17 Tips Perawatan Lantai Kayu yang Benar dan Salah

Apakah Anda menggunakan lantai kayu sebagai alas ruangan? Kalau iya, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawat lantai tersebut? Pada umumnya lantai kayu lebih sensitif daripada jenis lantai yang lain sehingga membutuhkan perawatan yang tepat. Lantai kayu merupakan jenis lantai yang cocok digunakan di segala desain rumah karena mempunyai karakter yang elegans. Seperti namanya, lantai ini terbuat dari kayu. Di Indonesia kayu yang digunakan berasal dari pohon jati, kelapa, sonokeling, merbau, sungkal, ulin, dan bengkirai. Sementara itu, lantai kayu impor biasanya terbuat dari kayu maple, lime, walnut, oak, dan cherry.

Perawatan harian lantai kayu berguna untuk memastikannya selalu dalam keadaan yang bersih. Bentuk perawatannya sangat mudah. Pembersihan dilakukan memakai bantuan sapu yang lembut atau mesin penyedot debu. Sedangkan untuk mengelap lantai cukup dilakukan dengan bantuan kain berjenis lobby duster yang bersih dan kering. Karena terbuat dari kayu, jenis lantai ini mudah sekali tergores. Mulai dari kaki-kaki furnitur, kuku binatang peliharaan, sampai sepatu hak tinggi sanggup membuatnya lecet dan susah diperbaiki. Selain itu, terpaan cahaya matahari yang langsung mengenai lantai juga akan membuat warnanya kusam dan permukaannya pecah-pecah.

Meski sangat rentan terhadap air, sesekali Anda masih boleh mengepel lantai kayu. Gunakan dua lembar kain katun untuk membersihkan permukaan lantai ini. Satu untuk dicelupkan ke air pel dan satu sisanya lagi digunakan untuk langsung mengeringkannya. Pertama-tama peganglah kain pel pada tangan kanan Anda dan celupkan pada air bersih tanpa dicampur cairan pembersih lantai apapun. Peras kain sampai kering terlebih dulu. Barulah kemudian lap permukaan lantai secara lembut dengan tangan kanan. Lalu keringkan langsung menggunakan kain yang satunya lagi.

Begitu juga saat ada kotoran dan noda yang membandel, Anda harus segera menghapusnya. Gunakan minyak kayu putih agar proses pembersihan noda membandelnya menjadi lebih cepat. Sementara untuk lantai yang terkena tumpahan makanan dan minuman bisa dibersihkan dengan kain basah dan langsung dikeringkan. Saat lantai sudah terlihat kusam dimakan usia, Anda bisa mempermanisnya kembali melalui proses scrubbing dan coating. Proses ini mirip seperti proses pengampelasan kayu yang berguna untuk mengikis permukaan lantai terluar dan meratakannya. Anda harus meminta bantuan tukang kayu yang berpengalaman agar hasilnya bagus.

Hal-hal yang Boleh Dilakukan

Ada beragam jenis pekerjaan yang boleh dilakukan dalam merawat lantai kayu supaya kondisinya tetap bagus dan terawat dengan baik. Di antaranya yaitu :

Menyapu Lantai Kayu

Membersihkan lantai kayu dengan sapu boleh dilakukan asalkan Anda menggunakan sapu yang bulunya lembut dan tidak kasar. Di sini Anda sama sekali tak boleh menggunakan sapu dari ijuk kelapa atau jerami padi karena dapat mengakibatkan permukaan lantai kayu menjadi tergores. Mungkin dalam beberapa hari, dampak buruk dari penggunaan sapu tersebut belum kelihatan. Namun tinggal menunggu waktu saja setidaknya 3 bulan penuh, permukaan lantai pun menjadi penuh goresan akibat Anda membersihkannya memakai sapu. Anda hanya boleh memakai sapu dari benang nylon yang lembut.

Memakai Vacuum Cleaner

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk membersihkan lantai kayu menggunakan mesin penyedot debu. Memakai vacuum cleaner tidak akan menimbulkan efek buruk apapun terhadap lantai kayu. Ini merupakan metode yang paling aman dalam membersihkan lantai sekaligus juga paling mudah. Anda tinggal mengarahkan bagian moncong vacuum cleaner ke seluruh ruangan tanpa terkecuali untuk menghisap partikel-partikel debu di sana. Hasilnya ialah ruangan pun kini menjadi bersih tanpa debu sama sekali.

