Mengenal Macam-macam Jenis Atap Kanopi untuk Carport

Carport (emper mobil) adalah bagian dari eksterior rumah yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan mobil. Carport ini bisa dibuat secara mandiri maupun digabung bersama dengan garasi. Struktur carport terdiri atas lantai, dinding, penahan atap, rangka atap, dan atap. Dari semuanya itu, struktur dari carport yang banyak mempengaruhi desainnya ialah atap. Model atap carport akan berpengaruh besar terhadap desain carport tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik supaya carport di rumah Anda tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga terlihat begitu menarik.

Pada dasarnya, kegunaan atap carport yang utama adalah untuk melindungi mobil Anda dari cuaca yang ekstrem. Perlindungan terhadap sinar matahari dan air hujan ini juga sekaligus berfungsi untuk menjaga struktur-struktur penyusun carport lainnya sehingga tetap awet serta tidak mudah rusak. Namun karena masih termasuk bagian dari bangunan utama, maka faktor estetika dekorasi carport tersebut tetap perlu diperhatikan. Bahkan lokasinya yang berada di depan rumah, menuntut desain carport ini harus mampu mendukung keindahan desain rumah Anda secara keseluruhan sehingga tampil harmonis.

Berdasarkan sifat dan karakteristiknya, atap carport bisa dikelompokkan menjadi 3 macam. Di antaranya yaitu atap transparan, atap tertutup, dan atap fleksibel. Atap transparan merupakan atap yang bersifat tembus pandang. Sedangkan atap tertutup adalah atap yang tidak tembus pandang. Genteng termasuk salah satu jenis atap tertutup. Beda dengan atap fleksibel yang dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Atap ini umumnya memanfaatkan teknologi canggih yang memungkinkan kita mampu mengoperasikan atap dengan lebih mudah. Silakan Anda dapat memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

ATAP TRANSPARAN

Suatu atap carport bisa dikatakan sebagai atap transparan kalau atap tersebut bersifat tembus pandang. Artinya bayangan di atas atap ini dapat dilihat dari bagian bawah atap. Atap transparan memungkinkan kita untuk melihat langit dengan jelas saat berada di dalam carport. Hal ini sanggup menciptakan kesan terbuka pada interior carport tersebut. Anda tak perlu khawatir karena atap ini dilengkapi dengan bahan pelindung anti sinar ultraviolet. Jadi meskipun sinar matahari bisa memasuki carport, tetapi mobil Anda tetap terlindungi dengan baik. Carport dengan atap transparan sedang populer akhir-akhir ini.

Berikut ini merupakan contoh bahan material bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat atap carport yang bersifat transparan, antara lain :

Polycarbonate

Atap carport yang transparan paling sering dibuat dari bahan polycarbonate, di mana material ini berupa lembaran-lembaran yang berbentuk datar ataupun bergelombang. Kelebihan dari atap polycarbonate di antaranya tahan terhadap cuaca ekstrim, anti sinar ultraviolet, dan memiliki variasi yang cukup banyak. Saat ini carport yang dilengkapi atap polycarbonate tengah menjadi tren di Indonesia. Polycarbonate ini termasuk salah satu jenis plastik yang memang cocok sekali digunakan sebagai atap struktur bangunan. Anda bisa memilihnya berdasarkan warna, bentuk, dan ketebalannya.

Vinyl

Atap carport transparan lainnya terbuat dari bahan vinyl. Keunggulan dari atap vinyl yaitu cukup mudah dipasang, harganya murah, dan mempunyai bobot yang ringan. Sayangnya atap ini tidak begitu sanggup menahan terik matahari. Sehingga carport yang dilengkapi dengan atap vinyl ini terasa lebih panas. Anda bisa memanfaatkan vinyl sebagai atap carport. Ada banyak toko bangunan yang menyediakannya. Anda tinggal memilihnya saja mau membeli atap vinyl yang warnanya apa. Jika dirawat dengan baik, atap vinyl mampu bertahan sampai bertahun-tahun lamanya loh.

Fiberglass

Jenis atap transparan lainnya yaitu atap fiberglass yang dibanderol dengan harga lebih murah ketimbang polycarbonate atau vinyl. Namun suasana carport yang ditutupi menggunakan atap fiberglass ini kurang nyaman karena lebih panas dan terlalu silau dipandang mata. Bahan atap fiberglass sebaiknya digunakan apabila carport di rumah terletak di tempat yang teduh. Atap ini akan terlihat indah sekali sebab nampak berkilau sehingga menimbulkan kesan yang penuh dengan kemewahan. Atap fiberglass ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi desain rumah yang bergaya futuristik.

Kaca

Beberapa orang juga ingin terlihat unik dengan memilih kaca sebagai atap carport-nya. Namun material kaca yang dipakai di sini adalah kaca khusus yang memiliki ukuran lebih tebal serta lebih tahan terhadap terik matahari maupun curah hujan. Salah satunya yaitu kaca berjenis rayben yang sanggup mengurangi intensitas cahaya matahari. Penggunaan kaca sebagai bahan pembentuk atap carport akan menciptakan pesona yang sungguh indah. Desain carport Anda bakal terlihat modern dan sangat unik. Tapi sayangnya memasang kaca sebagai atap carport bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

Shade Sail

Shade sail merupakan material atap yang terbuat dari nylon Polyethylene. Sekilas wujud dari shade sail ini menyerupai membran dan memiliki pori-pori yang cukup rapat. Oleh karena itu, carport yang ditutup dengan atap shade sail akan terasa lebih sejuk karena aliran udara dan sinar matahari bisa keluar-masuk carport melalui berbagai sudut dengan leluasa. Tetapi karena bahan ini mempunyai pori-pori yang cukup lebar dampaknya yaitu atap ini rentan mengalami kebocoran saat musim penghujan. Pertimbangkanlah risiko buruk ini sebelum Anda benar-benar memakai atap shade sail.

