Lebih Mudah Nih! Panduan Cara Membengkokkan Pipa Besi

Proses membengkokkan pipa besi dapat dilakukan dengan teknik bending. Cara membengkokkan pipa ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, melainkan harus dilaksanakan dengan penuh perhitungan supaya hasilnya pun sesuai dengan keinginan kita. Kadang-kadang kita memang membutuhkan pipa besi yang bentuknya bengkok untuk mendukung pekerjaan kita. Tetapi sayangnya di pasaran cuma ada pipa besi yang berbentuk lurus saja. Sehingga mau tak mau kita pun harus membengkokkannya sendiri.

Berdasarkan teknik pengerjaannya, proses bending pipa besi dapat dilakukan dengan beberapa metode di antaranya :

  • Pembengkokan Ram

Metode pembengkokan ram digunakan untuk membuat lengkungan yang cukup besar pada pipa besi yang mudah dibengkokkan. Contohnya seperti pipa conduit. Metode ini dilakukan dengan menekan pipa besi pada dua poin eksternal. Kemudian ram akan mendorong pipa besi tersebut pada poros tengah untuk membuatnya menekuk. Teknik ini akan membentuk pipa besi menjadi berbentuk elips, baik pada bagian dalam maupun luar lengkungan.

  • Pembengkokan Rotary Draw

Pembengkokan pipa besi dengan teknik rotary draw biasanya diaplikasikan saat membuat karya kerajinan tangan dari logam, pegangan tangan, sangkar burung, kandang binatang, dan bingkai trailer. Metode ini juga dapat diterapkan pada pipa besi conduit yang cukup keras. Prosesnya dilakukan memakai dua cetakan yaitu cetakan bending stasioner serta cetakan bending dengan diameter tetap untuk membentuk lengkunga. Teknik ini cocok dipilih bila Anda menginginkan hasil akhir yang rapi dan diameter pipanya tetap konstan.

  • Pembengkokan Mandrel

Teknik pembengkokan dengan metode mandrel umumnya diterapkan pada pembuatan knalpot custom, tabung untuk mesin pengolah susu, serta tabung penukar panas. Proses bending pipa bes dengan teknik mandrel ini memanfaatkan cetakan khusus dalam rotary draw bending yang menjadi pendukung yang fleksibel karena nantinya juga akan ikut bengkok bersama dengan pipa besi. Hal ini membuat bagian dalam pipa besi tetap sempurna tanpa mengalami kecacatan.

  • Pembengkokan Induksi Panas

Jalannya proses pembengkokkan pipa besi menggunakan teknik induksi panas dilakukan dengan memanfaatkan energi panas yang berasal dari kumparan listrik. Energi panas ini dipakai untuk memanaskan area pipa besi yang ingin dibengkokkan. Selanjutnya pipa besi pun dibengkokkan dengan metode yang hampir sama seperti teknik rotary draw. Setelah pipa tersebut berhasil dibuat bengkok, pipa harus segera didinginkan menggunakan air. Dengan teknik ini, lengkungan yang dihasilkan jauh lebih kuat.

  • Pembengkokan Roll

Metode pembengkokan pipa besi menggunakan sistem roll juga sering disebut sebagai teknik coid bending. Metode ini dapat digunakan untuk membuat lengkungan yang ukurannya cukup besar seperti pada pipa atau tabung besi. Berbagai pekerjaan konstruksi pun banyak pula yang menggunakan metode yang satu ini. Proses pembengkokkannya dilaksanakan dengan memakai tiga roller yang disusun membentuk segi tiga. Kemudian salah satu porosnya dipakai untuk mendorong dan membengkokkan pipa besi tersebut.

  • Pembengkokan Panas

Proses pembengkokan yang satu ini dilaksanakan dengan memanfaatkan energi panas. Energi panas sengaja digunakan untuk membuat struktur pipa besi menjadi lebih lunak sehingga dapat dibengkokkan dengan lebih mudah. Metode ini sering kali diaplikasikan pada berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan perbaikan instalasi pipa besi. Logam tersebut dipanaskan di tempat untuk menjadikannya lebih lunak sehingga lebih gampang dibuat bengkok.

Contoh Kerja Membengkokkan Pipa Besi

Di bawah ini merupakan salah satu contoh pekerjaan membengkokkan pipa besi yang dilakukan secara tepat!

Alat dan Bahan :

  • Pipa besi yang ingin dibending
  • Clamp besi/alat penjepit
  • Sarung tangan
  • Mal lengkung; benda bulat dari kayu/batu sebagai cetakan

Sebelumnya kami ingatkan terlebih dahulu, metode ini hanya bisa diaplikasikan pada pipa besi dengan ukuran maksimal 1¼  inci alias 1,25 inci dengan ukuran diameter luar sekitar 42 mm karena keterbatasan alat dan tenaga yang digunakan. Jika ukuran pipa besi tersebut lebih besar daripada 1,5 dim, setidaknya dibutuhkan teknik pemanasan api sampai pipa besi ini benar-benar membara berwarna merah sehingga strukturnya lebih lunak dan lebih mudah dibengkokkan.

Langkah Kerja :

  1. Pada contoh kali ini, kami menggunakan pipa besi yang berukuran ¾ dim dengan panjang sekitar 1 meter lebih sedikit. Pipa besi ini akan kita bengkokkan. Adapun mal lengkung yang digunakan berupa pot mengingat radius yang ingin dicapai cukup besar. Kalau Anda ingin membuat radius lengkungan yang lebih kecil lagi, kami sarankan pakailah mal lengkung dari kayu.
  2. Jepitlah ujung pipa besi yang satu memakai clamp besi. Pastikan Anda menjepitnya dengan kuat dan tidak mudah terlepas. Kemudian ujung pipa besi yang satunya lagi dapat dipegang memakai tangan kosong.
  3. Letakkan pipa besi ini di luar pot sebagai mal cetakannya. Kemudian tariklah pipa besi tersebut menggunakan tenaga yang kuat dan mantap ke arah dalam hingga pipa akan melengkung dan mengikuti bentuk lengkungan pot. Metode manual ini memang memerlukan tenaga yang cukup besar. Bila perlu, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk menarik ujung pipa yang satunya.
  4. Proses pembengkokkan pada pipa besi yang ukurannya cukup pendek justru akan semakin sulit dan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Trik untuk meringankan pekerjaan tersebut, Anda bisa menyambung pipa besi tersebut dengan tongkat kayu atau besi yang dimasukkan ke dalam interior pipa sehingga membuat lebih panjang dan lebih gampang dibengkokkan.
  5. Untuk membengkokkan pipa besi yang mempunyai diameter lebih besar, radius yang lebih kecil, atau sudut yang lebih tajam, maka Anda wajib menggunakan teknik pemanasan. Pemanasan pipa besi ini bisa dilaksanakan menggunakan blander api. Proses ini akan membuat pipa merah membara seolah-olah mau meleleh serta strukturnya pun menjadi lunak sekali. Dalam kondisi inilah, pipa besi dengan kriteria tersebut dapat dibengkokkan dengan mudah.