5 Tips Memilih Pintu Lipat yang Berkualitas Tinggi

Anda mungkin sedang berencana untuk memasang pintu lipat di salah satu ruangan dalam rumah Anda? Contohnya seperti ruangan garasi kendaraan bermotor, gudang penyimpanan barang-barang yang tidak terpakai, atau dapur yang dibuat dengan konsep terbuka. Ruangan-ruangan ini memang membutuhan pintu lipat. Dibandingkan dengan pintu-pintu yang lainnya, pintu lipat mempunyai kelebihan tersendiri. Pintu ini bisa ditutup dengan bentangan yang jauh lebih lebar serta lebih ringkas saat ditutup.

Saat ini sudah banyak tersedia pintu lipat di pasaran. Anda dapat memperolehnya di toko kayu, toko mebel, atau toko furniture terdekat. Pintu ini tersedia dalam berbagai variasi pilihan yang bermacam-macam. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan saat membeli pintu lipat tersebut. Memang sih memilih pintu lipat ini gampang-gampang susah mengingat karakateristiknya yang begitu unik dan berbeda dari pintu rumah konvensional. Anda mesti memilihnya dengan cermat.

Berikut ini merupakan kiat-kiat dalam pemilihan pintu lipat ala Arafuru yang patut Anda perhatiakan dengan baik!

Tips 1. Tentukan Bahan Baku Pembuatnya

Bahan baku untuk membuat pintu lipat ada banyak sekali loh. Bahkan hampir semua bahan yang umum digunakan dalam membuat pintu, kini juga sudah dipakai untuk memproduksi pintu lipat. Aspek bahan baku ini mesti diperhatikan dengan seksama karena berpengaruh besar terhadap kekuatan pintu secara langsung. Lebih baik belilah pintu lipat yang terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh seperti baja. Meski harganya lebih mahal, tetapi pintu ini jauh lebih awet dibandingkan material yang lainnya.

Tips 2. Pertimbangkan Mengenai Desainnya

Tidak lupa desain pintu lipat juga mesti Anda pertimbangkan dengan baik pada saat memilihnya. Sebab bagaimana pun desain pintu lipat ini akan mempengaruhi penampilan desain rumah secara menyeluruh. Anda sebaiknya memilih desain pintu yang sesuai dengan konsep awal rumah dan jangan pernah keluar dari jalur. Penggunaan pintu yang tak serasi dengan desain rumah akan membuat rumah Anda nampak aneh. Misalnya untuk rumah yang bergaya minimalis bisa memakai pintu yang bersih dan sederhana.

Tips 3. Sesuaikan dengan Ukuran Tempat

Tentu saja Anda harus membeli pintu lipat yang ukurannya sesuai dengan tempat yang tersedia. Karena kalau sampai kekecilan, pintu tersebut tidak dapat menutup sempurna. Sedangkan kalau terlalu besar, pintu ini tidak dapat dibentangkan secara lurus. Sebenarnya sih pintu yang tersedia di pasaran memiliki ukuran yang standar. Tetapi kalau Anda ingin membuat pintu lipat custom juga bisa banget kok. Anda tinggal membawa catatan tentang ukuran tempat tersebut langsung ke bengkel mebelnya.

Tips 4. Pilihlah Pintu Lipat yang Sudah Lengkap

Kami rekomendasikan belilah pintu lipat yang sudah disertai dengan komponen-komponen pelengkap untuk memasangnya. Di samping jauh lebih praktis, harganya pun kalau dijumlahkan bakal jauh lebih murah. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot harus membeli lagi komponen-komponen pelengkap ini. Tidak seperti pintu biasa yang hanya memerlukan engsel, pintu lipat membutuhkan berbagai komponen tambahan agar dapat dipasang dengan benar. Komponen ini harus cocok dengan pintu tersebut.

Tips 5. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Dalam membeli suatu barang, hendaknya Anda tak melihat harga sebagai patokan utamanya. Faktanya memang antara penjual dan pembeli ingin sama-sama untung setelah melakukan transaksi. Kalau pintu lipat ini dijual dengan harga yang sangat murah di bawah harga standarnya, Anda patut curiga terhadap mutu dan kualitasnya. Sebab bukan tidak mungkin pintu tersebut memang jelek sehingga penjualnya pun memasang harga yang rendah. Kalau Anda membeli pintu tersebut, Anda sendiri yang justru akan menanggung kerugiannya.