Cara Membuat Taman yang Sederhana di Halaman Rumah

Membuat taman sendiri tak semudah kelihatannya. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan agar taman yang tercipta bisa terlihat indah sekaligus mudah dirawat. Apa sajakah itu? Anda dapat memulai dengan menentukan desain taman yang ingin diciptakan terlebih dulu. Kenyataannya memang terdapat banyak sekali konsep taman rumah yang menarik. Salah satunya yang sedang trendy saat ini ialah desain taman minimalis. Taman ini cocok sekali melengkapi rumah minimalis maupun rumah modern yang saat ini juga tengah digemari oleh masyarakat di Indonesia khususnya.

Keberadaan taman di rumah tentunya akan membuat suasana tempat tinggal Anda menjadi lebih indah, asri, dan menarik. Rumah Anda pun akan terasa sejuk, adem, lebih dingin, dan terbebas dari hawa panas dari luar. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang bermimpi untuk memiliki rumah yang dilengkapi taman. Rumah dengan taman ini merupakan idaman banyak orang. Mungkin Anda termasuk salah satunya, ya? Apabila memang demikian, maka Anda dapat mewujudkan impian tersebut menjadi sebuah kenyataan. Anda bisa membuat taman sendiri di rumah sesuai dengan keinginan.

Dalam membuat taman di rumah, Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini supaya desainnya terlihat menarik ya. Tips dan trik berikut  merupakan panduan dasar dalam mendekorasi taman di rumah. Anda bisa mengembangkannya lebih lanjut untuk memperoleh hasil yang benar-benar sesuai impian.

Apa Tujuan Anda Membuat Taman di Rumah?

Pertanyaan pertama yang harus dijawab sebelum Anda merancang desain taman adalah apakah tujuan Anda menghadirkan taman di rumah? Apakah sekadar hobi semata, untuk menjernihkan pikiran, supaya rumah terlihat lebih asri, atau menghadirkan area bermain bagi anak-anak? Aspek tujuan ini akan sangat mempengaruhi bagaimana sebaiknya Anda harus berbuat selanjutnya. Pertimbangkan dengan baik apa tujuan utama membuat taman pribadi di rumah ini. Sehingga nantinya Anda dapat mewujudkan sebuah taman yang sempurna sesuai dengan keinginan Anda sekeluarga.

Sesuaikan Desain Taman dengan Gaya Hidup

Memiliki taman yang sangat indah seperti di hotel-hotel ternama memang akan sangat membanggakan. Tetapi tahukah Anda kalau taman semacam ini memerlukan perawatan yang sangat rumit. Apakah Anda yakin sanggup menjaga pertumbuhan seluruh tanaman di sini setiap hari? Jadi alih-alih membuat taman yang merepotkan, Anda tetap dapat mempunyai taman cantik yang mudah dirawat dengan mengusung konsep kesederhanaan. Ya, Anda bisa membuat desain taman sederhana yang mempunyai penampilan sangat menarik. Jadi silakan pilih konsep utama sesuai gaya hidup pribadi.

Ciptakan Taman Sesuai dengan Selera Pribadi

Banyak orang yang mengaku suka sekali dengan tampilan taman yang modern dan minimalis. Sedangkan beberapa di antaranya lebih tertarik pada taman rumah berdesain Eropa yang dipenuhi bunga. Apapun konsep yang diusung, taman tetap akan terlihat sempurna kalau Anda konsisten dalam membangunnya. Anda harus memegang teguh konsep utama taman tersebut. Jangan lupakan juga mengenai kesesuaian antara desain taman dan desain rumah yang harus dijaga dengan baik supaya tetap harmonis, seimbang, dan saling melengkapi keindahannya. Anda harus percaya diri dengan pilihan sendiri.

Pilihlah Tumbuh-tumbuhan yang Paling Tepat

Tanaman merupakan unsur wajib di setiap taman. Jadi setelah Anda berhasil menentukan desain taman yang diusung, selanjutnya buatlah semacam list berisi tanaman apa saja yang akan dipelihara di taman tersebut. Bisa tanaman berbunga, berdaun indah, berbentuk unik, ataupun tanaman berbuah. Pastikan jumlah tumbuhan yang Anda minati sesuai dengan luas lahan yang tersedia ya. Tanaman berdaun indah merupakan tanaman yang paling mudah dirawat dibandingkan jenis yang lain. Sebaliknya, tanaman yang membutuhkan bentuk perawatan paling rumit adalah jenis bunga-bungaan.

Pertimbangkan Tanaman Khas Daerah Anda

Kalau di daerah Anda terkenal dengan tanaman khas yang unik, jangan sungkan uuntuk memeliharanya. Akan sangat rugi jika jenis tanaman tersebut dilewatkan. Karena selain dari segi tampilannya, tanaman khas ini biasanya lebih mudah dirawat karena sudah beradaptasi dengan iklim setempat. Tanaman tetap bisa terlihat menarik asalkan ditata dan terus dirawat dengan benar. Walaupun menurut Anda tanaman tersebut nampak biasa-biasa saja karena Anda sering melihatnya, namun tidak demikian dengan orang lain dari luar kita. Bahkan tanaman kantung semar pun sangat menarik bagi masyarakat kota.

Dapatkan Saran dari Anggota Keluarga Lainnya

Tak ada salahnya Anda meminta pendapat orang lain mengenai taman yang Anda rencanakan. Semakin banyak masukan yang Anda dapatkan, maka manfaatnya pun akan berdampak positif bagi taman Anda nantinya. Coba juga berkeliling kompleks perumahan Anda untuk melihat bagaimana keindahan taman-taman milik orang lain. Anda bisa melibatkan anggota keluarga yang lain untuk membahas ide mengenai desain taman yang sebaiknya dibuat, tumbuh-tumbuhan apa saja yang cocok ditanam, serta bagaimana pula teknik penataannya supaya kelihatan lebih menarik dan eye-catching.

Buatlah Taman Sesuai dengan Lahan di Rumah

Pada tahap terakhir ini, Anda harus mampu berpikir realistis atas perencanaan taman yang telah dibuat. Sesuaikan taman tersebut dengan lahan, rumah, lingkungan, dan anggaran yang tersedia. Jangan sampai ketika taman sudah selesai dibuat, Anda malah menelantarkannya dengan berbagai macam alasan. Oleh sebab itu, Anda harus membuat taman ini secara realistis. Jangan terlalu berimajinasi ya. Buatlah taman yang sesuai dengan keadaan lahan di dalam hunian Anda. Membuat sebuah taman yang unik memang sangat kami anjurkan. Tapi Anda juga harus memastikannya taman tersebut tidak terlihat aneh ya.