Inilah 3 Jenis Dempul di Toko Bangunan yang Belum Anda Tahu

Dempul adalah bahan yang berfungsi untuk mengisi celah-celah atau lubang-lubang yang terdapat pada permukaan kayu, logam, atau tembok. Pekerjaan menerapkan dempul pada suatu bidang dinamakan pendempulan. Proses pendempulan bertujuan untuk meratakan permukaan suatu bidang. Penerapan dempul biasanya menggunakan scrap atau kape dengan mengisikannya pada celah-celah atau lubang di permukaan benda tersebut. Setelah dempul mengering, barulah kemudian dapat dilaksanakan proses pengampelasan memakai kertas ampelas agar tekstur permukaannya semakin halus dan rata.

Tahukah Anda, terdapat bermacam-macam dempul di toko bangunan saat ini. Masing-masing jenis dari dempul tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda berdasarkan tujuan awal dalam pembuatannya. Ada dempul yang ditujukan khusus untuk kayu, logam, ataupun dinding bangunan. Anda harus memilihnya dengan tepat. Mengapa? Sebab setiap dempul ini sudah diformulasikan secara spesial untuk bidang yang akan ditempatinya. Dempul kayu tak bisa dipakai untuk tembok, begitu pula dengan sebaliknya. Kesalahan dalam memilihnya akan membuat dempul tidak dapat merekat dengan kuat.

Di toko bangunan terdekat, paling tidak terdapat 3 jenis dempul menurut tujuan awal pembuatannya yaitu dempul kayu, dempul logam, dan dempul tembok.

Dempul Kayu

Dempul kayu adalah dempul yang berguna untuk meratakan permukaan kayu yang berlubang sehingga pekerjaan finishing kayu dapat dilakukan dengan  sempurna. Proses pengisian celah-celah kayu memakai dempul ini biasanya dilaksanakan pada saat kondisi kayu tersebut masih mentah, yakni sesaat sebelum dilaksanakan proses finishing. Dempul kayu dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu dempul murni dan wood filler. Anda harus memilihnya dengan tepat sesuai jenis pekerjaan yang hendak dilakukan.

Perbedaan antara dempul kayu murni dan wood filler terletak pada kegunaan utama serta karakteristik bahan yang dimilikinya. Perlu Anda ketahui, fungsi utama dempul kayu adalah untuk menutup lubang-lubang yang terdapat pada kayu. Sedangkan wood filler berguna untuk mengisi pori-pori kayu sehingga tampilan serat tersebut lebih menonjol. Begitu pula dengan karakteristik yang dimiliki oleh dempul lebih padat dan cepat mengering. Berbeda dengan wood filler yang karakteristiknya lebih halus.

Dempul Logam

Dempul logam adalah dempul yang berfungsi untuk meratakan permukaan logam, khususnya besi dan baja. Dengan meratakan permukaannya terlebih dahulu, maka logam tersebut dapat diolah dengan hasil akhir yang benar-benar sesuai keinginan. Setelah diratakan, permukaan logam tersebut bisa diberikan finishing yang tepat sehingga hasilnya pun lebih rapi dan memuaskan. Adapun produk dempul logam ini banyak digunakan oleh bengkel mobil dan motor, bengkel las, proyek konstruksi besi, dan sebagainya. Namun dalam dunia konstruksi, dempul ini juga acap kali dimanfaatkan untuk mendukung pekerjaan.

Dempul Tembok

Dempul tembok atau dempul dinding adalah dempul yang ditujukan secara khusus untuk meratakan permukaan tembok pada suatu bangunan. Penerapan dempul ini dilakukan sebelum proses pengecatan dimulai. Tembok yang sudah dilapisi oleh dempul akan lebih mudah dicat, cepat kering, dan hasilnya pun jauh lebih optimal. Selain itu, penerapan dempul juga dapat menghemat kebutuhan cat dinding yang dibutuhkan. Dengan fungsinya tersebut, beberapa orang juga sering menyebut dempul tembok sebagai plamur atau cat dasar. Dempul ini benar-benar dibutuhkan ketika Anda hendak mengecat tembok.