6 Tips Menyewa Apartemen Harian atau Bulanan agar Tak Tertipu

Hunian tipe apartemen memang menawarkan keunggulan yang banyak sekali. Selain keamanannya yang benar-benar terjamin, apartemen pun mempunyai suasana yang sangat nyaman. Anda dapat merasakan sebuah kenyamanan layaknya tinggal di hotel berbintang saat berada di apartemen. Begitu pula dengan lokasi apartemen pun umumnya berada di tempat-tempat yang strategis sehingga mempermudah kita dalam beraktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, tinggal di apartemen juga membuat kita berkesempatan menikmati fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola secara cuma-cuma.

Ketika Anda hendak pindah ke kota baru untuk sementara waktu, maka opsi menyewa apartemen dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan pertama. Tinggal di apartemen sewa memudahkan Anda mengajak semua anggota keluarga yang Anda sayangi ke tempat kerja baru tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan mereka. Tetapi mencari apartemen sewa yang ideal khususnya di Indonesia memang tidak semudah kelihatannya lho. Tidak sedikit oknum pemilik apartemen yang bersifat nakal dan telah siap mengelabui Anda dengan akal busuknya. Anda mesti berhati-hati dan waspada.

Supaya Anda berhasil mendapatkan apartemen sewa yang bagus di lokasi tempat kerja Anda yang baru, silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini ya!

Tentukan Lokasi Apartemen yang Diinginkan

Memperkecil pilihan dengan mempersempit lokasi yang diincar akan memudahkan Anda dalam memilih apartemen mana yang paling cocok untuk Anda dan keluarga tercinta. Selain faktor lokasinya yang dekat dengan kantor, Anda juga harus memastikan tempat tersebut aman, dekat dengan sarana dan prasarana publik, serta memiliki akses transportasi yang lancar. Jika Anda sudah memiliki anak, pastikan juga anak Anda bisa berangkat dan pulang sekolah dengan aman dan nyaman. Silakan Anda tentukan dengan jelas lokasi apartemen yang diinginkan. Paling tidak Anda bisa memilih 2-3 lokasi yang berdekatan.

Catatlah Daftar Apartemen yang Disewakan

Setelah Anda menentukan lokasi yang paling cocok, berikutnya adalah mencari tahu daftar apartemen mana saja yang sedang disewakan di tempat tersebut. Untuk mempermudah Anda mencari daftarnya, Anda bisa mengunjungi situs Arafuru.com di bagian properti ataupun bertanya langsung melalui forum-forum online. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari kerabat keluarga maupun teman yang pernah menyewa apartemen sebelumnya. Catatlah alamat dari apartemen-apartemen yang sedang disewakan tersebut. Lantas buatlah perjanjian dengan si pemilik jika Anda tertarik dengan apartemennya.

Kunjungi Secara Langsung, Lantas Bandingkan

Sama halnya seperti pada saat Anda hendak menyewa rumah kontrakan, Anda pun mesti mengunjungi apartemen secara langsung terlebih dahulu sebelum benar-benar menyewanya. Pastikan Anda membawa kamera untuk mengambil potret apartemen yang ditawarkan oleh pemilik. Foto-foto ini akan berguna bagi Anda dalam membandingkan apartemen mana yang paling sesuai dengan karakter keluarga Anda nanti. Kalau perlu, Anda bahkan juga bisa mengajak serta seluruh anggota keluarga Anda agar bisa berdiskusi secara langsung serta merasakan sensasi tinggal di apartemen tersebut bagi setiap individu.

Cari Tahu Semuanya Tentang Apartemen Itu

Supaya Anda mengetahui lebih dalam tentang spesifikasi apartemen yang ditawarkan, kuncinya adalah Anda harus aktif dalam bertanya. Jangan pernah merasa sungkan ataupun malu dalam bertanya. Selama pertanyaan Anda masih relevan dengan topik apartemen serta dalam level yang wajar, maka si pemilik pasti akan menjawabnya dengan senang hati. Jangan lupa Anda harus memeriksa kondisi seluruh bagian apartemen dengan teliti, terutama area sudutnya. Pastikan semuanya dalam kondisi yang terawat baik. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tenang apartemen tersebut.

Cobalah Sendiri untuk Menilai Apartemen

Semua pemilik apartemen pasti akan mengatakan jika apartemen miliknya sangat bagus dan terpelihara dengan baik. Sah-sah saja kalau Anda langsung mengiyakannya karena memang interiornya terlihat rapi sekali. Namun Anda jangan langsung percaya seratus persen terhadap pernyataan tersebut ya. Cobalah Anda mengelilingi ruangan sambil mencoba fitur-fitur yang dimilikinya. Bahkan Anda pun bisa mencoba berbagai alat rumah tangga yang rawan rusak seperti keran, wastafel, toilet, jendela, dan pintu. Pastikan semuanya memang dalam kondisi yang bagus, normal, dan tidak bermasalah.

Buatlah Surat Perjanjian Sewa Secara Resmi

Wajib hukumnya bagi Anda membuat surat perjanjian yang resmi tentang sewa-menyewa apartemen ini. Di dalam surat perjanjian ini, Anda pun harus mencantumkan aturan-aturan yang bersifat mengikat antara kedua belah pihak. Biasakanlah membuat perjanjian hitam di atas putih ketika Anda menyewa sebuah apartemen. Termasuk di dalamnya poin perbaikan atau penggantian kalau terjadi suatu masalah di dalam apartemen. Hal ini sangat berguna supaya Anda sekeluarga tetap terlindungi oleh hukum serta terhindar dari tipu daya yang mungkin bakal dilakukan oleh si oknum pemilik yang nakal tersebut.