6 Tips Menata Kamar Kost Sempit agar Nyaman Seperti di Rumah Sendiri

Kamar kost adalah kamar tidur yang disewakan kepada orang lain. Umumnya harga sewa kamar kost ini lebih murah dibandingkan dengan rumah kontrakan. Keberadaan kamar kost benar-benar membantu kita untuk memperoleh tempat tinggal sementara yang murah dan lokasinya berdekatan dengan tempat sekolah ataupun kantor kerja. Namun sayangnya demi meraih keuntungan yang lebih banyak, rata-rata kamar kost sengaja dibangun dengan ukuran yang sangat sempit. Biasanya kamar kost ini dibuat dengan ukuran maksimal hanya mencapai 3 x 3 meter saja.

Oleh karena itu, Anda perlu menata kamar kost dengan tepat supaya sausananya terasa begitu nyaman layaknya di rumah sendiri. Walaupun ruang gerak di dalam kamar kost tersebut sangat terbatas, namun Anda tetap dapat menikmati suasana sebuah kamar tidur yang nyaman di dalamnya. Lantas, bagaimana caranya mewujudkan sebuah kamar kost yang nyaman ditinggali meskipun ukurannya sempit? Hal inilah yang akan menjadi pokok pembahasan kita kali ini. Menata sebuah kamar kost yang berukuran sempit pada dasarnya mirip seperti mendesain kamar tidur kecil kok.

Pada saat menata kamar kost, Anda perlu memanfaatkan setiap jengkal ruangan yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Anda harus menggunakan semua bidang di dalam kamar tersebut secara maksimal. Tak boleh ada pembuangan yang dilakukan dengan percuma. Bagaimana pun Anda sudah membayar sewa untuk kamar tersebut, kan? Namun di sisi lain, Anda juga harus dapat menjaga suasana di dalam kamar supaya tetap terasa nyaman untuk ditinggali. Kuncinya adalah cobalah Anda mengibaratkan kamar kost tersebut sebagai sebuah rumah mini yang Anda miliki.

Lengkapi Kamar Kost dengan Tempat Tidur yang Multiguna

Kebanyakan kamar kost di Indonesia didesain tanpa menggunakan tempat tidur. Seolah-olah si empunya kost memang sengaja meminta penyewanya untuk tidur secara lesehan. Apalagi jika harga sewa kamar tersebut relatif murah, maka siap-siap Anda untuk tidur di kasur tanpa ranjang. Jika Anda mendapatkan kamar kost dengan spesifikasi yang minim seperti ini, cobalah tambahkan sendiri tempat tidur ke dalam kamar. Tentunya Anda harus izin dahulu ke pemilik kost apakah diperbolehkan atau tidak. Kegunaan ranjang ini penting sekali karena dapat menghemat ruangan. Bagian bawah ranjang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang sehingga kamar tak akan terasa sesak.

Dekorasi Ulang Kamar Tidur Sesuai dengan Selera Anda

Ttitik fokus sebuah kamar terletak pada tempat tidurnya. Begitu pula dengan desain kamar kost. Supaya kamar kost Anda tidak terasa membosankan, salah satu cara memperbaikinya adalah menghiasi tempat tidur tersebut sesuai dengan selera Anda pribadi. Di sini Anda tidak perlu melakukan pekerjaan dekorasi yang merepotkan diri Anda sendiri. Anda cukup mendesain ulang dengan teknik yang sederhana saja. Contohnya Anda dapat menggunakan sprei dan selimut favorit atau menempelkan stiker dinding pada headboard. Dengan begini, tempat tidur Anda pun akan terlihat lebih eye-catching.

Jangan Lupa Menghiasi Dinding dengan Kenangan Indah

Beberapa pemilik kost memperbolehkan penyewanya untuk mengecat ulang atau memasang wallpaper pada dinding ruangan yang disewanya. Kalau Anda juga mendapatkan kesempatan tersebut, maka Anda bisa mencoba mengecat ulang dinding kamar menggunakan warna yang benar-benar Anda sukai. Tetapi jika Anda tidak boleh mengecat dinding kamar ataupun memasang wallpaper dinding, Anda masih bisa menempelkan beberapa poster yang menarik. Poster-poster ini mampu mengubah suasana kamar kost yang Anda tempati mirip seperti kamar tidur pribadi di rumah dalam sekejap.

Tambahkan Sofa yang Unik untuk Tempat Bersantai Anda

Jangan biarkan kamar kost Anda cuma berisi tempat tidur saja. Anda dapat menambahkan sebuah sofa yang menarik di salah satu sudutnya. Keberadaan sofa ini benar-benar sangat membantu kita saat ingin bersantai atau menerima kedatangan tamu. Sofa ini akan membuat suasana di dalam kamar Anda terasa semakin nyaman dan menyenangkan. Begitu pula ketika Anda merasa bosan tidur-tiduran di atas kasur, maka Anda bisa menghabiskan waktu untuk bersantai di sofa tersebut. Saran kami adalah pilihlah sofa yang berbentuk unik serta terasa begitu nyaman saat Anda duduk di atasnya.

Pasanglah Rak-rak Dinding sebagai Tempat Penyimpanan

Tinggal di kamar kost yang sempit membuat Anda tidak leluasa untuk dapat menyimpan barang-barang yang Anda miliki. Bahkan kadang-kadang Anda sampai kebingungan sendiri harus meletakkan barang yang baru dibawa dari sekolah atau kantor di sebelah mana. Artinya adalah Anda membutuhkan tempat penyimpanan ekstra, kan? Daripada menambahkan lemari yang akan mempersempit ruangan, cobalah memanfaatkan bidang vertikal dengan menggantungkan rak. Penataan rak dilakukan sedemikian rupa agar terlihat rapi dan mudah dijangkau. Biarkan lantai tetap kosong sehingga kamar Anda tetap nyaman.

Hiasi Kamar Kost dengan Foto Keluarga dan Orang Tersayang

Pada saat Anda berada di perantauan, foto merupakan obat paling manjur untuk mengatasi kerinduan terhadap rumah. Foto juga akan membuat Anda semakin bersemangat dalam menjalani kehidupan di tanah rantau yang jauh dari sanak famili. Terutama ialah foto keluarga, orang tua, anak-anak, dan orang-orang yang paling Anda sayangi di muka bumi ini. Kami sarankan cobalah Anda memajang beberapa foto keluarga di dinding dan area di sekitar meja. Anda bisa membingkai foto tersebut menggunakan pigura yang menarik. Foto-foto inilah yang akan membuat Anda tetap merasa nyaman seperti di rumah.