Tips Menjaga Kamar Mandi di Rumah Agar Tetap Bersih dan Sehat

Dari sekian banyaknya ruangan di rumah, kamar mandi merupakan ruangan yang paling memungkinkan untuk cepat kotor. Hal ini tidak terlepas dari fungsi kamar mandi itu sendiri yakni sebagai ruangan untuk membersihkan tubuh dan semua benda yang kotor. Alhasil, ruangan ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai kotoran-kotoran di rumah. Kotoran ini ada di berbagai sudut kamar mandi sehingga membuat kondisinya tidak sehat. Anda tak boleh membiarkan masalah ini terus berlarut-larut. Anda harus segera memperbaiki kondisi kamar mandi tersebut agar menjadi bersih dan lebih sehat.

Rumah yang ideal wajib memiliki kamar mandi dengan kebersihan yang senantiasa terjaga setiap waktu. Kamar mandi yang bersih tentu akan memastikan benda-benda di dalamnya aman serta penampilannya pun nampak menarik. Anda sekeluarga juga bisa menggunakannya dengan tenang tanpa perlu khawatir terhadap risiko yang ada di baliknya. Kamar mandi yang bersih adalah kamar mandi yang sehat. Menjadi tugas seluruh anggota keluarga untuk menjaga kebersihan lingkungan di dalam kamar mandi ini. Dengan demikian, rumah Anda pun menjadi sebuah tempat tinggal yang ideal untuk dihuni.

Bagi Anda yang menginginkan kamar mandinya selalu dalam kondisi yang bersih, Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini! Ini merupakan trik dasar perawatan kamar mandi yang gampang dilakukan. Kami yakin Anda pun bisa langsung melaksanakannya dengan baik.

Bersihkan Secara Teratur

Setiap hari kamar mandi di rumah Anda wajib dibersihkan tanpa terkecuali. Mulai dari bagian lantainya, dinding, sampai bagian plafonnya pun mesti senantiasa dibersihkan setiap waktu. Anda harus menguras bak mandi minimal seminggu sekali supaya jentik-jentik nyamuk tidak mampu berkembang biak di sana. Sedangkan untuk pembersihan peralatan mandinya dapat dilakukan sebulan sekali. Semakin sering Anda membersihkan kamar mandi, semakin mudah pula dalam merawatnya karena tidak ada noda-noda yang membandel. Kalau Anda sekeluarga sudah membiasakan diri untuk membersihkan kamar mandi setiap saat, maka pekerjaan ini pun pasti tidak akan terasa melelahkan.

Kamar Mandi Bebas Bau

Selain karena kebersihan ruangan, bau di kamar mandi juga dapat diakibatkan oleh sampah dan pakaian kotor yang menumpuk di tempat ini. Oleh karena, hindari menaruh tempat sampah di kamar mandi agar penghuni rumah terbiasa membuangnya di tempat sampah yang ada di luar rumah. Jangan pernah juga menumpuk pakaian-pakaian kotor di ruangan ini. Selain menimbulkan aroma yang menyengat, pakaian kotor ini pun menjadi sarang yang ideal bagi perkembangbiakan kuman seta bakteri. Selalu cuci pakaian kotor Anda setiap hari dan pastikan kamar mandi Anda bebas bau. Agar lebih segar, Anda bisa menaruh beberapa pengharum ruangan yang beraroma lemon di dalam ruangan ini.

Tutup Pintu Kamar Mandi

Usahakan pintu kamar mandi di rumah Anda dirancang sedemikian rupa agar selalu menutup otomatis. Hal ini berfungsi untuk mencegah bau busuk yang mungkin timbul dari ruangan ini menyegar ke seluruh interior rumah Anda. Pintu yang tertutup juga memungkinkan ruangan di sekitarnya tidak lembab akibat uap air yang berasal dari dalam kamar mandi. Anda dapat memanfaatkan pintu PVC khusus untuk kamar mandi untuk keperluan ini. Produk pintu PVC ini mampu bekerja dengan baik di dalam kamar mandi ketimbang pintu-pintu yang lainnya. Jika tertarik untuk memasangnya sendiri, Anda dapat mengikuti panduan yang pernah kami bagikan pada artikel sebelumnya.

Mengatur Sirkulasi Udara

Faktor sirkulasi udara ini memegang peranan penting bagi kesehatan kamar mandi di rumah Anda. Kalau kamar mandi selalu mempunyai udara yang segar, maka kondisi di dalamnya pasti akan sangat fresh dan bebas dari bau busuk. Aliran udara yang lancar juga berfungsi untuk mencegah kelembaban yang tinggi yang dapat merusak perabotan-perabotan di dalam kamar mandi serta menimbulkan jamur dan lumut. Anda tak boleh membiarkan kondisi buruk ini sampai terjadi. Maka sediakanlah sirkulasi udara memadai di ruang tersebut melalui pemasangan jendela atau roster yang baik. Kondisi sirkulasi udara yang lancar ini akan menyegarkan interior di dalam kamar mandi.

Maksimalkan Cahaya Ruang

Anda juga mesti memaksimalkan cahaya dengan baik, terutama sinar matahari. Perlu Anda ketahui nih, sinar matahari tidak hanya berguna untuk menyinari ruangan sehingga membuatnya terlihat terang saja, tapi sinar matahari tersebut juga dapat mematikan kuman dan bakteri yang mungkin bersarang di dalam kamar mandi. Apabila kamar mandi Anda mampu memperoleh pancaran sinar matahari secara optimal, maka kondisinya pun akan senantiasa sehat dan bebas bau. Maka Anda harus mengoptimalkan cahaya matahari yang dapat memasuki ruangan. Anda bisa mencoba membuat beberapa jendela di ruangan ini. Namun tetap perhatikan aspek keamanan privasi di dalamnya ya.

Pengharum Ruangan Alami

Ada begitu banyak aroma wewangian yang cocok untuk area kamar mandi. Seperti misalnya, jeruk nipis yang dapat menambah kesegaran ruangan, sereh untuk ruangan yang begitu steril, cemara untuk ruang yang sehat, lavender untuk ruangan yang lembut, dan bunga rampai yang mempunyai aroma wangi khas bunga yang menyegarkan. Selain dihadirkan dalam bentuk tanaman hidup, Anda bisa menaruh lilin-lilin aromaterapi di kamar mandi. Pasti bakal menarik sekali deh, dan juga wangi. Jika timbul bau menyengat dari dalam kamar mandi, Anda dapat menaruh semangkuk kecil soda kue. Soda kue ini ampuh menyerap bau yang menyengat loh. Anda bisa mencobanya sendiri.