Plus Minus Rumah yang Menghadap ke Selatan, Utara, Barat, dan Timur

Tahukah Anda, arah hadap rumah juga mempunyai pengaruh yang besar sekali terhadap suasana rumah tersebut. Anda harus memperhatikan aspek ini dengan baik untuk menciptakan kenyamanan tinggal di dalam rumah. Rumah yang menghadap ke arah yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan sinar matahari yang ideal. Sinar matahari tersebut akan menyinari rumah pada posisi yang pas. Semakin tepat bagian-bagian rumah kita yang tersinari cahaya matahari di waktu yang benar, maka akan semakin besar pula rasa nyaman yang akan dimiliki oleh bangunan rumah itu sendiri.

Kami sudah melakukan penelitian mengenai hubungan antara arah hadap rumah dengan kenyamanan rumah tersebut, khususnya rumah-rumah yang terletak di Pulau Jawa. Ternyata memang benar, faktor arah hadap rumah ini mempunyai pengaruh yang besar sekali loh terhadap tingkat kenyamanan rumah tersebut. Rumah di Pulau Jawa yang menghadap ke arah selatan kami berikan nilai yang sempurna. Hal ini dikarenakan rumah tersebut memang mempunyai suasana yang sangat ideal bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Namun dengan syarat-syarat tertentu khususnya.

Di bawah ini merupakan rangkuman kelebihan dan kekurangan suatu rumah berdasarkan arah hadapnya. Baik rumah yang menghadap ke selatan, utara, timur, maupun barat masing-masaing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Rumah yang Menghadap ke SELATAN (nilai : *****)

Rumah yang menghadap ke arah selatan merupakan bangunan yang terbaik di Pulau Jawa. Alasannya karena arah rumah yang menghadap ke selatan ini memungkinkan kondisi teras rumah akan lebih sering teduh karena posisi matahari memang lebih banyak di bagian utara. Sementara itu, halaman belakang rumah ini akan terkena sinar matahari secara maksimal sehingga cocok digunakan sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Pada bagian timur akan rutin terkena sinar matahari pagi. Sedangkan pada bagian barat rumah akan terkena sinar matahari sore. Alhasil, rumah tak akan menjadi lembab.

Rumah yang Menghadap ke UTARA (nilai : ****)

Rumah yang menghadap ke arah utara menjadikan teras akan lebih banyak terkena sinar matahari. Hal ini membuat rumah cukup sehat. Namun jika terlalu banyak sinar matahari yang menenai teras, kadang-kadang sinar tersebut justru akan mengganggu. Jadi kami sarankan rumah Anda perlu ditambah kanopi yang memanjang ke depan supaya teras aman dari sengatan terik matahari langsung. Tetapi jika Anda kurang suka dengan keberadaan kanopi ini, cobalah Anda menggantinya dengan menanam pohon yang rindang di depan rumah sebagai peneduh dan penghalang sinar matahari.

Sementara itu, pada bagian belakang rumah ini kurang bagus untuk dijadikan tempat menjemur pakaian karena memang jarang terkena sinar matahari. Tempat jemuran yang tepat untuk rumah ini terletak di sisi bagian timur rumah. Sebaiknya Anda menghindari menjemur pakaian di depan rumah karena kurang sopan menurut adat istiadat masyarakat Indonesia. Di sisi rumah bagian timur dan barat ini, rumah akan terkena paparan sinar matahari dengan optimal sama seperti rumah yang menghadap ke selatan. Anda bisa memanfaatkan bagian rumah ini dengan sebaik-baiknya.

Rumah yang Menghadap ke TIMUR (nilai : ***)

Kami memberikan nilai sebanyak 3 bintang untuk rumah yang menghadap ke timur. Perlu Anda ketahui, rumah yang dibangun dengan arah hadap ke timur akan terasa nyaman sekali, khususnya pada saat pagi hari. Mengapa? Sebab teras rumah akan mendapatkan sinar mentari pagi yang menyehatkan. Tapi sinar matahari di atas pukul 9 pagi biasanya akan terasa lebih menyengat dan membuat udara menjadi panas. Jadi alangkah baiknya rumah ini dilengkapi kanopi yang cukup panjang atau tumbuh-tumbuhan peneduh di depannya. Posisi jemuran di sini dapat dibuat di sebelah utara rumah karena memang lebih banyak mendapatkan sinar matahari.

Rumah yang Menghadap ke BARAT (nilai : **)

Sebaiknya Anda menghindari membangun rumah menghadap ke arah barat. Kenapa? Sebab rumah yang menghadap ke barat ini akan sulit mendapatkan sinar matahari pagi. Akibatnya yaitu kondisi interiornya pun menjadi kurang sehat untuk ditinggali. Guna mengantisipasi masalah tersebut, Anda bisa membuat teras tambahan di bagian belakang rumah. Lantas bukalah pintu belakang rumah di pagi hari. Anda juga bisa membut membuat tempat berkumpul yang nyaman di halaman belakang rumah. Dengan begini, Anda masih mempunya kesempatan untuk menikmati sehatnya sinar mentari pagi.

Sementara itu, tempat menjemur pakaian di rumah yang menghadap ke barat ini sebaiknya diletakkan di sebalah utara. Di sini sinar matahari yang bisa Anda dapatkan akan lebih banyak kalau dibandingkan dengan sisi rumah sebelah selatan. Kekurangan lainnya dari rumah yang menghadap ke arah barat yaitu suasana di dalamnya akan terasa lebih panas dan gerah sekali. Hawa yang panas ini timbul karena sinar matahari akan menyinari rumah Anda dengan maksimal pada siang harnyai. Sebaiknya Anda menanam tumbuh-tumbuhan yang bisa melindung rumah dari terik matahari, terutama bagian pintu dan jendela.