Memilih Papan Gypsum yang Berkualitas agar Tidak Salah Beli

Sekarang semakin banyak masyarakat yang menggunakan papan gypsum sebagai material pembentuk di rumahnya. Biasanya material bangunan ini dimanfaatkan sebagai partisi ruangan dan juga plafon/langit-langit. Gypsum mempunyai keunggulan utama yaitu bobotnya lebih ringan dan proses pemasangannya pun sangat mudah. Alasan lain yang sering menjadi dasar pemilihan gypsum adalah daya tahannya yang terbilang bagus sekali. Walaupun harganya lebih murah, gypsum yang bagus juga memiliki kualitas yang setara dengan kayu jati. Bahkan mutu gypsum ini jauh lebih baik daripada plywood loh.

Akhir-akhir ini para produsen gypsum bahkan melakukan inovasi lagi dengan mengeluarkan produk yang tahan air dan tahan api. Tentunya kreativitas tersebut akan semakin meningkatkan daya tarik seseorang untuk menggunakan papan gypsum. Saat ini merek papan gypsum yang ada di pasar Indonesia terbilang banyak sekali. Produsen gypsum yang jujur biasanya berani menginformasikan bahwa produk buatannya tersebut berada di kelas yang mana. Namun tidak sedikit produsen gypsum yang nakal. Konsumen yang salah pilih banyak yang mengeluh gypsum yang dipakainya cepat menggelembung dan patah.

Teruntuk buat Anda yang tertarik menggunakan papan gypsum dan sekarang berniat untuk membelinya di toko bangunan, sebaiknya perhatikan dahulu poin-poin di bawah ini pada saat memilihnya. Ini adalah panduan singkat untuk memilih gypsum yang kualitasnya tinggi.

Pilih Brand yang Terkenal

Tingkat kepercayaan suatu brand tidak akan pernah menipu Anda tentang kualitas yang dimilikinya. Jadi Anda sebaiknya membeli gypsum yang dibuat oleh produsen ternama. Selain kualitasnya yang memang sudah teruji, produsen ternama biasanya mampu memberikan pelayanan after sales yang bagus apabila di kemudian hari Anda mengalami masalah dari produk papan gypsum yang sudah dibeli tersebut. Harga produk gypsumnya pun lebih kompetitif. Selain itu, gypsum ini pun telah dilabeli dengan standar seperti British Standard (BS) atau American Society for Testing and Materials (ASTM).

Ambil yang Menawarkan Garansi

Sebagus apapun barang buatan manusia, pastinya cepat atau lambat akan rusak juga. Namun Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar apabila gypsum yang sudah terpasang tadi mengalami kerusakan dalam waktu yang lebih cepat daripada perkiraan. Di sinilah pentingnya garansi bagi Anda. Garansi akan memastikan Anda mendapatkan barang dengan mutu yang sesuai harga yang sudah dibayar. Walaupun Anda sedang sial mendapatkan produk yang cacat, tapi jika ada garansi yang menyertainya, maka Anda bisa tetap menukar produk yang sebenarnya tidak layak pakai tadi dengan yang baru.

Pastikan Lembarannya Rata

Gypsum untuk partisi ruangan dijual dalam bentuk lembaran dengan ukuran tertentu. Anda bisa menilai kualitasnya secara visual cukup dengan memperhatikan konsistensi lembaran papan gypsum ini apakah rata atau tidak. Sedangkan untuk kualitas dari tingkat kekakuannya bisa dinilai saat gypsum-gypsum tadi ditumpuk. Papan gypsum yang berkualitas tinggi maka sama sekali tak akan mempunyai celah di antara tumpukan-tumpukannya. Gypsum tersebut dapat menumpuk dengan rapat terhadap lembaran gypsum yang ada di sebelah atas atau bawahnya. Artinya ialah permukaan gypsum ini memang rata.

Muka Papan Terasa Halus

Faktor lain yang juga penting untuk diperhatikan dalam memilih gypsum adalah mengenai tekstur pada permukaannya. Papan gypsum yang baik selalu mempunyai bagian muka yang terasa begitu halus ketika Anda merabanya. Ini dikarenakan pori-pori gypsum tersebut berukuran cukup kecil sehingga teksturnya pun terasa lebih halus. Hal ini sangat berguna karena berpengaruh besar terhadap hasil pengecatannya. Permukaan gypsum yang halus akan memberikan hasil pengecatan yang lebih rapi. Pastikan pula daya rekat kertas pelapisnya tak mudah terkelupas, bahkan jika Anda sengaja merobeknya.

Gypsum Tidak Gampang Patah

Tentu saja, papan gypsum yang Anda beli harus benar-benar kuat dan kokoh ya. Jangan pernah membeli papan yang mudah patah, kendati harganya lebih murah. Karena papan gypsum yang sudah patah tidak akan dapat diperbaiki lagi. Berbeda kalau papan tadi hanya berlubang, Anda bisa mengatasinya dengan memakai kompon atau plester. Untuk mengetahui tingkat kekuatan suatu papan gypsum, Anda cukup mengangkat lembarannya saja. Apabila ketika diangkat gypsum tersebut terasa rapuh dan tidak solid, artinya adalah kemungkinan besar papan gypsum tadi memang gampang patah.