6 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Tradisional Gaya Eropa Klasik

Meskipun tren desain ruang tamu terus berkembang, bukan berarti gaya tradisional sudah tidak diminati lagi. Sebab kenyataannya di tengah-tengah kepopuleran desain modern dan minimalis, ruang tamu yang bergaya tradisional tetap mempunyai penggemar yang banyak loh. Tidak sedikit alasan mengapa orang masih mencintai desain ruang tamu tradisional ini. Salah satunya karena desain khas tradisional tersebut mempunyai pesona tersendiri serta penuh dengan kharisma. Hal ini mampu menciptakan suasana yang hangat dan ramah pada siapapun yang datang ke rumah.

Bagi Anda yang ingin tampil lebih menarik, unik, dan berbeda, Anda bisa membuat rumah yang memakai konsep bangunan tradisional. Desain rumah ini pada dasarnya dapat diaplikasikan di sembarang tempat, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Jangan takut dicap ketinggalan zaman ya. Sebab faktanya desain rumah tradisional justru kini sedang booming sekali, khususnya di Eropa. Penerapan hunian yang bergaya tradisional ini membuat penampilan rumah tinggal menjadi lebih hangat, nyaman, serta ramah terhadap siapapun. Kami jamin Anda sekeluarga pasti akan merasa lebih betah deh.

Elemen pertama yang menjadikan ruang tamu tradisional ini istimewa yaitu penggunaan sofa berukuran besar yang dilengkapi dengan dua kursi berlengan. Tidak ketinggalan, meja kayu “raksasa” yang biasanya digunakan untuk ruang makan juga turut diletakkan di tengah-tengah ruangan ini. Paduan perabotan dan furniture ini dapat meningkatkan suasana keakraban di dalam ruang tamu yang bergaya tradisional. Ruang tamu tersebut benar-benar mempunyai suasana yang nyaman sekali. Dijamin deh para tamu yang berkunjung ke rumah Anda pun akan langsung merasa seperti di rumah sendiri.

Di luar negeri, ruang tamu berdesain tradisional ini umumnya menggunakan focal point berupa tungku perapian. Mungkin di Indonesia juga dapat dibuat model serupa. Namun tungku ini akan lebih berguna apabila rumah Anda berlokasi di daerah pegunungan dengan udara dingin. Kesan yang ditimbulkan oleh perapian ini sangat kuat, karena memang konsep interior tradisional saja yang menggunakannya. Anda dapat membuat sebuah elemen perapian di dalam ruang tamu yang dilengkapi cerobong asap di bagian atasnya. Niscaya para tamu pun akan langsung terpesona dengan keberadaan perapian ini.

Supaya tampilan elemen-elemen di atas dapat terlihat lebih menawan, perlu penambahan ornamen hias berupa ukiran yang ditempatkan pada furniture tradisional. Sebagai contoh, lengan sofa untuk ruangan tradisional kerap dihiasi ukiran-ukiran nan cantik ataupun meja kayu dan tembaga yang dibentuk rumit. Desain tradisional memang sarat akan aksen dekoratif yang begitu rumit dan indah sekali. Furniture khas dari Jepara yang terbuat dari kayu maupun kerajinan perak dari Yogyakarta sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan ini. Kesan tradisional yang dimilikinya benar-benar kuat sekali.

Keberadaan lemari kayu besar berisi koleksi barang-barang pecah belah juga tak boleh dilewatkan. Pada permukaan lemari ini, selain diwarnai dengan bahan pelitur, juga sering dihiasi cat emas khususnya pada bagian ukiran-ukirannya. Kombinasi dari kedua warna ini akan menghasilkan tampilan yang mewah serta elegan. Pakailah lemari ini sebagai penghias dekorasi ruang tamu. Letakkan koleksi barang-barang antik yang Anda miliki seperti piring, teko, gelas, vas, dan ornamen-ornamen lainnya di dalam lemari tersebut. Lemari ini seolah-olah menjadi saksi dari perjalanan waktu atas kehidupan Anda.

Untuk aksesorisnya, lilin dan gorden yang panjang sering dipajang di dekorasi ruang tamu tradisional ini. Selanjutnya, lilin-lilin tersebut bisa ditempatkan di atas meja maupun digantungkan di atas langit-langit sehingga akan tampil begitu menawan. Sedangkan penambahan gorden akan menghasilkan suatu kesan dan sentuhan desain yang anggun dari paduan bentuk, warna, dan motifnya. Jangan lupakan juga karpet berwarna kuning, merah, cokelat dengan motif dekoratif. Manfaatkan kain-kain yang menarik sebagai penghias dari ruang tamu bergaya tradisional ini sehingga nampak begitu elegan.

Terakhir adalah tentang bagian plafon atau langit-langit. Kami sarankan untuk membuat langit-langit ini dengan ukuran yang cukup tinggi. Tujuannya apa? Supaya interior akan terlihat lebih cerah di siang hari. Malam harinya, Anda bisa menghiasi interior yang bergaya tradisional ini dengan lampu yang temaram. Pilihlah model pencahayaan yang berwarna kuning pada bagian interior ini. Lampu berwarna kuning tadi akan membawa suasana elegan khas pedesaan ke dalam seisi interior rumah Anda. Di sisi lainnya, lampu bercahaya kuning juga akan membuat dekorasi interior nampak begitu elegan dan mewah.