Cara Menghilangkan Noda Cat Minyak dan Cat Lateks di Pakaian

Pengecatan mesti dilakukan untuk membuat desain rumah Anda nampak lebih menarik. Bagaimanapun juga dinding yang dihiasi dengan cat berwarna akan terlihat eye-catching. Hal ini tidak terlepas dari sifat dan karakteristik setiap warna yang mampu menciptakan kesan tertentu. Contohnya seperti warna hijau untuk menghadirkan nuansa yang alami, putih untuk tampilan yang elegan, ungu agar desainnya begitu romantis, jingga yang penuh keceriaan, dan sebagainya. Anda harus melaksanakan proses pengecatan ini dengan hati-hati supaya tidak mengotori pakaian.

Secara garis besar, terdapat dua macam cat di pasaran Indonesia yaitu cat minyak dan cat lateks. Kedua jenis cat tersebut akan menghasilkan noda membandel kalau terkena pakaian. Serat kain dengan cepat akan menyerap cat tersebut sehingga nodanya pun susah dihapus. Noda cat ini sebenarnya tetap bisa dihilangkan d asalkan kondisi catnya belum mengering. Jadi ketika pakaian Anda terkena cat, usahakan untuk langsung membersihkannya. Sebab pembersihan noda cat yang sudah mengering hampir mustahil untuk dilakukan. Cat tersebut tak akan bisa dihilangkan.

Silakan Anda bisa mencoba kiat-kiat dari kami di bawah ini untuk menghilangkan noda cat yang terdapat di serat pakaian. Kami biasa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari saat ada cat yang tumpah dan mengenai pakaian tanpa sengaja. Hasilnya noda cat tersebut akan hilang tanpa bekas karena kami memang langsung bertindak cepat untuk menghapusnya. Dari pengalaman pribadi pula bahwa noda cat yang sudah terlanjur mengering tidak akan bisa dihapus walaupun Anda sudah menggunakan berbagai solusi yang katanya ampuh. Jadi Anda harus segera mengatasinya.

CAT MINYAK

Noda cat minyak harus segera dihilangkan ketika kondisinya masih basah. Apabila noda tersebut sudah terlanjur mengering, maka butuh tenaga super ekstra untuk menghapusnya. Hasilnya pun belum pasti karena memang noda cat yang kering kenyataannya hampir mustahil untuk dihilangkan. Oleh karena itu, saat Anda terkena cat ini, usahakan langsung diberi air sebelum serat kain menyerapnya sampai habis. Anda harus bertindak dengan cepat untuk mengatasi noda tersebut sampai tuntas. Adapun cara untuk menghilangkan noda cat minyak di pakaian adalah sebagai berikut :

  1. Mulailah dengan mengoleskan cairan thinner atau terpentin di atas noda pakaian tadi.
  2. Gosok memakai sikat atau sendok pada noda tadi, dan sisi baliknya untuk menghapusnya secara perlahan-lahan.
  3. Gunakanlah alas berupa handuk bekas untuk menyerap noda yang keluar supaya tidak semakin melebar. Kuncinya adalah telaten dan sabar.
  4. Setelah cat di kain sudah mulai meluntur, segera cuci pakaian tersebut dengan deterjen sampai bersih.
  5. Kemudian, rendamlah pakaian tersebut di air panas selama semalam suntuk.
  6. Sebagai langkah terakhir, cuci sekali lagi jika noda dan bau thinner di pakaian masih ada.

CAT LATEKS

Kadang-kadang saat Anda bekerja dengan cat lateks, sebagian cat tersebut mengenai serat pakaian dan menimbulkan noda yang sulit untuk dihilangkan. Sebenarnya sama halnya seperti cat minyak, Anda pun wajib membersihkan noda cat lateks ini selagi kondisinya masih basah. Mengapa? Sebab noda cat lateks di pakaian yang telah terlanjur mengering bakal sulit sekali dibersihkan. Anda benar-benar memerlukan kerja keras untuk dapat menghilangkannya sampai bersih. Sehingga lebih baik Anda bersihkan noda cat ini ketika kondisinya masih basah sehingga prosesnya pun jauh lebih mudah.

Silakan Anda dapat mengikuti panduan langkah-langkah di bawah ini ya!

  1. Pertama-tama balik pakaian Anda, lalu siram memakai air hangat. Selanjutnya gunakan deterjen untuk menghilangkan noda cat lateks tadi. Cukup dikucek saja secara perlahan-lahan dan jangan pernah menyikatnya untuk menghindari penyebaran noda. Ulangi beberapa kali sampai noda tersebut terlihat semakin menipis dan menghilang.
  2. Setelah noda bekas cat lateks di pakaian tadi sudah terlihat mulai tenggelam, lantas rendamlah pakaian tersebut dengan produk pembersih noda di pakaian yang sifatnya cukup keras. Biarkan rendaman ini selama 20-30 menit, lalu perhatikan hasilnya. Jika ternyata noda cat masih sedikit terlihat, kucek sekali lagi memakai deterjen andalan Anda.
  3. Khusus untuk pakaian yang berbahan kain tenun ataupun sulam, penghilangan noda cat ini bisa dilakukan dengan bantuan cairan alkohol. Cairan ini akan bekerja sangat efektif membantu Anda dalam menghilangkan noda cat tadi. Caranya, siram noda pakaian dengan cairan alkohol sedikit saja. Lalu sikat noda tadi secara perlahan. Pasti nodanya akan cepat lenyap.

Saat Anda akan membersihkan noda cat yang membandel di pakaian, Anda tak boleh mengerjakannya secara asal-asalan. Penggunaan bahan-bahan pembersih dengan sembarangan bukan tak mungkin justru akan mengakibatkan pakaian Anda menjadi rusak. Anda mesti memperhatikan kelima panduan dasar di bawah ini ketika hendak menghilangkan noda di pakaian supaya aman.

  • Produk cairan pemutih hanya boleh dipakai khusus untuk membersihkan pakaian yang berwarna putih. Jika Anda memaksakan menggunakannya pada pakaian berwarna-warni, hasilnya pakaian tersebut pun akan menjadi luntur.
  • Penggunaan serbuk asam sitrat (sitrun) hanya berfungsi untuk mencerahkan kembali warna di serat pakaian agar tidak terlihat kusam. Sitrun tidak dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda cat apapun di serat kain.
  • Noda cat sebenarnya termasuk jenis noda yang paling membandel dibandingkan dengan noda-noda yang lainnya. Noda ini mampu melekat dengan sangat kuat. Jadi wajar sekali apabila Anda butuh waktu lama untuk menghilangkannya.
  • Gunakan pakaian yang sudah rusak atau jarang dipakai selama proses pengecatan agar Anda tak menyesal ketika pakaian tersebut terkena cat.Kendati Anda sudah mencoba solusi di atas tapi tak berhasil, Anda pun tak akan terlalu kecewa.
  • Selama proses pengecatan berlangsung, kami sarankan kepada Anda untuk selalu menggunakan untuk menutupi lantai di sekitarnya. Anda bisa memakai alas koran ataupun karpet bekas untuk menghindarkan lantai dari noda cat tersebut.