15 Kelebihan dan Kekurangan Pintu UPVC, Anda Harus Tahu!

Kini semakin banyak pilihan pintu rumah berdasarkan bahan bakunya. Salah satunya yaitu pintu UPVC. Ini merupakan pintu terbaru yang terbuat dari material UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Apakah material UPVC itu? UPVC adalah material buatan turunan dari plastik, di mana sifat kelenturannya diminimalisasi sehingga membuat strukturnya menjadi keras. Material ini sendiri dikembangkan dari PVC. UPVC sengaja diciptakan untuk mengatasi PVC yang kurang kuat dan mudah patah.

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif dari pintu kayu, Anda bisa mencoba menggunakan pintu UPVC ini. Pintu UPVC biasanya dipakai untuk ruangan-ruangan di dalam rumah (interior) seperti kamar mandi, dapur, teras belakang, dan lain-lain. Pintu ini mempunyai struktur yang begitu tangguh serta gampang dalam perawatannya. Anda pasti merasa beruntung karena telah menggunakan pintu UPVC ini. Dengan memberikan perawatan secara tepat, pintu ini bahkan mampu bertahan selama puluhan tahun.

KELEBIHAN

Pintu UPVC mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri yang membuatnya begitu istimewa.

  1. Bersifat Anti Rayap dan Anti Hama

UPVC merupakan material buatan yang terbuat dari bahan plastik. Sehingga rayap, serangga, dan hama-hama perusak pintu lainnya dijamin tidak akan mau merusak pintu ini. Kalau mereka tetap membandel, UPVC yang masuk ke tubuhnya akan menjadi racun yang mematikan.

  1. Tidak Bakal Terserang Oleh Karat

Mengapa pintu UPVC tidak mungkin akan terserang oleh karat? Jawabannya sederhanya yaitu karena UPVC bukan material logam. Jadi secara logika saja tak mungkin pintu ini akan berkarat. Dengan demikian, pintu Anda pun terhindar dari salah satu penyebab kerusakan yang terparah.

  1. Anti Bocor dari Rembesan Air

Keuntungan menggunakan pintu UPVC adalah pintu ini bersifat anti-bocor. Anda bisa memakai pintu ini untuk berbagai ruangan, terutama ruangan-ruangan yang mempunyai risiko besar akan mengalami kebocoran. Pemakaian pintu UPVC akan mencegah terjadinya masalah tersebut.

  1. Kuat, Tangguh, dan Anti Keropos

Pintu UPVC adalah pintu yang kuat, tangguh, dan juga bersifat anti-keropos. Pintu ini memiliki kekuatan lebih baik daripada PVC karena menggunakan UPVC sebagai bahan bakunya. Selain itu, pintu UPVC juga tidak akan mengalami keropos layaknya pintu-pintu yang terbuat dari kayu.

  1. Memiliki Sifat Kedap Terhadap Air

Kelebihan selanjutnya dari pintu UPVC yaitu pintu ini bersifat kedap air. Anda tak usah ragu mau memasang pintu ini di ruangan yang banyak airnya, sebab keberadaan air tersebut tak akan bisa merusak pintu ini. Karena pada dasarnya pintu UPVC memang mempunyai sifat kedap air.

  1. Tahan Api dan Tak Mudah Terbakar

Bahan UPVC sebagai bahan baku pembentuk pintu UPVC ini memang begitu istimewa. Meskipun UPVC merupakan material yang terbuat dari plastik, tapi bahan ini mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap api sehingga tidak mudah terbakar. Anda tak perlu khawatir soal keamanannya.

  1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Sering kali terjadi pintu di rumah kita tiba-tiba tidak bisa dibuka atau ditutup karena menempel terlalu rapat dengan kusennya. Kondisi ini terjadi lantaran pintu tersebut mengalami pemuaian. Pada pintu UPVC, masalah ini tak akan terjadi sebab UPVC tahan terhadap perubahan cuaca.

  1. Bisa Ditutup dengan Rapat

Kadang-kadang kita mesti membuat pintu yang bisa ditutup dengan rapat sekali. Misalnya pintu kamar mandi atau ruangan ber-AC. Nah, pintu UPVC ini mampu memenuhi keinginan tersebut. Pintu UPVC dapat dipasang pada kusennya dengan sangat rapat nyaris tanpa celah sedikit pun.

  1. Ada Banyak Variasi Pilihannya

Kalau Anda membeli pintu UPVC, Anda akan mendapatkan banyak pilihan. Tentu saja banyaknya variasi ini sangat membantu kita dalam memilih pintu yang paling tepat. Anda bisa mengambil pintu yang paling sesuai dengan rencana desain Anda serta kebutuhan ruangan tersebut.

  1. Tidak Perlu Perawatan Intensif

Pintu UPVC merupakan pintu yang gampang dirawat. Pintu ini tak memerlukan perawatan yang terlalu rumit maupun intensif. Bahkan boleh dibilang pintu UPVC ini minim sekali perawatannya. Pintu UPVC akan tetap terjaga dengan baik meskipun Anda tidak terlalu sering merawatnya.

  1. Reduksi Suara Hingga 40 dB

Ruangan yang tenang tentu menjadi idaman semua orang. Dinding kedap suara sebenarnya cukup efektif dalam menangkal suara dari luar. Tapi pintu biasa tidak mampu menghalau suara tersebut. Solusinya Anda bisa memakai pintu UPVC yang bisa mereduksi suara hingga 40 dB.

  1. Dapat Didaur Ulang Lagi

Walaupun bukan terbuat dari bahan-bahan alami, kenyataannya pintu UPVC merupakan pintu yang ramah lingkungan. Apa sebabnya? Karena pintu ini bisa didaur lagi hingga maksimal sampai 5 kali. Pintu UPVC ini akan tetap nampak bagus dan layak digunakan meski sudah didaur ulang.

  1. Berstandar Internasional

Anda tidak perlu ragu terhadap mutu dan kualitas pintu UPVC. Sebab bukan cuma standarisasi Indonesia saja yang menjamin kualitas dari produk ini, tapi pintu UPVC bahkan telah berstandar internasional yang memastikan kalau mutunya memang benar-benar bagus dan terjamin.

  1. Memiliki Bobot yang Ringan

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh pintu UPVC ialah pintu ini memiliki bobot yang sangat ringan. Terang saja sebab pintu UPVC pada dasarnya merupakan pintu plastik. Dengan bobotnya yang ringan sekali ini, pintu UPVC tidak memerlukan struktur yang rumit sebagai penahannya.

  1. Lebih Kuat dan Tahan Lama

Jangan ragu terhadap daya tahan yang dimiliki pintu UPVC sebab pintu ini dapat bertahan lama hingga mencapai puluhan tahun tentunya dengan satu syarat utama. Apakah itu? Yakni Anda harus senantiasa merawatnya serta menggunakan pintu ini dengan baik

KEKURANGAN

Satu-satunya kelemahan yang dimiliki oleh pintu UPVC yaitu pintu ini tidak tahan terhadap benturan dan tekanan dari benda-benda yang keras. Apabila pintu ini sampai terkena benturan yang cukup kuat, maka bukan tidak mungkin strukturnya akan mengalami retak, pecah, atau hancur. Dari bagian yang rusak ini, lama-kelamaan akan timbul lubang menganga yang akan semakin membesar bila tak segera diperbaiki. Oleh karena itu, di atas kami sudah mengingatkan Anda untuk menggunakan pintu UPVC ini secara hati-hati. Jangan terlalu kasar saat membuka atau menutup pintu UPVC ini supaya tidak menimbulkan titik kerusakan.