Cara Pasang Sendiri Stiker Kaca Rumah dengan Mudah

Stiker adalah lembaran kertas atau plastik yang ditempelkan. Seiring dengan perkembangannya, ragam stiker pun kini semakin bervariasi. Bahkan ada pula stiker yang diperuntukkan secara khusus untuk kaca rumah, baik itu jendela maupun pintu. Jenisnya pun bermacam-macam. Mulai dari stiker sunblast, film, riben, sparta, one way, cutting, dan sebagainya. Setiap jenis stiker tersebut mempunyai karakteristiknya tersendiri yang unik sekali. Jadi Anda bisa menyesuaikannya dengan selera pribadi dan kebutuhan. Anda bisa membeli stiker kaca rumah di www.alatperabotan.com dengan pilihan yang begitu banyak.

Secara umum, stiker kaca berfungsi untuk meredam panas matahari yang masuk ke rumah melalui kaca. Karena suhunya sudah diredam oleh stiker menjadi lebih rendah, panas tadi pun tidak berisiko merusak alat serta perabotan rumah tangga yang Anda miliki, terutama barang yang terbuat dari kayu atau kain. Beberapa stiker yang dibekali kemampuan menurunkan intensitas cahaya juga dapat meningkatkan dan privasi seluruh penghuni rumah. Selain itu, pemasangan stiker kaca pada permukaan pintu atau jendela juga bermanfaat untuk memperindah tampilannya. Stiker ini memang nampak sangat menarik.

Memang stiker kaca sebenarnya sih memang tidak terlalu sulit. Bahkan kalau mau, Anda bisa memasang stiker kaca di rumah dengan tenaga sendiri loh. Tentunya Anda membutuhkan panduan khusus supaya dapat memasang stiker tersebut dengan benar, kan? Oleh sebab itu, kami sengaja menyediakan artikel panduan di bawah ini untuk membantu Anda.

ALAT DAN BAHAN :

  • Stiker kaca
  • Penggaris/meteran
  • Cutter
  • Cairan pembersih kaca/air sabun
  • Botol spray
  • Alat pembersih kaca (squeeze)
  • Jarum peniti

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Silakan cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran kaca yang hendak ditempeli stiker menggunakan penggaris atau meteran. Anda harus mengukur panjang dan lebar kaca tersebut dengan tepat. Lalu catat hasil pengukurannya. Periksalah sekali lagi untuk memastikan Anda sudah melakukan proses pengukuran secara akurat.
  2. Letakkan bahan stiker di atas lantai yang mempunyai permukaan rata. Lantas, buat pola sesuai dengan ukuran kaca tersebut. Setelah itu Anda dapat memotong stiker tadi sesuai pola memakai cutter. Gunakan cutter yang tajam dan alas yang licin agar hasil pemotongannya bisa tetap rapi. Lakukan pemotongan stiker dengan teliti.
  3. Siapkan kaca terlebih dahulu yang ingin dihiasi dengan lapisan stiker. Caranya adalah bersihkan permukaan kaca tersebut menggunakan cairan pembersih kaca. Anda juga bisa memanfaatkan air sabun untuk membersihkan permukaan kaca ini. Jangan lupa setelahnya dilap menggunakan kain yang bersih ya,
  4. Permukaan kaca yang sudah dibersihkan tadi, kemudian disemprot memakai campuran air dan sabun atau air sampo. Tapi kami lebih merekomendasikan air sampo sebab hasilnya lebih bagus. Apabila Anda tidak mempunyai botol spray, maka air sampo ini dapat diusapkan secara langsung ke permukaan kaca memakai kain lap.
  5. Selama proses pemasangan stiker ini, Anda harus membiarkan kondisi permukaan kaca tersebut tetap basah. Jangan pernah mengeringkannya terlebih dahulu. Di sini, kita sengaja membasahi permukaan kaca tersebut supaya stiker dapat menempel dengan kuat di permukaannya. Prinsip kerja lem di stiker memang demikian.
  6. Proses persiapan kaca telah selesai, saatnya beralih kepada stiker. Mulailah dengan melepaskan lapisan stiker kaca dari kertas alasnya terlebih khawatir. Jangan khawatir. Lapisan ini mirip sekali dengan lapisan-lapisan stiker pada umumnya kok. Anda tinggal melepaskan kertas pelindung ini sehingga lapisan lemnya pun bakal kelihatan.
  7. Stiker yang sudah terlepas dari lapisan pelindungnya ini lantas dapat ditempelkan ke permukaan kaca dengan benar. Anda tidak perlu tergesa-gesa. Yang terpenting, Anda harus tetap fokus dan konsentrasi agar stiker tersebut dapat terpasang dengan baik, benar, tidak miring, dan juga tidak menggelembung. Bakalan sulit memperbaikinya kalau salah.
  8. Setelah dirasakan stiker kaca sudah melekat dengan posisi yang tepat, cobalah menyemprotkan air sampo ke sisi bagian permukaan luarnya. Lantas gunakan squeeze untuk menggosok stiker ini sampai air yang terjebak di dalamnya bisa keluar. Lakukan penggosokan ini selama beberapa kali dan hindari memakai benda yang kasar atau berat.
  9. Jikalau ada kelebihan sisa-sisa stiker yang melekat di kaca, Anda bisa merapikannya dengan cara memotong sisa stiker tersebut memakai cutter. Sekali lagi kami ingatkan, lakukan pekerjaan ini dengan hati-hati ya. Silakan Anda bisa menandai dengan garis terlebih dahulu agar hasilnya rapi. Lantas potonglah sisa stiker tadi memakai cutter.
  10. Selanjutnya periksa hasil pemasangan stiker yang sudah Anda kerjakan. Apakah masih ada udara yang terjebak di dalam stiker tersebut atau tidak? Jika masih ada udara yang terjebak, Anda bisa menyingkirkan udara tersebut dengan melubangi stiker menggunakan jarum peniti yang tajam. Lalu Anda bisa merapikan bagian-bagian yang ada di sekitarnya.

Ternyata mudah sekali kan proses pemasangan stiker kaca pada rumah tinggal itu? Pastinya dong! Selain dapat menghemat biaya pengeluaran, memasang stiker sendiri juga akan meningkatkan kelihaian Anda dalam mengolah desain rumah menjadi lebih baik. Selamat mencoba sendiri ya!