Kiat-kiat Mengadakan Acara Berbuka Puasa Bersama di Rumah

Ada sebuah acara yang hanya bisa dilaksanakan pada Bulan Ramadhan yaitu berbuka puasa bersama. Ini merupakan bukanlah sebuah acara makan-makan semata, melainkan mempunyai tujuan untuk menjalin keakraban yang lebih bersama keluarga, sanak famili, dan rekan-rekan Anda. Pada prinsipnya sih, acara berbuka puasa bersama ini dilakukan dengan menikmati waktu ketika berbuka puasa secara beramai-ramai. Sebenarnya tidak harus ke restoran atau cafe, Anda pun dapat mengadakannya di rumah.

Pasti suasana acara bukber bareng di rumah akan lebih menyenangkan daripada di restoran atau cafe. Selain bisa mengenalkan anggota keluarga Anda kepada kerabat dan rekan-rekan kerja, Anda pun dapat lebih memperdalam lagi hubungan tali silaturahmi ini. Anda juga tidak perlu merasa terganggu akibat ramainya pengunjung restoran atau cafe pada saat momen buka puasa tiba. Dan tentunya adalah Anda dapat menghemat budget dengan menyiapkan makanan dan minuman buatan sendiri.

Terdapat 3 faktor utama yang mesti Anda perhatikan ketika mengadakan aca berbuka bersama di rumah yaitu ruangan, makanan, dan suasana. Ketiganya wajib Anda perhatikan sebaik mungkin supaya acara berbuka puasa di rumah Anda menjadi lebih berkesan. Ruangan perlu ditata sedemikian rupa agar para tamu yang hadir merasa nyaman. Makanan dan minuman yang disajikan juga harus dapat memuaskan tamu. Untuk suasananya, ciptakan nuansa khas Bulan Ramadhan yang islami begitu kental.

Hitung Tamu yang Akan Hadir

Anda perlu menghitung dengan tepat seberapa banyak jumlah tamu yang bakal ikut bergabung di acara buka bersama yang Anda selenggarakan. Ingat apabila Anda mengundang rekan-rekan kerja, biasanya mereka akan membawa pasangan dan anak-anaknya untuk turut ikut serta. Mungkin setiap seorang tamu undangan yang diundang, maka kira-kira ada 2-4 orang yang bakal hadir. Anda perlu menghitung jumlah ini setepat mungkin. Prinsipnya ialah lebih baik kebanyakan daripada hitungan Anda kurang.

Sediakan Ruangan yang Nyaman

Ada baiknya Anda menyediakan ruangan yang khusus untuk tempat berbuka bersama. Ruang tersebut harus berukuran luas atau setidaknya cukup menampung seluruh tamu undangan yang akan hadir. Kami merekomendasikan ruangan makan yang bergaya lesehan. Namun jika Anda ingin menyediakan tempat duduk yang formal, pastikan jumlah kursinya tersedia cukup banyak ya. Tak harus di dalam rumah, Anda pun dapat memanfaatkan halaman belakang sebagai tempat digelarnya acara berbuka puasa ini.

Ciptakan Nuansa yang Islami

Jangan biarkan momen buka bersama di rumah Anda terasa biasa-biasa saja. Ciptakan suasana yang luar biasa agar acara tersebut semakin berkesan. Salah satunya Anda bisa menciptakan suasana yang kental dengan nuansa alami. Anda bisa menyetel murottal Al Quran, senandung lagu-lagu islami, atau siaran ceramah. Pastinya waktu menunggu datangnya waktu berbuka akan menjadi lebih berfaedah dengan adanya hiburan-hiburan ini. Soal desain ruangannya pun mesti diatur biar nampak lebih Ramadhan ya.

Memasak Hidangan yang Lezat

Sebagai tuan rumah, kewajiban Anda adalah memastikan semua tamu yang datang merasa puas dengan jamuan yang tersedia. Anda perlu menyediakan makanan dan minuman yang dapat memuaskan tamu-tamu tersebut. Di sini Anda bisa menyiapkan hidangan pembuka, camilan, makanan utama, hidangan penutup, dan minuman secara bergantian. Tidak ada salahnya menggunakan menu makanan kesukaan keluarga sebagai hidangan utamanya. Jangan lupa sediakan kurma yang banyak untuk berbuka puasa.

Buat Susunan Acara Menarik

Supaya acara buka bersama menjadi kian berkesan, Anda bisa membuat susunan acara yang menarik. Berbuka puasa bareng jangan cuma kumpul-kumpul saja karena rasanya pasti akan sangat monoton, mainstream, serta membosankan. Anda harus berpikir lebih kreatif untuk membikin acara tersebut semakin menyenangkan tetapi juga bermanfaat bagi semua orang. Contohnya acara dimulai dengan mendengarkan ceramah atau mengaji bersama, berbuka ringan, shalat, makan bersama, dan hiburan.