Agar Tetap Sehat dan Bugar, Cobain 5 Tips Berolahraga Saat Berpuasa Ini Yuk!

Meski sedang berpuasa, Anda tetap harus berolahraga supaya tubuh senantiasa fit. Dengan menerapkan tips-tips yang tepat, Anda pun tetap dapat melakukan olahraga dengan nyaman sampai tiba waktunya berbuka puasa. Jangan sampai kalah dengan perasaan malas ya. Walaupun pada awal-awalnya terasa begitu berat, tetapi olahraga di kala berpuasa ini juga tetap bisa terasa ringan dan menyenangkan loh. Tentunya Anda perlu menerapkan trik-trik khusus dalam menjalaninya ya.

Olahraga memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh kita senantiasa akan tetap sehat serta terjaga kebugarannya. Aktivitas olahraga akan melatih badan agar senantiasa tetap enerjik. Tanpa Anda sadari, olahraga juga bagus untuk tubuh selama kita menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan loh. Namun Anda juga mesti memahami kalau tubuh kita pun merasa kelelahan selama berpuasa. Jadi berolahraga dengan penuh pertimbangan ya.

Agar tetap sehat serta bisa menunaikan ibadah puasa dengan baik, berikut ini tips-tips dari Arafuru yang bisa Anda lakukan untuk berolahraga di Bulan Ramadhan! Yakinlah Anda pun pasti bisa!

Jangan Pernah Memaksakan Diri

Jangan pernah memaksakan diri untuk berolahraga terlalu keras di atas kekuatan Anda. Saat berpuasa, sebaiknya Anda menghindari terlebih dahulu latihan-latihan yang banyak menguras tenaga. Ingat bahwa kondisi Anda saat ini berbeda dari hari-hari biasa dan lebih lemah. Memaksakan diri berolahraga secara berat justru bisa mengakibatkan Anda mengalami cidera. Kalau sudah begini, maka ibadah puasa Anda bakal terganggu selama berhari-hari. Jadi ukurlah kemampuan diri Anda dengan tepat ya.

Pilih Olahraga yang Tidak Melelahkan

Sebaiknya Anda melakukan olahraga-olahraga yang bersifat ringan saja dengan gerakan yang tidak mengakibatkan kelelahan yang berlebih. Pilihan lainnya, kurangilah jam latihan dan intensitas olahraga apabila memang tidak kuat. Sebagai contoh, apabila Anda biasanya berolahraga selama sejam, coba kurangi menjadi 20-30 menit. Begitu pula dengan gerakannya saat berolahraga, disarankan untuk turut diperlambat. Sayangilah diri Anda sendiri.

Boleh Olahraga Saat Pagi, Tapi …

Apabila Anda sudah terbiasa berolahraga di pagi hari, sah-sah saja Anda juga mengaplikasikannya ketika sedang berpuasa. Hanya saja, olahraga di pagi hari cenderung membuat tubuh merasa cepat haus akibat kelelahan. Untuk itu, hindarilah olahraga-olahraga yang bakal memicu keluarnya keringat dalam jumlah banyak sebab hal tersebut akan memicu dehidrasi. Bayangkan ketika tubuh terus mengeluarkan cairan, sementara tidak ada cairan yang diterimanya sama sekali. Anda bakal lemas sepanjang hari.

Olahraga di Waktu Menjelang Berbuka

Waktu olahraga yang paling aman untuk orang yang sedang puasa di Bulan Ramadhan ialah ketika sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Anda sendiri dapat memulainya sejak dari pukul 17.00 sampai selesai. Sehingga pada pukul 18.00 kurang sedikit, sudah tiba waktunya untuk berbuka. Jadi saat semua latihan Anda hari ini sudah rampung dilakukan, Anda bisa langsung menyantap makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Tak hanya menyehatkan, dijamin rasanya pasti jauh lebih nikmat.

Olahraga Minimal 3 Kali Seminggu

Pada dasarnya, olahraga berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan bugar. Paling tidak, Anda perlu berolahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu selama Bulan Ramadhan. Nah, supaya kegiatan berolahraga ini bisa menjadi suatu agenda yang menyenangkan, kuncinya Anda tak boleh memaksakan diri dan bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri. Anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai aktivitas ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa. Sebuah kegiatan yang bermanfaat, kan?