Cara Memotong Besi dengan Sudut Siku

Tak dipungkiri lagi kalau besi merupakan material yang mempunyai kekuatan yang sangat besar. Dengan strukturnya yang kuat sekali ini, besi sering dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan alat, perabotan, dan rangka mesin. Kenyataannya memang besi mendominasi material dasar pembentuk furniture dan peralatan kerja. Dalam praktek pembuatannya, besi ini kadang-kadang harus dipotong dengan sudut siku-siku supaya dapat dirangkai kembali dengan rapi.

Pada dasarnya, pemotongan sudut besi siku bisa dilakukan menggunakan 3 alat kerja antara lain gergaji manual, gergaji listrik, dan gerinda. Alat kerja yang mampu menghasilkan pemotongan yang paling rapi yaitu gergaji manual. Sedangkan gergaji listrik memiliki keunggulan yaitu mampu memotong besi dalam waktu yang sangat cepat. Dalam memotong besi, sebaiknya Anda tidak melewati garis potong (maker). Artinya Anda harus memotongnya di luar garis. Ingat, sudut pemotongan sudut siku ialah 45o.

Dalam melaksanakan pekerjaan memotong besi, terdapat faktor-faktor yang mesti Anda perhatikan dengan baik, di antaranya :

  1. Pengukuran kemiringan sudut harus pas dan teliti untuk mencegah timbulnya celah yang lebar saat pengelasan.
  2. Ketika melakukan pemotongan, besi yang akan disambungkan, dipasangkan, atau dijodohkan harus memiliki panjang yang sama.
  3. Proses pemotongan besi wajib dilaksanakan dengan gerakan yang lurus dan tidak boleh belok-belok.

ALAT DAN BAHAN

Berikut ini bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam mendukung pekerjaan pemotongan besi membentuk sudut siku-siku!

  • Besi

Periksa terlebih dahulu kondisi besi yang hendak Anda potong membentuk sudut siku. Cek baik-baik apakah bentuk besi tersebut lurus atau bengkok. Kalau bengkok, Anda mesti meluruskan besi ini terlebih dahulu supaya dapat dipotong dengan tepat.

  • Gerinda

Gerinda adalah alat potong khusus untuk material-material dari logam seperti baja, besi, seng, galvalum, ataupun aluminium. Jangan lupa memeriksa kondisi gerinda ini terlebih dahulu untuk memastikannya dapat bekerja dengan normal. Jika Anda memakai gerinda duduk, Anda harus meletakkannya di permukaan yang rata agar hasil potongan besinya nanti tidak miring. Aturlah dudukan gerinda dan busur gerinda membentuk sudut siku-siku pada sudut 45o. Sedangkan jika Anda memakai gerinda tangan, usahakan cover-nya tetap terpasang agar aman digunakan.

  • Penggaris Siku

Gunakan penggaris siku yang kondisinya masih bagus, bentuknya benar-benar lurus dan siku, strukturnya tidak goyang-goyang, serta bersifat kaku. Anda harus memakai penggaris siku yang bentuknya masih normal karena sangat mempengaruhi hasil potongan besinya nanti.

  • Pensil/Maker/Twin Pen

Disarankan untuk memakai maker atau twin pen untuk menandai pola kerja pada besi yang akan dipotong. Kalau tidak ada, Anda terpaksa dapat memakai pensil atau alat tulis yang lain asalkan bisa dipakai untuk membuat tanda pada besi.

  • Pengaman (Safety First)

Jangan lupa untuk menjaga keselamatan Anda selama melakukan pekerjaan pemotongan besi. Sebab keselamatan diri Anda sendiri jauh lebih penting daripada apapun. Oleh karena itu, Anda wajib mengenakan semua pakaian pendukung keamanan secara lengkap yang meliputi sarung tangan, masker, kacamata khusus, dan pakaian yang berlengan panjang.

LANGKAH KERJA

Adapun langkah-langkah kerja dalam memotong besi dengan sudut siku adalah sebagai berikut :

  1. Awalilah dengan menandai besi yang hendak dipotong terlebih dahulu. Anda bisa mengukurnya menggunakan penggaris siku, lalu tandai garisnya memakai alat maker.
  2. Mulailah memotong besi memakai gerinda. Untuk pertama kalinya, Anda sebaiknya memotong besi tersebut di luar garis penanda supaya nantinya Anda dapat menyesuaikan antara sudut penghubung da sudut potongan besi yang lain dengan lebih akurat.
  3. Hasil potongannya harus benar-benar membentuk sudut 45o. Ingatlah, hasil potongan ini bakal sangat berpengaruh terhadap proses pengelasan yang akan dilakukan berikutnya. Tidak hanya longgar, bentuk sudut besi mungkin juga akan menjadi berlubang atau malah tidak membentuk sudut siku.