7 Tips Memilih Atap Polycarbonate yang Berkualitas Tinggi

Atap polycarbonate dapat menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang menginginkan atap rumah yang mampu meneruskan cahaya dengan baik. Atap ini diklaim sanggup meneruskan cahaya matahari hingga mencapai lebih dari 90%. Penggunaan atap polycarbonate akan membuat ruangan di bawahnya memiliki suasana yang cerah dan terang-benderang. Ruangan-ruangan yang memerlukan penyinaran secara maksimal seperti carport, gudang, dan tempat jemuran cocok memakai atap ini.

Apakah kali ini Anda juga akan bekerja menggunakan atap polycarbonate? Anda ingin membangun atap ruangan memakai atap polycarbonate? Tenang saja. Sebab atap ini tersedia di berbagai toko bangunan. Sebagai material yang cukup terkenal, atap polycarbonate mudah ditemukan. Tapi Anda harus memilih atap ini dengan cermat dan teliti agar tak sampai salah dalam memilihnya. Anda mesti menyesuaikannya dengan kebutuhan. Perhatikan dengan baik kualitas atap polycarbonate yang dipilih tersebut.

memilih-atap-polycarbonate.jpg

Sebelum benar-benar membeli atap polycarbonate, Anda harus memilihnya dengan memperhatikan faktor-faktor di bawah ini!

  1. Kenali Merek yang Bagus

Atap polycarbonate di pasaran tersedia dalam merek yang berbeda-beda. Banyaknya merek ini sebenarnya menguntungkan pembeli karena persaingan harganya akan semakin ketat. Namun beberapa pembeli mengaku kesulitan dalam menentukan merek mana yang kualitasnya paling baik. Sebaiknya memang belilah atap polycarbonate buatan merek ternama sehingga mutunya benar-benar terjamin. Anda bisa meminta saran dari penjual atau kerabat yang pernah memakai atap polycarbonate sebelumnya.

  1. Pilihlah Atap yang Tebal

Salah satu kekurangan atap polycarbonate ialah strukturnya yang tak terlalu kuat, tapi memiliki tekstur yang keras. Akibatnya atap ini pun cukup mudah mengalami keretakan dan pecah. Untuk mencegah timbulnya kerusakan ini, kami sarankan pilihlah atap polycarbonate yang cukup tebal. Semakin tebal atap yang digunakan, maka kekuatannya akan semakin tinggi. Atap polycarbonate yang tebal membuatnya memiliki struktur yang lebih kuat dan kokoh. Sebaliknya atap yang tipis tidak terlalu awet.

  1. Cobalah Tekan Atap Tersebut

Sebelum benar-benar membeli atap polycarbonate, Anda mesti memeriksanya dengan teliti terlebi dahulu. Cek kekuatan material tersebut secara cermat, terutama soal kekuatannya. Anda bisa mencoba menekan atap ini dengan cukup keras, lalu perhatikan apa yang terjadi. Apabila tak ada penyok atau retak bekas tekanan tersebut artinya kualitas atap polycarbonate ini cukup bagus. Kemudian Anda dapat mencoba menjatuhkan bola karet di atasnya. Seharusnya atap ini tak akan pecah saat tertimpa bola.

membeli-atap-polycarbonate.jpg

  1. Dilengkapi Fitur UV Protection

Lapisan UV protection pada atap polycarbonate begitu penting. Fitur ini memungkinkan sinar ultraviolet akan terhalang oleh atap sehingga tidak diteruskannya ke bawah. Atap polycarbonate akan bertindak sebagai perisai yang menangkis keberadaan sinar tersebut. Sinar ultraviolet ini memang bersifat merugikan sekali. Dengan fitur UV protection ini, ruangan yang dilengkapi atap polycarbonate tidak akan terasa terlalu panas. Selain itu, lapisan anti sinar UV ini juga sanggup melindungi atap dari kerusakan.

  1. Pilih Bentuk Sesuai Kebutuhan

Di pasaran, tersedia beragam produk atap polycarbonate yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berdasarkan bentuknya sendiri, paling tidak terdapat tiga jenis atap polycarbonate antara lain atap rata, atap bergelombang, dan atap berongga. Anda dapat membeli  atap dengan bentuk yang sesuai. Masing-masing bentuk atap ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri serta pesona keindahan yang berbeda-beda. Adapun atap polycarbonate berongga yang paling banyak dipilih.

  1. Sesuaikan Warna dengan Desain

Atap polycarbonate hadir dengan warna dasar transparan alian bening. Namun kenyataannya tidak semua produk ini mempunyai warna yang jernih (clear). Ada pula tambahan warna yang sengaja diberikan untuk membuat penampilannya nampak semakin indah. Dalam pemilihannya nanti, Anda bisa menyesuaikan warna atap polycarbonate yang dipilih dengan desain rumah. Khususnya sesuaikan warna atap ini dengan warna cat dinding sehingga konsep awalnya dapat tercipta dengan sempurna.

  1. Pastikan Garansinya Cukup Lama

Biasanya sih atap polycarbonate ini dilengkapi dengan garansi yang lama sekali. Perlu Anda tahu, rata-rata atap polycarbonate dijamin oleh garansi selama 10-15 tahun. Garansi dengan waktu yang selama ini memang sengaja diberikan oleh pihak pabrik ke para konsumennya supaya puas menggunakan produk buatannya. Masa garansi yang super lama ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa atap polycarbonate tersebut memang memiliki kualitas yang tinggi. Semakin lama masa garansinya, maka semakin bagus mutunya.