ATAP TERTUTUP

Sesuai namanya, atap ini terbuat dari material-material yang mampu menutupi interior carport tersebut secara optimal. Anda tak bisa melihat langit melalui bagian dalam carport ini. Sehingga kemampuannya dalam melindungi mobil pun menjadi jauh lebih maksimal dibandingkan dengan atap terbuka. Penataan dekorasi yang tepat, khususnya dalam pembentukan model dan bentuk atap tersebut, dapat membuat atap ini tetap kelihatan memesona dan menarik sekali. Silakan Anda bisa mendapatkan gambar-gambar inspirasi desain carport mobil yang menarik di Arafuru.com ini ya!

Adapun beberapa material bangunan yang biasanya digunakan untuk membangun atap carport tertutup di antaranya yaitu :

Genteng

Genteng tanah liat paling banyak dipakai untuk membuat carport yang mempunyai atap tertutup. Agar suasana di dalam carport tidak terlalu gelap, solusinya yakni dengan memasang beberapa genteng kaca di posisi yang strategis. Pemakaian genteng tanah liat ini mampu menyatukan carport dengan bangunan rumah Anda secara harmonis. Alternatif material genteng lain yang cocok digunakan untuk carport yaitu genteng keramik serta genteng aspal. Genteng keramik mempunyai tampilan yang berkilau. Sedangkan untuk genteng aspal berwarna lebih gelap, solid, dan nampak moden.

Atap Logam

Saat ini juga banyak dibuat carport yang menggunakan material atap logam loh. Anda juga dapat meniru konsep ini. Jenis atap logam yang paling banyak digunakan di carport ialah atap galvalum atau zincalum. Pemakaian atap logam memungkinkan proses pembangunan atap bisa berjalan jauh lebih cepat. Hal ini dikarenakan oleh bentuk atap logam yang berbentuk lembaran dengan ukuran yang cukup besar. Anda mungkin hanya membutuhkan 1-2 lembar atap ini saja. Atap logam biasanya ditopang oleh rangka atap dari baja ringan. Sayangnya carport Anda akan terasa lebih panas jika memakai atap ini.

Dak Beton

Rumah yang bergaya modern minimalis biasanya dapat disempurnakan dengan tambahan carport yang menggunakan atap dak beton. Dak beton benar-benar cocok sekali dipakai untuk menciptakan dekorasi carport bergaya minimalis. Hal ini lantaran bentuk dak beton yang datar dan tegas terlihat begitu serasi ketika berpadu dengan rumah yang geometris ini. Walapun biaya pembuatannya cukup mahal, atap dak beton memiliki daya kekuatan dan keawetan yang tinggi loh. Atap ini mampu bertahan selama beberapa puluh tahun tanpa mengalami kerusakan sama sekali.

ATAP FLEKSIBEL

Atap ini dikatakan fleksibel karena dapat dibuka dan ditutup dengan mudahnya. Jadi pemilik carport bisa menyesuaikan suasana di dalam carport tersebut menurut keinginannya sendiri. Sebagai contoh, ketika malam hari yang cerah, pemilik carport bisa membuka atap tersebut untuk menikmati keindahan langit. Sebaliknya pada saat cuaca nampak mendung, Anda bisa menutup kembali atap carport tersebut segera untuk menghindari air hujan. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan atap fleksibel tersebut telah didukung oleh sistem rumah pintar (smarthome) yang berteknologi canggih.

Berbeda dengan bahan atap sebelumnya, atap fleksibel ini tersedia dalam bentuk fabrikasi yang sudah rampung. Jadi pembeli akan mendapatkan bahan atap, rangka atap, dan struktur pendukung lain yang sudah sudah siap pakai. Tugas Anda hanya tinggal merangkainya saja. Ini merupakan material atap yang sangat praktis. Maka tidak heran, atap jenis ini dibanderol dengan harga beli yang paling mahal di antara bahan-bahan yang lain. Jika Anda ingin membuat rumah pintar, atap fleksibel ini patut dipertimbangkan untuk melengkapi bagunan rumah ala smarthome milik Anda.

Adapun material atap carport yang memiliki kemampuan fleksibel ini umumnya terbuat dari alumunium. Proses pemasangan atap dilakukan dengan merangkai rangka atapnya terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan memasangnya di penyangga. Setelah itu, barulah atap alumunium tadi siap dipasang di atasnya. Terakhir adalah proses penyetelan sistem buka-tutup atap untuk memastikannya sanggup dikendalikan oleh penggunanya dengan mudah. Atap fleksibel ini cocok sekali diaplikasikan untuk rumah tinggal atau villa dan tempat penginapan yang memiliki pemandangan yang indah.