10 Kelebihan dan Kekurangan Pintu Geser, Anda Wajib Tahu Sebelum Beli!

Kini semakin banyak model pintu yang bisa kita gunakan untuk mendesain rumah. Salah satunya yaitu pintu geser. Apakah pintu geser itu? Sesuai penamaannya, pintu geser pada dasarnya merupakan pintu yang dioperasikan dengan cara digeser ke samping. Jika biasanya pintu dibuka dan ditutup dengan cara menarik atau mendorong daun pintu tersebut, berbeda dengan pintu geser ini. Anda harus menggeser pintu ini ke arah samping untuk membuka serta menutupnya.

Pintu geser biasa digunakan pada rumah-rumah di Kawasan Asia Timur. Bahkan pintu ini sudah menjadi salah satu ciri khas dari desain rumah Jepang loh. Rata-rata rumah di Negara Jepang menggunakan pintu geser. Sedangkan di Indonesia sendiri, tidak ada satu pun rumah adat yang memakai pintu geser ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa pintu geser merupakan pengaruh dari kebudayaan dari luar negeri. Tapi berkat karakteristiknya, pintu geser saat ini mempunyai peminat yang begitu banyak.

kelebihan-pintu-geser.jpg

Lantas, apa saja sih yang menjadi kelebihan dari pintu geser ini?

  1. Sanggup Menghemat Tempat

Kelebihan utama yang dimiliki oleh pintu geser yaitu bisa menghemat tempat secara signifikan. Kebutuhan tempat untuk membuat pintu geser ini lebih sedikit daripada pintu konvensional loh. Jikalau biasanya pintu memerlukan area khusus untuk tempatnya berayun ke dalam, berbeda dengan pintu geser yang tidak membutuhkannya. Pintu ini dapat disembunyikan dengan cara digeser ke dalam dinding di sampingnya. Alhasil kebutuhan ruangnya pun tidak terlalu banyak karena cuma segaris saja.

  1. Modelnya Jauh Lebih Ringkas

Pintu geser cocok sekali diaplikasikan pada ruangan yang akan memuat berbagai barang dalam jumlah yang begitu banyak. Dengan diterapkannya pintu ini, Anda bahkan bisa meletakkan suatu barang tepat di belakang pintu. Karena berbeda dengan pintu konvensional yang harus diayun jauh ke belakang untuk membukanya secara penuh, pintu geser ini cukup digeser ke samping. Modelnya jauh lebih ringkas ketimbang pintu-pintu biasanya.

  1. Tidak Menghabiskan Ruangan

Keberadaan pintu geser juga sama sekali tidak akan menghabiskan banyak tempat. Kebutuhan ruang untuk membuat pintu geser ini memang sangat sedikit. Hanya dengan bidang sempit satu garis yang terletak di belakang dinding saja, Anda sudah mampu membuatnya. Pintu ini hanya memerlukan sedikit tempat bersembunyi. Anda tidak perlu melapangkan ruangan di belakang pintu geser. Sebab pintu ini tidak diayunkan, melainkan digeser ke samping.

  1. Memiliki Keunikan Tersendiri

Pemakaian pintu geser mampu menciptakan suatu kesan yang unik. Walaupun popularitasnya sudah lumayan tinggi, tetapi masih jarang rumah yang menggunakannya. Sehingga ketika Anda menerapkan pintu ini di rumah tinggal Anda, kami jamin deh keberadaannya bakal menjadi daya tarik tersendiri. Pintu tersebut nampak begitu unik di tengah-tengah pintu lain yang biasa-biasa saja. Bukan tidak mungkin, pintu geser ini pun akan menjadi focal point rumah karena memang eksistensinya sangat menggoda mata.

  1. Daya Tahannya Lebih Tangguh

Pintu konvensional biasanya cuma dipegangi oleh engsel saja. Hal ini membuat daya tahannya tidak terlalu kuat. Berbeda dengan pintu geser yang menggunakan bingkai khusus. Di samping berguna sebagai tempat dudukannya, bingkai ini juga dapat memperkuat struktur pintu geser. Keberadaan bingkai tersebut juga sekaligus berguna untuk meningkatkan kekuatan pintu geser ini dan daya kekuatannya. Sehingga pintu geser pun relatif lebih aman karena lebih sulit dijebol dari luar.

kekurangan-pintu-geser.jpg

Sedangkan kekurangan dari pintu geser ini di antaranya :

  1. Pemasangannya Cukup Sulit

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan pintu geser? Sebaiknya sih mintalah bantuan kepada tenaga ahli untuk memasangkannya. Kenapa? Sebab proses pemasangan pintu geser ini cukup sulit loh. Tidak seperti pintu-pintu konvensional yang hanya perlu dipasang pada engsel saja, pintu geser membutuhkan teknik tersendiri dalam pemasangannya. Pada artikel selanjutnya, kami akan mencoba memberikan panduan memasang pintu geser dengan mudah.

  1. Memerlukan Peranti Tambahan

Anda harus siap-siap membeli peranti tambahan selain engsel untuk bisa memasang pintu geser ini. Kenyataannya ada cukup banyak komponen tambahan yang diperlukan dalam pemasangan pintu geser. Anda harus menyediakan semua komponen tersebut tanpa terkecuali supaya pintu geser Anda bisa terpasang dengan sempurna. Sebab kalau sampai kurang satu saja peralatannya tidak tersedia, kekuatan pintu geser ini menjadi lemah karena salah dalam pemasangannya.

  1. Harus Dirawat dengan Cermat

Pintu geser membutuhkan perawatan yang jauh lebih intensif daripada pintu biasa. Pintu geser ini mesti Anda rawat dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya pada bagian daun pintunya saja yang harus Anda rawat sepenuh hati, tetapi komponen-komponen pelengkapnya wajib Anda rawat secara sungguh-sungguh. Perawatan mendasar ialah membersihkan pintu geser setiap saat dan menjaga kondisinya agar tetap kering. Pastikan tak ada karat yang menyerang komponennya.

  1. Gampang Rusak Pada Relnya

Sama halnya seperti pintu lipat, pintu geser juga dilengkapi dengan rel khusus yang membuat Anda dapat menggesernya dengan mudah. Anda tidak perlu menggunakan tenaga yang banyak untuk menggeser pintu tersebut ke arah samping. Berkat rel inilah, Anda cukup menggesernya memakai tenaga sedikit saja. Tetapi Anda harus merawat rel ini agar tidak rusak atau diserang karat ya. Sebab kalau sampai terjadi, rel ini akan macet yang membuat pintu sulit digeser lagi.

  1. Tidak Bisa Ditutup dengan Rapat

Kelemahan lain yang dimiliki oleh pintu geser yaitu pintu ini tak bisa ditutup hingga benar-benar rapat. Sebenarnya sih dengan menggunakan trik tertentu, pintu ini seolah-olah dapat ditutup sampai rapat sekali. Namun kenyataannya memang masih ada sedikit celah yang ditinggalkan oleh pintu geser ini di bagian samping yang berhubungan dengan kusen. Sehingga Anda harus betul-betul memperhatikannya saat memasang pintu geser di kamar tidur atau kamar mandi. Pastikan celah di bagian sampingnya Anda tutup menggunakan aksesori tambahan.