7 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah agar Tak Kembali Lagi

Siapa orang yang mampu tahan terhadap keberadaaan nyamuk di rumah? Gigitannya laksana serangan jarum suntik liar yang menyakitkan di tubuh kita. Apalagi nyamuk-nyamuk nakal ini malah selalu datang menghampiri pada saat kita sedang merasa lelah dan ingin beristirahat. Kejengkelan yang dirasakan pun menjadi double berkali-kali lipat. Selain membuat tubuh terasa sakit dan gatal luar biasa, gigitan nyamuk juga bisa menularkan berbagai penyakit ke tubuh manusia. Contohnya yaitu demam berdarah, malaria, sampai kaki gajah. Anda harus waspada terhadap serangga yang satu ini.

Memastikan tidak adanya nyamuk di rumah Anda merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang cukup efektif. Kalau mau, kita dapat meniru bagaimana Negara Singapura berhasil mengendalikan nyamuk. Yap, Anda akan merasa benar-benar nyaman ketika tinggal di Singapura sebab tak ada nyamuk sama sekali di sini. Bahkan pemerintah Singapore juga tidak segan-segan memberikan sangsi yang tegas ataupun denda kepada warganya yang kecolongan sampai ada nyamuk di rumahnya. Pemerintah di sini memang tidak main-main memerangi nyamuk dan serangga pengganggu lainnya.

Jika Anda memang yakin ingin mengusir nyamuk di rumah, Anda harus melakukannya sampai tuntas dan tidak boleh bertindak setengah-setengah. Memang sih awalnya akan terasa sangat merepotkan. Tetapi kalau Anda sudah terbiasa, kami yakin rasanya pasti akan lebih mudah kok. Hingga tanpa sadar, rumah Anda pun kini telah benar-benar bebas dari nyamuk.

Atur Sirkulasi Udara di Dalam Rumah

Lingkungan rumah yang lembab merupakan tempat berkembang biak yang ideal bagi nyamuk. Nyamuk suka sekali tempat seperti ini dan kerap menaruh telur-telurnya di sini. Jika Anda ingin mengusir nyamuk dari rumah, maka Anda perlu memperbaiki terlebih dulu sirkulasi udara dan pencahayaan sehingga bisa masuk ke dalam interior dengan optimal. Anda juga dapat mencoba menambahkan beberapa jendela di seluruh ruangan dan mengatur posisinya sedemikian rupa. Jangan lupa untuk memasang genteng kaca, fiber transparan, dan glassblock untuk memaksimalkan sinar matahari yang memasuki rumah.

Jangan Sampai Ada Genangan Air Ya!

Selain tempat yang lembab, genangan air juga bisa menjadi sarangnya nyamuk. Periksa semua kondisi di sekitar rumah Anda seperti di tempat penampungan air, kamar mandi, tatakan pot bunga, dan ember. Pastikan Anda menguras dan membersihkannya seminggu sekali. Periksa pula sampah anorganik seperti plastik, botol, dan kaleng yang kerap menjadi tempat air tergenang. Selokan rumah juga perlu Anda perhatikan kebersihannya agar aliran air di sini selalu lancar. Jika Anda mempunyai kolam ikan di taman, peliharalah ikan hias sebagai predator alami yang akan memakan jentik-jentik nyamuk di kolam.

Bersihkan Kamar Mandi Setiap Waktu

Dari berbagai ruangan yang ada di dalam rumah Anda, kamar mandi menjadi ruangan yang mempunyai risiko paling tinggi dikudeta oleh nyamuk. Nyamuk tak segan-segan membuat kerajaannya di sini karena memang kondisinya yang sangat ideal. Kondisi kamar mandi yang cukup lembab merupakan habitat bagi nyamuk yang pas sekali. Layaknya sebuah hotel berbintang lima, nyamuk-nyamuk akan merasa betah sekali hidup di dalam kamar mandi. Untuk mengusiknya, Anda harus rutin membersihkan kamar mandi setiap saat. Taburkan juga abate ke bak secara berkala untuk membunuh telur dan jentik nyamuk.

Halaman juga Harus Rutin Dibersihkan

Kebiasaan lain dari nyamuk yaitu senang bersarang di pepohonan dan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di halaman. Terlebih jika tanaman-tanaman tersebut cukup rimbun, nyamuk pun akan semakin nyaman tinggal di dalamnya. Mereka bahkan sering membuat sarang di dalam rerimbunan tanaman loh. Oleh karena itu, Anda harus memangkas tanaman di halaman secara rutin agar jangan terlalu rimbun. Cabuti juga gulma dan rumput-rumput liar di sekitarnya. Sebagai pengusir nyamuk alami, Anda bisa menanam tumbuhan geranium, lavender, akar wangi, selasih, dan zodia di halaman rumah.

Cegah Nyamuk agar Tidak Bisa Masuk

Percuma kalau Anda sudah berhasil membasmi nyamuk-nyamuk yang ada di dalam rumah, tapi nyamuk lainnya datang lagi dari luar rumah. Biasanya nyamuk ini memasuki rumah melalui celah-celah seperti lubang angin, jendela, roster, dan sebagainya. Memasang kasa nyamuk di belakang roster cukup efektif untuk mencegahnya masuk ke dalam ruangan. Pasanglah kasa ini di setiap ventilasi rumah dengan kuat. Perhatikan setiap celah yang terdapat di sekitar jendela dan pintu, pastikan semuanya terlindungi. Untuk menyempurnakannya, Anda dapat memasang kelambu di kamar tidur.

Pakai Bahan-Bahan Pengusir Nyamuk

Menurut bahan pembuatnya, terdapat dua jenis anti nyamuk yang bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk-nyamuk di rumah. Di antaranya yaitu anti-nyamuk alami dan buatan. Anti nyamuk alami yang terkenal seperti tanaman geranium, lavender, kulit jeruk, suara jangkrik, dan sebagainya. Sedangkan untuk anti nyamuk buatan, Anda bisa menemukannya dalam bentuk lotion, produk antik-nyamuk bakar dan elektrik, ataupun raket nyamuk. Anda dapat memilih mau menggunakan produk yang mana. Saran kami cobalah satu per satu untuk mengetahui mana yang paling ampuh di rumah Anda.

Manfaatkan AC dengan Bijaksana

Tahukah Anda, nyamuk ternyata tak mampu bertahan hidup di tempat yang suhu udaranya cukup dingin loh. Hal ini terbukti dengan sedikitnya populasi nyamuk di dataran tinggi dan pegunungan, atau bahkan tak ada sama sekali. Anda bisa memanfaatkan kelemahan nyamuk tersebut untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana nyamuk tidak mampu bertahan hidup di dalamnya. Caranya bukan lain yaitu buatlah kondisi rumah Anda menjadi lebih dingin. Satu-satunya cara yang bisa Anda gunakan adalah memasang AC di rumah serta mengaturnya suhu udaranya agar cukup dingin.