Mengelap dengan Kain

Kadang-kadang ada kotoran yang tercecer di permukaan lantai. Berhubung kotorannya hanya sedikit, Anda pun cuma mengambil dan membersihkan bagian yang kotor saja. Di sini Anda bisa menggunakan kain lap untuk membersihkan lantai kayu. Mengelap lantai kayu memakai kain yang bersih dan kering diperbolehkan asalkan kain lap yang dipakai mempunyai serat yang halus dan lembut. Dilarang keras menggunakan kain lap yang teksturnya kasar atau kondisinya sudah kotor untuk membersihkan lantai ini karena dapat menimbulkan goresan. Anda bisa memakai kain lap microfiber untuk mengelap lantai kayu.

Menyikat Sudut Lantai

Bagian-bagian sudut ruangan biasanya menjadi tempat yang paling banyak terdapat debu serta kotoran. Ada banyak sekali partikel-partikel kotoran yang berkumpul di sudut ruangan tersebut. Kalau tidak segera dihilangkan, kotoran ini akan menimbulkan noda membandel yang sulit untuk dihilangkan. Cara mengatasinya dilakukan dengan menyikat sudut lantai kayu tersebut memakai sikat gigi yang berbulu halus secara perlahan-lahan. Anda tak boleh terlalu keras saat menyikat permukaan lantai kayu agar tidak menimbulkan goresan.

Memakai Minyak Kayu Putih

Ada solusi alternatif untuk membersihkan noda membandel yang terdapat di permukaan lantai kayu. Anda dapat mengandalkan minyak kayu putih untuk menghilangkan noda tersebut. Noda membandel ini seketika akan langsung manakala Anda membersihkan lantai kayu menggunakan bantuan minyak kayu putih. Hal ini boleh Anda lakukan kapan pun sebab minyak kayu putih ini sama sekali tidak menimbulkan dampak negatif apapun terhadap lantai kayu. Tetapi Anda harus menggosok permukaan lantai tersebut dengan hati-hati ya.

Menggunakan Air Lemon

Membersihkan lantai dengan bantuan sari buah lemon juga boleh Anda lakukan kok. Air sari dari buah lemon ini memang sangat efektif digunakan untuk menghilangkan kotoran ataupun noda membandel yang melekat di permukaan lantai kayu. Namun Anda tidak boleh menggunakannya terlalu sering karena air sari lemon mempunyai sifat asam yang cukup kuat. Bukan tak mungkin, penampilan lantai kayu Anda justru akan memudar akibat Anda terlalu banyak memakai buah lemon ini untuk membersihkannya. Silakan pakai sewajarnya saja ya.

Menggeser Furniture

Desain ruangan seindah apapun lama-kelamaan pasti akan terlihat membosankan juga. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya terlihat menarik kembali yaitu cobalah Anda menggeser furniture di dalamnya ke tempat lain untuk menciptakan suasana yang baru. Anda dapat melakukan penataan ulang semua furniture dengan menggesernya ke tempat lain. Tapi Anda mesti berhati-hati saat memindahkan furniture ini. Sebaiknya Anda mengangkatnya, bukan menggeser karena dapat melukai permukaan lantai kayu.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Sementara itu, hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan terhadap lantai kayu karena dapat menimbulkan kerusakan secara panen antara lain :

  1. Mengepel lantai kayu menggunakan air secara rutin.
  2. Membersihkan lantai kayu memakai sapu yang berserat kasar.
  3. Memakai sepatu hak tinggi di atas permukaan lantai kayu.
  4. Menggeser furnitur dengan cara menarik/mendorongnya di atas lantai kayu.
  5. Menggunakan cairan pembersih lantai saat hendak membersihkannya.
  6. Membiarkan lantai kayu tergenang air dalam waktu yang cukup.
  7. Membiarkan lantai kayu terkena paparan sinar matahari langsung.
  8. Meletakkan minuman atau makanan panas tepat di permukaan lantai kayu.
  9. Menggunakan alas kaki yang kotor saat melangkah di atas lantai kayu.
  10. Memarkirkan kendaraan Anda di ruangan yang berlantai kayu.