9 Solusi Ampuh Mengatasi Kamar Mandi agar Tidak Bau Septic Tank

Rata-rata kamar mandi dibuat menyatu dengan toilet. Hal ini tentunya akan membuat penataan ruang menjadi lebih efektif dan efisien. Mengingat kedua ruangan ini sama-sama membutuhkan air, maka tak ada salahnya kalau Anda membuatnya di satu ruangan. Akan tetapi, kamar mandi yang dibuat bersama toilet ini mempunyai satu kekurangan yaitu ada kemungkinan bau dari toilet keluar lalu memenuhi seisi ruangan kamar mandi. Jika masalah ini terjadi, aktivitas mandi pun akan menjadi tidak nyaman.

Saat ini Anda juga mungkin tengah dilanda masalah yang sama yakni kamar mandi yang menjadi sangat berbau. Anda sendiri belum mengetahui dengan pasti di mana sumber bau tersebut keluar. Tapi kalau boleh menebak, kemungkinan besar bau tidak sedap ini muncul dari dalam septic tank. Bau ini tercium menyengat sekali. Jangankan berlama-lama di dalam kamar mandi, mau masuk ke dalam ruangan saja Anda sudah bisa mencium baunya. Masalah ini tentu tidak boleh dibiarkan. Anda harus mengatasinya.

Di bawah ini solusi-solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamar mandi yang berbau tak sedap layaknya bau yang berasal dari dalam septic tank!

Solusi 1. Siramilah Kamar Mandi

Siapa sangka cara mengatasi kamar mandi yang berbau septic tank dapat dilakukan memakai solusi yang sederhana sekali. Bagaimana itu? Anda bisa mencoba untuk menyirami seluruh permukaannya secara merata. Siramilah semua bagian kamar mandi dengan air bersih tanpa terkecuali. Bila perlu, Anda dapat menyikatinya memakai sabun khusus untuk membersihkan kamar mandi. Kamar mandi memang harus dibersihkan sesering mungkin. Perawatannya berbeda daripada ruangan-ruangan yang lain.

Solusi 2. Pastikan Floor Drain Terisi Air

Solusi sederhana kedua untuk membuat kamar mandi supaya tidak bau septic tank yaitu memastikan bagian floor drain selalu terisi dengan air. Saluran drainase air pada kamar mandi pasti selalu dilengkapi dengan floor drain. Floor drain ini berupa genangan air yang terletak di bagian mulut pipa saluran. Selain berguna untuk mencegah serangga memasuki pipa, floor drain ini juga berfungsi untuk menghambat bau tak sedap dari dalam pipa supaya tidak keluar dari saluran. Anda harus memastikan floor drain ini selalu terisi air.

Solusi 3. Bersihkan Bak Kontrol

Saluran pembuangan air kotor di kamar mandi juga dilengkapi dengan bak kontrol. Bak ini merupakan bak khusus yang berfungsi untuk menampung air dari dalam kamar mandi untuk sementara waktu, lalu mengalirkannya ke saluran air umum. Bak ini sangat penting peranannya untuk menyaring kotoran yang mungkin terbuang secara tidak sengaja dari kamar mandi. Anda harus rutin membersihkan bak kontrol ini dan membuang endapan lumpur di bawahnya. Sebab kalau tidak, baunya akan sangat menyengat.

Solusi 4. Atur Ulang Pipa Saluran Air

Bau di kamar mandi juga bisa muncul akibat air yang menggenang di dalam pipa saluran pembuangan air kotor. Masalah ini dapat terjadi manakala posisi pemasangan pipa terlalu datar atau kurang miring sehingga membuat air di dalamnya tak bisa bergerak dengan lancar. Kendala ini juga sering kali muncul pada bagian sambungan-sambungan pipa serta pipa yang berbelok. Anda mesti mengatur ulang posisi pemasangan pipa-pipa ini supaya air di dalamnya bisa bergerak lancar tanpa menimbulkan genangan air.

Solusi 5. Ubah Posisi Pipa Septic Tank

Ini dia yang menjadi terduga penyebab utama munculnya bau yang sangat tidak sedap dari dalam kamar mandi Anda. Jika pun benar, keluarnya bau dari septic tank ini hanya bisa berasal dari dua sumber yaitu lubang kloset dan pipa pembuangan gas. Kecil kemungkinannya bau keluar dari kloset karena sudah ada genangan air yang menahannya. Jadi kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh penyebab nomor dua. Anda bisa menguba posisi pipa tersebut atau menyambungnya dengan pipa lagi dan mengarahkan ke tempat yang lain.

Solusi 6. Pasanglah Ventilasi Udara

Sekali lagi kami beri tahukan bahwa sumber penyebab timbulnya bau tak sedap dari kamar mandi tidak selalu berasal dari septic tank, melainkan ada banyak sekali faktor-faktor lainnya yang bisa memicunya. Salah satunya yaitu kondisi kamar mandi yang terlalu lembab. Mengapa demikian? Karena kamar mandi yang terlalu lembab dapat memicu tumbuhnya jamur. Jamur-jamur yang tumbuh inilah yang menjadi faktor penyebab utama kenapa kamar mandi Anda berbau sekali.

Solusi 7. Pastikan Posisi Kloset Benar

Bau tak sedap yang menyengat dari kamar mandi juga bisa muncul akibat posisi pemasangan kloset yang salah. Memasang kloset memang cukup mudah, tetapi Anda harus memperhatikan kaidah-kaidah yang benar dalam pemasangannya. Anda mesti memperhatikan jarak antara lubang pembuangan toilet ke dinding. Pastikan jaraknya sesuai dengan aturan yaitu 30 cm. Ada baiknya kloset ini dilengkapi dengan penutup khusus untuk mencegahnya dari kontaminasi.

Solusi 8. Taburkan Mikroba Baik

Pada dasarnya, bau muncul akibat dari aktivitas mikroorganisme seperti kuman dan bakteri. Walaupun ukurannya kecil, tetapi mikroorganisme ini juga mengeluarkan kotoran dan gas sisa yang sangat berbau. Namun kini Anda bisa melawan mikroorganisme tersebut memakai mikroba-mikroba yang baik. Sebab sekarang sudah ada produk khusus yang berisi mikroba baik. Anda tinggal menaburkannya ke kloset dan pipa pembuangan air kotor secukupnya, populasi mikroba buruk pun akan langsung berkurang.

Solusi 9. Lakukan Sedot WC

Jika memang kamar mandi Anda berbau menyengat sekali, ada kemungkinan kalau volume septic tank sudah penuh. Apalagi kalau septic tank tersebut menunjukkan ciri-ciri bahwa kondisinya sudah penuh. Satu-satunya solusi yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menyedot septic tank. Anda bisa meminta bantuan jasa sedot WC untuk mengatasinya. Pilihlah penyedia jasa sedot WC yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang bagus.