Cara Memotong Bondek dengan Benar agar Hasilnya Rapi

Bondek biasanya digunakan sebagai alas dari pengecoran. Daripada memakai papan kayu atau tripleks, menggunakan bondek lebih menguntungkan sebab kita tak perlu melepasnya setelah beton mengering, bondek dapat meningkatkan kekuatan beton, dan permukaan bondek pun mempunyai nilai keindahan tersendiri. Maka tak heran, walaupun harga bondek lebih mahal dari papan kayu maupun tripleks, tetapi kini bondek lebih banyak digunakan karena memang kualitasnya jauh lebih baik.

Penggunaan bondek tidak ubahnya seperti papan kayu ataupun tripleks ketika digunakan sebagai alas pengecoran. Anda tinggal menghamparkannya di atas tiang penyangga-penyangga yang sudah dipasang terlebih dahulu sebelumnya. Kemudian setelah posisi bondek ini telah rapi, maka pekerjaan pengecoran pun bisa dilaksanakan. Lalu adukan cor beton bisa langsung dituangkan di bondek yang sudah dilengkapi dengan rangkaian tulangan besi di atasnya. Tentunya lebih praktis dari metode konvensional.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, kadang-kadang bondek ini perlu kita potong untuk menyesuaikan bentuk dan ukurannya dengan tempat pemasangannya. Berhubung bondek merupakan papan logam sehingga lumayan sulit untuk dapat memotongnya. Kami biasanya menggunaan mesin gerindah dengan mata potong atau gunting khusus untuk memotong papan logam. Anda bisa mendapatkan kedua alat tukang tersebut di www.alatperabotan.com dengan harga yang sangat terjangkau.

Memotong Bondek Memakai Gerinda

Proses pemotongan bondek menggunakan gerinda tidak ubahnya seperti memotong atap logam pada umumnya. Anda perlu memasang mata gergaji potong untuk besi pada gerinda tersebut sebelumnya. Sebaiknya buatlah garis bantu atau pola dasar di permukaan bondek untuk mempermudah Anda dalam memotongnya dengan tepat dan lurus. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian keamanan seperti sarung tangan, masker, dan kacamata.

Kemudian secara perlahan-lahan tapi pasti Anda bisa memotong bondek sesuai garis polanya. Lakukan proses pemotongan ini sedikit terlebih dahulu, kemudian berhenti sejenak. Lantas lanjutkan lagi sampai selesai. Pemotongan bondek menggunakan gerinda memang harus dilaksanakan secara bertahap agar menghasilkan potongan yang rapi. Ingat, perputaran mata gerinda juga menghasilkan panas yang akan berdampak negatif bagi bondek kalau Anda membiarkannya.

Memotong Bondek Memakai Gunting

Memotong bondek memakai gerinda memang sangat praktis, cepat, dan tidak memerlukan tenaga yang banyak. Namun di sisi lain, tingkat kesulitannya cukup tinggi dan memiliki risiko yang besar apabila Anda tidak berhati-hati saat mengoperasikan gerinda tersebut. Kalau mau metode yang lebih aman, Anda bisa menggunakan gunting untuk memotong bondek. Tapi gunting yang dipakai harus gunting potong khusus untuk lembaran logam ya. Anda tidak bisa memakai gunting kain atau gunting rambut.

Di atas merupakan salah satu contoh gunting yang bisa digunakan untuk memotong bondek. Gunting ini pada dasarnya adalah gunting serbaguna yang berfungsi untuk memotong baja ringan, stainless steel, seng, aluminium, dan sulit. Apalagi untuk memotong bondek, dijamin bisa banget deh. Adapun gunting ini sendiri terbuat dari bahan Chrome Vanadium (CR-V) yang merupakan salah satu logam terbaik dan banyak dipakai di negara-negara Eropa. Anda bisa mendapatkannya di www.alatperabotan.com.

Proses pemotongan bondek menggunakan gunting mudah sekali untuk dikerjakan. Kurang lebih sama saja seperti memotong lembaran kain, papan, atau logam lainnya memakai gunting. Anda hanya perlu mengoperasikan gunting tersebut sesuai garis pola yang telah dibuat sebelumnya. Kerjakan dengan hati-hati dan teliti supaya tidak sampai keluar dari garis tersebut. Kami sarankan gunakan sarung tangan yang tebal saat menggunakan gunting ini agar tangan Anda tidak terasa sakit.