Cara Mencuci Membran RO yang Benar untuk Membersihkannya

Salah satu bentuk perawatan terhadap membran RO pada mesin reverse osmosis yang mesti dilakukan dengan baik adalah mencucinya secara rutin. Proses pencucian membran RO memerlukan keterampilan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan membran yang berfungsi untuk menyaring kandungan logam atau zat mineral dari air ini memiliki struktur yang ringkih. Kesalahan justru akan mengakibatkan membran ini tersumbat sampai rusak. Sebagai pemilik mesin reverse osmosis, mau tak mau Anda harus belajar untuk membersihkan membran RO agar performanya tetap terjaga.

Karena berperan sebagai filter air, lama-kelamaan membran RO pun akan dipenuhi oleh partikel-partikel kotoran. Partikel ini akan menutupi membran hingga menyumbatnya. Akibatnya yaitu air pun tak dapat melalui bagian membran RO yang telah mampat tersebut. Sehingga tngkat produktivitas mesin reverse osmosis dalam menghasilkan air murni pun akan mengalami penurunan akibat jumlah air baku yang bisa memasukinya lalu diolah di dalam mesin RO mengalami pengurangan secara drastis. Oleh karena itulah, mencuci membran RO menjadi salah satu upaya mutlak yang mesti dikerjakan.

Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah tersumbatnya membran RO akibat dipenuhi  oleh partikel-partikel kotoran adalah membersihkannya secara rutin melalui proses pencucian. Namun Anda tidak bisa sekadar mencuci membran RO menggunakan air, Anda harus melakukannya dengan langkah-langkah yang benar sesuai prosedur. Berdasarkan metodenya, ada 2 ragam proses pencucian membran RO yakni teknik terbuka dan teknik tertutup. Bagaimana cara melakasanakannya? Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya secara lengkap dari masing-masing teknik tersebut!

Berdasarkan metode yang digunakan, terdapat dua macam teknik pencucian membran RO ini antara lain teknik terbuka serta teknik tertutup. Mari kita mengenal lebih lanjut mengenai masing-masing metode tersebut.

Pencucian Membran RO dengan Teknik Terbuka

Proses pencucian membran RO menggunakan sistem terbuka diawali dengan mengeluarkan membran tersebut dari dalam housing RO. Setelah itu, membran ini direndam di dalam campuran hyper clean 572 dan air secukupnya selama 6-8 jam. Pastikan semua bagian membran RO tercelup di dalam campuran di atas. Setelah tahap ini telah rampung dikerjakan dengan baik, membran RO dapat dibilas terlebih dahulu menggunakan air bersih. Kemudian membran RO ini direndam sekali lagi di larutan hyper clean 779 yang sudah dicampur air. Proses ini akan membuat kondisi membran RO pun menjadi bersih kembali.

Jadi langkah-langkah mencuci membran RO menggunakan teknik terbuka adalah sebagai berikut :

  • Keluarkan membran RO dari housing RO dengan hati-hati agar tidak merusaknya
  • Rendam membran RO di campuran hyper clean 572 dan air selama 6-8 jam
  • Bilas membran RO yang telah direndam memakai air sampai kondisinya bersih
  • Rendam kembali membran RO di larutan hyper clean 779 dan air selama 6-8 jam

Pencucian Membran RO dengan Teknik Tertutup

Mencuci membran RO dengan sistem tertutup dikerjakan tanpa mengeluarkannya dari housing terlebih dahulu. Jadi nantinya kita akan mencuci membran RO tersebut sekalian bersama dengan bagian housing RO yang menyertainya. Metode yang satu ini paling cocok diterapkan terhadap membran-membran RO yang mempunyai tipe besar di atas 2000 gpd. Secara keseluruhan sih, prosedur pencucian menggunakan sistem tertutup ini tidak berbeda dengan sistem terbuka karena sama-sama memanfaatkan hyper clean 572 dan hyper clean 779 sebagai bahan pembersihnya. Perbedaannya cuma terletak pada membran RO yang tidak perlu dikeluarkan dari housing-nya terlebi dahulu sehingga lebih praktis. Mekanismenya dilakukan dengan mengganti input dari yang semula air baku menjadi cairan pembersih.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Di bawah ini merupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda melakukan proses mencuci dan atau membersihkan membran RO supaya dapat memberikan hasil yang maksimal :

  1. Kerjakan proses pembersihan membran RO sesuai dengan langkah kerja yang pernah kami share di atas. Bekerjalah dengan teliti dan hati-hati. Yang tak kalah penting lainnya, Anda tidak boleh tergesa-gesa dalam mencuci membran RO tersebut.
  2. Gunakan bahan pembersih kimia yang tepat untuk membran RO. Pemakaian bahan pembersih yang keliru akan menyebabkan struktur membran RO ini menjadi rapuh sehingga mudah rusak. Partikel di dalam air pun menjadi sulit untuk disaring.
  3. Tekanan yang diberikan kepada membran RO ketika proses pembersihan tengah berlangsung mesti dijaga supaya tetap konstan. Tujuannya tentu saja supaya kondisi membran RO tersebut tetap aman dan terhindar dari kerusakan.
  4. Lakukan proses pencucian membran RO ini secara teratur untuk mencegah terjadi penumpukan kotoran di dalamnya ataupun noda membandel yang sulit dihilangkan. Anda harus memeriksa kondisi membran RO ini secara berkala ya.
  5. Upaya identifikasi terhadap jenis-jenis penyebab fouling pada membran RO tersebut mesti Anda senantiasa lakukan dengan tertatur untuk memastikan bahwa bahan kimia yang dipilih sudah tepat dalam mendukung pencucian membran RO tersebut.