di sofa.

Sebenarnya Anda tidak perlu risau ketika melihat adanya noda membandel di sofa. Noda tersebut tetap bisa dihilangkan dengan mudah asalkan menggunakan metode yang tepat. Anda dapat mengikuti solusi-solusi dari kami di bawah ini untuk membersihkan noda membandel tersebut.

DETERJEN

Ambil sejumput deterjen dan campurkan menggunakan air hangat. Aduk campuran ini perlahan sampai berbuih. Buih-buih sabun ini yang selanjutnya akan digunakan untuk membersihkan noda, bukan airnya. Silakan Anda mengmbil kain yang halus. Kemudian ambil busa-busa ini dengan kain supaya lembab saja. Setelah usapan busa yang pertama selesai, selanjutnya taburkanlah soda kue untuk menyerap sisa-sisa busa yang tertinggal. Diamkan sampai satu malam. Setelah hari berikutnya, Anda cukup menyedot debu-debu yang menempel menggunakan vacuum cleaner. Dijamin deh hasilnya pasti bagus sekali.

SABUN KHUSUS

Campurkan air hangat dengan deterjen. Pakai sikat yang telah dicelupkan ke air sabun untuk menggosok noda di sofa. Gosok perlahan-lahan dan searah sampai noda hilang. Jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan hairdryer agar terhindar dari jamur. Lebih mudah lagi jika cover sofa tadi bisa dilepas.

  • Apabila cover terbuat dari katun, Anda cukup mencucinya seperti kain biasa. Lalu menyetrikanya agar licin dan rapi.
  • Jikalau cover sofa terbuat dari polyester atau wol, cukup Anda bersihkan memakai dry cleaning dan jangan sampai terkena air.
  • Kalau cover sofa tersebut terbuat dari kulit asli, maka Anda harus menggunakan lotion khusus untuk membersihkannya.
  • Jika bahan cover sofa tersebut terbuat dari kulit sintetis, Anda cukup mengelapnya dengan kain yang agak basah.

CAIRAN PEMUTIH

Sebagai pengganti deterjen, Anda juga dapat memakai cairan pemutih kain. Cuma ingat! Karena sifatnya yang keras, pastikan warna cover sofa yang Anda miliki tidak mudah luntur. Caranya cukup mudah. Anda cukup menggunakan sikat gigi yang halus untuk menghapus noda-noda yang menempel ini. Silakan bisa Anda bersihkan noda di permukaan sofa menggunakan sikat gigi tersebut secara perlahan-lahan. Jangan memakai cairan pemutih kain terlalu banyak. Cukup gunakan sekali olesan saja, lalu dapat Anda ratakan memakai sikat gigi ke segala arah sampai noda di sofa benar-benar sirna.

TEPUNG

Ternyata bahan pembersih sofa juga ada di dapur lho. Anda pasti sudah akrab dengan namanya tepung, kan? Sifat tepung yang mampu melebur dan mudah menyerap ternyata juga mampu membaur dengan noda. Ini artinya Anda pun bisa memanfaatkan tepung untuk menghilangkan noda membandel yang ada di permukaan sofa. Caranya gampang banget kok. Taburkan tepung pada noda sofa. Diamkan beberapa saat, lantas bersihkan menggunakan kain lap yang kering. Niscaya noda di sofa tadi pun bakal berkurang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silakan Anda bia mengulanginya sebanyak 3-5 kali.