Panduan Memilih Keramik Kolam Renang yang Tepat

Akhirnya impian Anda untuk memiliki kolam renang pribadi akan menjadi kenyataan sebentar lagi. Tabungan Anda sudah lebih dari cukup untuk membiayai pembangunan kolam renang. Lahan yang akan digunakan sebagai tempat pembuatan kolam renang pun telah tersedia. Kini waktunya Anda memilih bahan bangunan yang akan digunakan. Tidak hanya material untuk membangun konstruksi kolam renang, tetapi Anda juga perlu menentukan finishing-nya.

Ada begitu banyak material finishing yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam renang. Contohnya yaitu finishing untuk lantai dan dinding. Kebanyakan kolam renang memakai keramik sebagai finishing. Material ini dipilih karena harganya cukup murah, memiliki struktur yang kuat, bersifat anti-air, mudah dirawat, dan pilihan modelnya pun banyak. Supaya hasilnya memuaskan, Anda bisa menggunakan keramik khusus untuk kolam renang.

memilih-keramik-kolam-renang.jpg

Tidak semua keramik yang ada di pasar cocok digunakan sebagai material pelapis dinding serta lantai kolam renang. Keramik untuk kolam renang harus memenuhi persyaratan tertentu agar bekerja baik saat dipasang. Anda harus memilih keramik yang sesuai. Kesalahan dalam memilih keramik akan menyebabkan material tersebut susah dirawat atau cepat rusak. Bahkan bukan tidak mungkin kolam renang Anda akan menjadi berbahaya jika salah memilih keramik.

Berikut ini tips-tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih keramik, antara lain :

  1. Hitung Anggaran Terlebih Dahulu

Pengadaan keramik untuk kolam renang memakan biaya yang cukup besar. Anda tidak hanya perlu membeli keramik untuk bagian lantai kolam renang saja, tapi juga keramik dinding. Biasanya keramik khusus untuk kolam renang dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada keramik biasa. Anda perlu menghitung secara cermat berapa anggaran yang perlu dikeluarkan. Setelah mengetahui kisaran harga yang pasti, Anda bisa memilih keramik dengan lebih tepat.

  1. Prioritaskan Keamanan Ubin Keramik

Faktor keamanan menjadi prioritas utama dalam membuat kolam renang. Suatu kolam renang dapat dikatakan layak digunakan apabila keamanannya terjamin. Tak ada risiko yang bakal terjadi jika seseorang berenang di dalamnya. Termasuk risiko Anda bakal terpeleset atau tergores oleh keramik yang licin dan tajam. Oleh sebab itu, Anda harus mengutamakan keamanan keramik tersebut daripada faktor-faktor lainnya. Pastikan keramik yang Anda pilih benar-benar aman dipakai untuk kolam renang.

  1. Pilih Produk Bergaransi Seumur Hidup

Kenyataannya produk keramik khusus untuk kolam renang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Keramik tersebut harus dibuat dengan material dan metode khusus agar bisa menahan tekanan air dengan baik. Sering kali terjadi kasus keramik tiba-tiba pecah akibat terus tertekan oleh air. Musibah tersebut tidak akan menjadi runyam manakala keramik yang Anda beli mempunyai garansi. Apalagi jika garansinya seumur hidup. Dengan garansi ini, Anda bisa melakukan klaim jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

  1. Perhatikan Visualisasi Keramik

Setelah produk keramik yang Anda pilih dapat dipastikan keamanannya, selanjutnya yaitu Anda perlu melakukan penyortiran tentang keindahannya. Selain aman dipakai untuk berenang, kolam renang juga harus indah agar terlihat menarik. Semakin indah visualisasi kolam tersebut, maka kita akan semangat bersemangat untuk berenang di dalamnya. Jadi sangat penting untuk memilih keramik yang memiliki desain dan juga indah. Anda bisa menyesuaikan desain keramik tersebut dengan konsep awal kolam renang yang ingin dibuat.

  1. Kombinasi Warna yang Menarik

Faktanya warna keramik yang paling banyak digunakan untuk kolam renang adalah biru dan putih. Warna biru dipilih untuk menciptakan suasana kolam renang yang mirip seperti air laut di samudra. K”>olam renang akan terlihat jernih, sejuk, dan luas apabila menggunakan keramik yang berwarna biru pada bagian lantai dan dindingnya. Sedangkan pemilihan warna putih didasarkan pada kemampuannya dalam membuat kesan luas dan bebas. Anda bisa memainkan warna biru dan putih beserta warna turunannya untuk menciptakan kesan yang lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Pastikan Keramik Mudah Dirawat

Anda juga perlu memastikan bahwa keramik yang dipilih untuk kolam renang memang mudah dirawat. Hal ini begitu penting untuk dilakukan guna mempermudah Anda dalam merawat kolam renang tersebut nantinya. Jangan sampai salah dalam memilih keramik. Beberapa produk keramik dapat menahan kotoran, di mana partikel-partikel kotoran tersebut menempel di bagian pori-porinya. Keramik seperti ini sebaiknya tidak dipilih karena hanya akan merepotkan diri Anda sendiri.

  1. Pilihlah Keramik yang Gampang Dipasang

Keramik untuk kolam renang tersedia dalam beragam model, bentuk, dan ukuran. Perlu diingat, spesifikasi keramik ini akan mempengaruhi proses pemasangannya. Keramik yang memiliki bentuk tidak biasa memang terlihat unik. Namun di sisi lain, keramik tersebut cukup sulit dipasang. Artinya Anda harus menambah budget lagi untuk biaya pemasangannya yang lebih lama. Sebisa mungkin, pilihlah keramik yang menarik dan mudah untuk dipasang.