Proses Pengelasan Besi Hollow yang Baik agar Kuat dan Rapi

Pada dasarnya, besi hollow adalah batangan besi yang memiliki rongga atau lubang di bagian tengahnya. Tapi tidak seperti pipa yang bentuk bundar, penampang besi ini umumnya berbentuk kotak atau persegi. Lumrahnya besi hollow dimanfaatkan sebagai penyangga plafon. Namun beberapa pengrajin juga kerap memakai besi ini untuk membuat pagar, aksesori, atau furniture supaya desainnya semakin unik. Perlu Anda ketahui, besi hollow cuma mempunyai ukuran panjang 6 meter saja.

Di dalam membuat struktur penyangga plafon, Anda perlu merangkai besi hollow menjadi satu kesatuan yang utuh. Namun kita tidak bisa menggunakan paku, sekrup, mur dan baut, atau lem untuk merekatkan potongan-potongan besi hollow ini. Melainkan kita perlu mengelasnya. Faktanya adalah dibutuhkan keterampilan khusus untuk mengelas besi hollow agar dapat merekat sempurna mengingat bentuk besi ini yang cukup tipis. Kalau salah, besi hollow tersebut justru akan meleleh dan berlubang.

Prinsip Dasar Mengelas Besi Hollow

Besi hollow membutuhkan perlakuan khusus dalam pengelasannya mengingat bentuk besi ini berbeda dari besi-besi pada umumnya. Besi ini mempunyai tingkat ketebalan yang cukup tipis. Anda harus dapat menganalisis seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengelas besi hollow supaya tersambung dengan baik. Sebab kalau sampai melakukannya terlalu lama, besi ini akan berlubang akibat strukturnya yang meleleh. Besi hollow wajib dilas dengan durasi waktu yang tepat.

Pengelasan besi hollow dapat dikerjakan memakai teknik 3 titik las. Bagaimanakah prosedurnya? Di sini Anda bisa mengelas 3 titik kecil terlebih dulu pada bagian besi hollow yang akan disambung. Kemudian besi hollow tersebut dibalik dan dilas lagi pada bagian baliknya ini menggunakan metode pengelasan 3 titik kecil. Barulah setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengelasnya membentuk garis vertikal pada besi-besi hollow yang ingin disambung hingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Proses Pengelasan Besi Hollow

Alat dan Bahan :

  • Mesin las listrik
  • Kawat las listrik/elektroda
  • Besi percobaan
  • Besi hollow
  • Sarung tangan
  • Kacamata las
  • Masker
  • Gergaji besi/gerinda tangan
  • Pensil besi
  • Pengaris siku
  • Meteran

Langkah Kerja :

  1. Kenakan terlebih dahulu pakaian pelindung keamanan Anda meliputi sarung tangan, kacamata, dan masker untuk mendukung keselamat kerja. Anda harus menggunakan kacamata khusus las untuk meredupkan cahaya terang yang muncul selama proses pengelasan berlangsung.
  2. Buatlah pola terlebih dahulu pada besi hollow untuk membantu Anda dalam pemotongannya. Anda harus membuat garis pola dengan tepat dan jelas.
  3. Siapkan gerinda listrik dengan baik. Kemudian Anda bisa menyambungkannya dengan sumber daya listrik yang tersedia. Gerinda dibutuhkan untuk memotong besi hollow.
  4. Potonglah besi hollow menggunakan gerinda listrik sesuai dengan garis pola yang telah dibuat. Jangan lupa untuk merapikan bekas potongannya yang nampak kurang bagus. Lantas matikan gergaji tersebut agar tidak disalahgunakan ya.
  5. Sebelum mengelas besi hollow, sebaiknya Anda mengelas besi percobaan terlebih dahulu untuk mengujicoba dan membiasakan tangan Anda mengelas besi hollow. Lakukan sebanyak mungkin sampai hasil akhirnya benar-benar bagus.
  6. Pasanglah mesin las listrik dengan sumber listrik. Lalu pasang juga bagian kawat lasnya ke mesin las tersebut. Ingat, proses pemasangan ini harus dilakukan ketika mesin las dalam keadaan mati (off).
  7. Barulah kemudian Anda dapat mencoba melakukan pengelasan pada besi percobaan terlebih dahulu. Mulailah melakukan pengelasan dengan teknik 3 titik kecil pada sambungan besi hollow tersebut. Lalu balikkan posisi besi hollow dan lakukan kembali teknik pengelasan 3 titik kecil.
  8. Lakukan upaya pengelasan dengan teknik 3 titik kecil. Setelah semuanya selesai, Anda dapat melakukan pengelasan garis vertikal. Lakukan proses ini dengan cepat supaya besi hollow-nya tidak sampai berlubang.
  9. Ratakan hasil pengelasan yang telah Anda kerjakan. Kemudian bersihkan pula bagian-bagian las yang teksturnya kurang halus alias cukup kasar. Anda bisa menghaluskan bagian yang telah dilas ini menggunakan kertas pasir khusus besi. Kalau ingin memakai gerinta untuk meratakan bagian yang telah dilas tersebut, kerjakan dengan hati-hati agar tidak mengikis las secara berlebihan.
  10. Setelah Anda cukup percaya diri dengan hasil pengelasan yang telah dibuat pada besi percobaan maka Anda bisa menerapkannya secara langsung pada besi hollow. Kini tibalah waktunya untuk mengelas besi hollow tersebut. Lakukan proses pengelasan ini dengan metode yang sama.

Selamat berkarya!