Cara Mengecat Genteng Tanah Liat yang Benar agar Mengkilap

Genteng tanah liat yang terkena terik sinar matahari dan air hujan secara langsung lama-kelamaan pasti permukaannya akan berubah menjadi kusam. Bukan hanya penampilannya yang menjadi tidak menarik karena pudarnya warna genteng tersebut, tapi kemampuannya dalam melindungi seisi rumah juga akan ikut berkurang. Genteng yang pudar berpotensi besar mengalamai rembesan air manakala kondisi cuaca sedang hujan. Inilah salah satu penyebab utama mengapa atap rumah tersebut menjadi bocor. Memang sifat air hujan ini tajam sekali sehingga benar-benar harus Anda waspadai.

Permukaan genteng tanah liat memang sebaiknya dicat untuk menutup atau memperkecil ukuran pori-porinya. Genteng ini notabene mempunyai pori-pori yang berukuran besar. Jika tak disikapi dengan baik, pori-pori tersebut akan memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah Anda. Salah satu satu solusi yang jitu untuk mengatasinya ialah mengaplikasikan cat khusus ke permukaan genteng ini. Cat tersebut akan melapisi genteng dengan kuat sehingga lebih tahan air. Cat pelapis anti-bocor pada genteng ini memang tidak Cuma memperindah tampilannya saja, tapi mampu memberi perlindungan.

Sebenarnya tidak terlalu susah kok untuk bisa mengaplikasikan cat ke permukaan genteng. Kurang lebih prosesnya mirip seperti pada saat kita mengecat dinding rumah. Bahkan kalau boleh dibilang sih proses mengecat genteng ini jauh lebih mudah. Anda tak perlu bersusah payah menguaskan cat dasar terlebih dulu atau membagi-bagi area dinding menjadi beberapa bidang agar hasil pengecatannya lebih menarik. Di sini hanya dibutuhkan kemauan dan keuletan diri Anda sendiri untuk mengecat permukaan genteng. Kalau mau, Anda bisa mengecat sendiri genteng tanah liat tersebut.

Akan tetapi, meski proses pengecatan genteng tanah liat ini sangatlah mudah, Anda tetap memerlukan kiat-kiat khusus dalam pelaksanaannya agar lapisan cat tersebut dapat menempel dengan kuat dan juga tidak mudah mengelupas. Lantas, bagaimana kiat-kiatnya supaya kita berhasil mengecat genteng tanah liat agar lebih tahan lama? Silakan Anda dapat mengikuti tips dan trik di bawah ini!

Pakailah Produk Cat Genteng Khusus

Di pasaran tersedia bermacam-macam cat berdasarkan tujuan penggunaannya. Ada cat besi, cat bambu, cat gypsum, cat kayu, cat tembok, sampai cat genteng. Cat genteng adalah cat yang khusus diaplikasikan untuk genteng. Cat ini biasanya memiliki kemampuan pelapisan yang tinggi sehingga sanggup menutupi pori-pori yang terdapat pada permukaan genteng dengan sempurna. Jika Anda ingin mengecat genteng, maka Anda harus menggunakan produk cat khusus untuk genteng ini. Anda tidak boleh menggantinya dengan produk cat lainnya karena cat tersebut pasti tak akan mampu bertahan lama.

Bersihkan Genteng Terlebih Dahulu

Permukaan genteng yang akan dicat sebaiknya dibersihkan terlebih dulu untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang mungkin menempel di sana. Ini adalah langkah mutlak yang wajib dilakukan jika Anda ingin hasil pengecatannya lebih bagus dan optimal. Sebenarnya akan jauh lebih bagus lagi kalau Anda mencuci terlebih dahulu genteng-genteng yang akan dicat tersebut sampai bersih, lantas menjemurnya di bawah terik matahari hingga kering. Jadi genteng tersebut benar-benar bersih sehingga bisa dicat dengan hasil yang maksimal. Tapi yang penting adalah kondisi genteng harus bersih sebelum dicat.

Aplikasikan Cat dengan Baik dan Benar

Cat genteng kemudian dituangkan ke dalam wadah, lalu tambahkan bahan pengencer sesuai saran yang tertulis di kemasannya. Setelah itu, aduklah beberapa kali supaya cat dan pengcencer ini bisa tercampur secara merata. Langkah berikutnya adalah Anda tinggal mengaplikasikan campuran cat ini ke permukaan genteng satu per satu. Gunakan kuas untuk mengoleskan cat tersebut ke kedua sisi permukaan genteng secara merata. Kerjakan dengan gerakan searah, serta berulang-ulang minimal 3 lapisan. Setelah selesai, Anda bisa mengangin-anginkannya agar cat di genteng tanah liat tersebut cepat mengering.