7 Tips Mudah Menata Lemari Pakaian Supaya Gak Berantakan Lagi

Kita semua tentu membutuhkan lemari sebagai tempat penyimpanan berbagai barang. Berkat lemari ini, kita bisa menyimpan aneka barang dengan mudah. Namun disadari atau tidak, lemari menjadi salah satu penyebab utama suatu ruangan menjadi berantakan. Hal ini terjadi pada semua jenis lemari,  termasuk  di antaranya lemari pakaian. Lemari pakaian adalah lemari yang paling mudah berantakan dibandingkan dengan lemari lainnya. Sering kali pakaian-pakaian di dalamnya berserakan tak beraturan.

Anda tentu tak boleh membiarkan kondisi ini berlarut-larut. Lemari pakaian yang terus-menerus menjadi berantakan ini tidak boleh Anda biarkan selamanya. Selain membuat suasana ruangan menjadi kurang nyaman dan tidak rapi, pakaian Anda yang disimpan di dalam lemari tersebut juga akan cepat rusak bila Anda tidak menatanya dengan benar. Sebelum Anda menata ulang pakaian-pakaian di lemari, sebaiknya perbaiki dahulu masalah yang mungkin dialami oleh lemari tadi karena terus-menerus berantakan.

Kami mempunyai 7 tips berguna yang bisa Anda coba untuk merapikan isi di dalam lemari pakaian dan menjaga kondisinya supaya tidak mudah berantakan lagi!

  1. Singkirkan Pakaian yang Sudah Tidak Dikenakan

Langkah pertama yang mesti dilakukan yaitu menyingkirkan semua pakaian yang sudah tidak dikenakan lagi. Jika ada pakaian yang tidak pernah dipakai dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, itu tandanya Anda tidak membutuhkannya lagi sehingga wajib mengeluarkan pakaian tersebut dari dalam lemari. Jangan dibuang ya! Cobalah berbagi dengan orang lain yang memang membutuhkan. Jangan biarkan pakaian tersebut menumpuk di lemari dan berakhir layaknya sampah. Anda tentu tidak ingin lemari tersebut tampak berantakan seperti ini lagi kan? Jadi relakanlah pakaian tersebut pergi.

  1. Tempatkan Pakaian yang Sering Digunakan di Bagian yang Strategis

Apakah Anda sering menggunakan kaos dan celana jeans untuk mendukung aktivitas sehari-hari? Kedua jenis pakaian ini memang terasa sangat nyaman dan cocok dikenakan dalam situasi apapun, baik formal maupun informal. Kalau mau lemari Anda tidak mudah berantakan lagi, pastikan semua pakaian favorit Anda diletakkan di bagian sudut lemari yang paling gampang ditemukan. Alternatif lainnya yaitu Anda pun dapat menggantungkannya, menaruhnya di lipatan paling atas, atau pakaian-pakaian ini bisa juga dipisahkan ke dalam lemari tersendiri.

  1. Mengelompokkan Pakaian Berwarna Sama

Cara lain untuk menata lemari pakaian dengan mudah adalah dengan mengelompokkan semua pakaian yang berwarna sama ke dalam sebuah kelompok. Contohnya yaitu kaos yang berwarna biru dapat Anda sandingkan bersama dengan kaos yang berwarna biru lainnya. Begitu juga dengan celana hitam, celana ini sebaiknya diletakkan bertumpukan dengan celana hitam yang lainnya. Melalui cara ini, Anda tidak hanya bakal lebih mudah menemukan pakaian yang diinginkan, tapi penampilan lemari pakaian tersebut juga akan terlihat lebih bergaya.

  1. Simpan Jaket dan Pakaian Berukuran Besar di Lemari Tersendiri

Tips ini bakal sangat berguna apabila Anda memiliki lemari pakaian yang ukurannya tidak terlalu besar. Ada baiknya sih Anda memilih dengan baik mana saja pakaian-pakaian yang hendak disimpan di dalam lemari tersebut. Jangan menyimpan jaket dan pakaian Anda yang berukuran besar di lemari ini. Kami sarankan simpanlah jaket-jaket Anda yang berukuran besar ke dalam wadah tersendiri. Anda dapat memanfaatkan kotak atau keranjang penyimpanan khusus. Selain membuat ruangan di lemari terasa lebih lega, trik ini juga akan menyediakan lebih banyak ruangan tersisa untuk digunakan sebagai tempat menyimpan pakaian yang lainnya.

  1. Gunakan Satu Model Gantungan Pakaian

Salah satu trik ampuh yang jarang disadari untuk membuat suasana di dalam lemari menjadi lebih rapi adalah menggunakan satu jenis gantungan baju (hanger). Misalnya nih jika Anda menggunakan hanger yang terbuat bahan kayu, maka gunakanlah hanger kayu untuk semuanya. Begitu juga pada saat Anda memakai hanger plastik atau hanger kawat, gunakan hanger yang sama persis. Gantungan hanger yang penampilannya senada ini akan menciptakan sebuah visualisasi yang konsisten. Manfaatnya yaitu lemari pakaian Anda akan terlihat lebih rapi sebab penampilan bagian atas lemari tersebut sama semua.

  1. Buat Tempat Khusus untuk Aksesori

Disarankan untuk menyediakan lemari khusus untuk menyimpan berbagai aksesori pakaian yang Anda miliki. Conothnya seperti ikat pinggang, tas, sepatu, dan dasi harus disimpan di tempat tersendiri agar tidak mengganggu lemari pakaian Anda. Sering kali aksesori yang berukuran kecil ini justru membuat suasana ruangan di dalam lemari pakaian menjadi berantakan karena Anda asal-asalan menyimpannya. Sebaiknya sih simpanlah benda-benda ini di tempat khusus yang gampang ditemukan serta tidak tersembunyi. Anda bisa menggantungkan ikat pinggang pada pengait, menyusun sandal dan sepatu di rak tersendiri, serta menyediakan lemari khusus menempatkan koleksi tas.

  1. Melipat Pakaian dengan Rapi

Melipat pakaian Anda ke dalam susunan yang rapi lebih kami rekomendasian daripada menggantungkan pakaian-pakaian tersebut. Tanpa Anda sadari tumpukan pakaian yang rapi ini mampu menciptakan sebuah pemandangan yang menarik dan mampu meningkatkan mood kita sehari-hari. Khusus untuk pakaian yang terbuat dari kain dengan serat yang mudah rusak, usahakanlah Anda melipatnya serapi mungkin supaya awet dan tidak cepat rusak. Sebagai contoh, sweater dan jeans harus dilipat rapi lalu dikelompokkan sesuai warnanya. Dengan melipat pakaian-pakaian tersebut, lemari pakaian Anda akan nampak jauh lebih rapi.