Asal Anda Tahu, Inilah 13 Kelebihan dan Kekurangan Atap Trimdek

Atap logam kini semakin diminati oleh masyarakat. Alasan utamanya sebab atap ini mempunyai struktur yang sangat kuat sehingga tidak mudah bocor. Tapi tahukah Anda, atap logam itu ada banyak jenisnya loh. Salah satunya yaitu atap trimdek. Apakah atap trimdek itu? Atap trimdek adalah atap yang terbuat dari baja yang dilapisi bahan aluminium sehingga membuatnya tahan terhadap karat. Yang menjadi ciri khas dari atap ini yaitu atap trimdek mengadopsi profil gelombang 5 atau profil ST 750.

Yap, atap trimdek adalah atap dengan profil gelombang 5 atau profil ST 750. Atap ini dirancang sebagai material penutup atap dan dinding dengan estetik yang baik. Jadi selain dipakai untuk atap, atap trimdek juga dapat diaplikasikan sebagai bahan pembentuk dinding. Atap trimdek mempunyai tingkat efisiensi penggunaan material yang baik. Material ini bisa menjadi salah satu pilihan bahan atap bangunan serta dinding pengganti dinding konvensional. Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan terdekat.

KELEBIHAN

Atap trimdek merupakan atap dan penutup dinding serbaguna dengan bentuk gelombang trapesium yang tegas serta halus pada lembahnya. Atap ini mempunyai sejumlah kelebihan di antaranya :

  • Kemampuan Bentang Panjang

Sama seperti jenis-jenis atap logam yang lainnya, atap trimdek pun dibuat dengan bentangan yang cukup panjang. Baik ukuran panjang maupun lebar dari atap ini sengaja dirancang dengan ukuran yang lebih panjang daripada atap konvensional. Hal ini memungkinkannya bisa dipasang dengan bentangan yang lebih panjang daripada biasanya.

  • Jarak Tumpuan yang Lebih Lebar

Kelebihan lain dari atap trimdek yaitu dapat dipasangan dengan jarak tumpuan yang lebih lebar dibandingkan atap yang lain. Mengingat bentangannya yang panjang serta mempunyai struktur yang kuat, maka atap trimdek pun aman Anda pasang dengan jarak tumpuan yang tidak terlalu berdekatan alias lebih lebar. Atap ini akan tetap aman dipasang.

  • Pemasangannya Super Cepat

Proses pemasangan atap trimdek memakan waktu yang cepat sekali. Selain karena bentangan yang dimilikinya lebih panjang, cara memasang atap trimdek juga mudah dilakukan. Atap ini bisa dipasang menggunakan sistem sekrup. Anda membutuhkan bantuan mesin bor listrik pada saat memasangnya. Ini pula yang membuat pekerjaannya lebih cepat selesai.

  • Material yang Sangat Ekonomis

Atap trimdek merupakan atap yang sangat ekonomis. Dengan bentangan yan dimilikinya, Anda memerlukan atap yang lebih sedikit. Jumlah tumpuannya pun lebih sedikit karena bisa dipasang pada jarak yang lebih lebar. Apalagi proses pemasangannya yang mudah serta cepat membuat kebutuhan tenaga pekerjanya pun menjadi lebih sedikit.

  • Terbuat dari Bahan Berkualitas

Atap trimdek ini terbuat dari bahan baku yang mempunyai kualitas tinggi. Atap ini sendiri dibuat dari aluminium, seng, dan silikon. Perpaduan antara ketiga bahan tersebut mampu menciptakan atap dengan struktur yang sangat kokoh, tahan terhadap karat, dan bersifat fleksibel. Anda bisa membentuknya dengan mudah. Ini merupakan atap yang awet.

  • Tersedia Dalam Berbagai Warna

Anda mungkin mengira kalau atap trimdek cuma tersedia dalam warna silver/perak saja karena atap logam yang lain pun hanya memiliki warna yang demikian. Tapi atap trimdek kenyataannya hadir dengan variasi warna yang sangat menarik loh. Di antaranya merah, biru, abu-abu, hijau, dan putih. Silakan Anda bisa memilihnya sesuai selera dan desain.

  • Merupakan Material Multiguna

Trimdek merupakan material bangunan yang bersifat multifungsi. Sebab faktanya material yang satu ini dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan dan pekerjaan. Tidak hanya sebagai atap bangunan saja loh, material ini pun bisa diaplikasikan sebagai dinding. Khusus bagi Anda yang ingin membuat dinding bergaya industrial bisa memanfaatkannya.

  • Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Sebagai atap yang terbuat dari logam, atap trimdek ini mempunyai ketahanan yang sangat bak terhadap suhu yang tinggi. Atap trimdek sangat tahan terhadap suhu yang panas, baik dari terik matahari maupun api. Atap ini tidak mudah terbakar meskipun dilalap si jago merah. Sehingga diharapkan struktur atap ini tetap mampu bertahan dan berdiri kokoh.

  • Tidak Gampang Terkena Karat

Walaupun merupakan atap logam, tetapi Anda tidak perlu khawatir terhadap karat yang dapat menyerang atap ini setiap saat. Hal ini dikarenakan atap trimdek ini sudah dilapisi dengan bahan anti-karat di bagian permukaannya. Dengan demikian, atap trimde pun tidak gampang terserang karat. Sehingga atap ini jauh lebih awet dan tak mudah rusak.

  • Mampu Dipasang Cukup Datar

Anda mungkin ingin membuat atap rumah yang berbentuk datar? Kalau iya, Anda bisa memakai atap trimdek sebagai material utamanya. Atap trimdek dapat Anda pasang dengan posisi yang cukup datar. Meskipun pemasangannya cukup datar, atap ini tetap aman. Atap trimdek dapat dipasang pada sudut kemiringan minimal 3 derajat.

KEKURANGAN

Akan tetapi, atap trimdek pun memiliki beberapa kekurangan yang meliputi :

  • Ruangan di Bawahnya Panas

Ini merupakan masalah klasik yang menimpa semua jenis atap logam. Jadi bukan cuma atap trimdek saja ya. Kenyataannya memang atap trimdek adalah material konduktor yang baik. Jadi atap ini mampu meneruskan panas matahari yang menimpanya secara maksimal. Akibatnya ialah ruangan di bawah atap ini pun terasa begitu panas saat siang hari.

  • Sangat Berisik Ketika Hujan

Kelemahan atap trimdek yang lainnya yaitu atap ini akan menjadi sangat berisik ketika air hujan turun. Memang benar kalau atap ini tak gampang bocor, namun di sisi lain suara air hujan yang menimpanya akan terdengar keras sekali. Sehingga Anda harus bersiap-siap saat hujan turun, maka suasana di dalam ruangannya menjadi sangat berisik.

  • Berisiko akan Melengkung

Boleh-boleh saja Anda membersihkan bagian atas dari atap trimdek ini. Apalagi kalau Anda memasangnya dengan posisi yang cukup datar. Namun hati-hati ya saat menginjak atap trimdek tersebut. Sebab bentuk atap ini memiliki risiko tinggi akan melengkung. Sialnya adalah atap yang sudah melengkung tersebut bakal sulit untuk diperbaiki atau dikembalikan bentuknya ke awal.