4 Tips Membuat Desain Ruangan Minimalis yang Khas Banget

Belakangan ini desain ruangan minimalis begitu populer di Indonesia. Khususnya di daerah perkotaan, ada banyak rumah yang mengusung konsep minimalis ini untuk ruangan-ruangannya. Desain minimalis merupakan suatu desain yang mengedepankan unsur kesederhanaan di dalam penataannya. Suasana sederhana ini ditata dengan sangat apik dan modern sehingga nampak sangat menawan. Meski terlihat sederhana, namun ruangan minimalis ini tetap terlihat menarik dan indah sekali.

Desain ruang minimalis biasanya lebih berfokus pada permainan bentuk geometris yang tegas. Bentuk-bentuk yang tegas dan jelas menjadi unsur utama pembentuk desain ini. Oleh sebab itulah, pada interior ruangan minimalis, suasananya terlihat agak kaku. Namun dengan siasat yang jitu, Anda bisa menghalau kekauan tersebut, lalu menjadikannya sebuah pemandangan yang unik. Caranya dengan memainkan unsur-unsur desain minimalis ini supaya nampak lebih dinamis dan tidak membosankan.

Apabila Anda berniat membangun interior rumah dengan konsep minimalis ini, berikut ini beberapa ide dasar yang bisa Anda terapkan di rumah :

  1. Warna Khas Minimalis

Dalam menata ruang minimalis, warna hitam dan putih merupakan warna dasar yang harus ada. Kalau mau lebih menarik lagi, warna ini bisa Anda ganti dengan turunan warna dari paduan hitam dan putih. Misalnya abu-abu. Tempatkan warna-warna ini pada sudut ruangan yang strategis. Cobalah di meja, rak dinding, kursi, hiasan, atau yang lainnya. Sementara itu, untuk menghindari kesan monoton, Anda bisa mengimbanginya dengan menggunakan warna favorit pada dinding, lantai, dan langit-langit.

  1. Bentuk Geometris Khas Minimalis

Desain minimalis sering disebut juga dengan istilah “simple geometry”. Artinya, Anda bisa membuat hiasan ruangan hanya dengan menempatkan suatu bangun geometri baru yang diciptakan dari bentuk persegi panjang dan bujur sangkar. Trik ini sudah lebih dari cukup untuk menciptakan suasana minimalis yang kental namun tetap bergaya. Selain itu, tampilan interior minimalis juga dapat dihasilkan dari penciptaan ruang yang terbuka dan penuh dengan cahaya.

  1. Faktor Kenyamanan

Apabila Anda kesulitan menciptakan ruang minimalis yang nyaman, cobalah mencari referensi dari majalah arsitektur modern. Anda bisa meniru berbagai contoh ide rumah minimalis yang hebat dari sana. Dalam menciptakan ruang keluarga minimalis yang nyaman, cobalah untuk menanyakan pada diri sendiri, bisa tidak ya saya beristirahat dalam waktu lama di ruangan ini? Konsep minimalis tidak harus menempatkan barang seminim mungkin. Ada banyak furnitur yang bisa Anda buat secara built-in sehingga memungkinkan Anda mendapatkan paduan sisi minimalis dan sisi kenyamanan dari ruangan yang cantik.

  1. Bahan Material yang Digunakan

Bahan material yang umum digunakan untuk konstruksi bangunan minimalis adalah baja dan beton. Kedua material ini dikenal kokoh dan memiliki tekstur yang sempurna. Sedangkan, untuk furnitur yang sering digunakan yaitu furnitur yang terbuat dari bahan kaca, kulit, plastik, kayu, berteknologi tinggi, stainless steel, nikel, kuningan, krom, dan bahan logam lainnya. Permainan jenis material yang beraneka rupa ini sanggup membawa keindahan tersendiri ke dalam ruangan.

Setelah mengetahui unsur-unsur pembentuk desain minimalis dan teknik dasar untuk membuat konsep minimalis, sekarang lah saatnya kita mulai mengubah suasana ruang keluarga Anda menjadi berkonsep minimalis nan nyaman. Agar suasana elegan ruang keluarga masih bisa terjaga, salah satunya Anda bisa menggunakan perabotan minimalis yang mewah dan terlihat mahal. Contohnya seperti kursi sofa yang empuk serta meja kopi dengan ukuran yang proporsional.

Berikut ini beberapa rekomendasi furnitur atau perabotan yang bisa Anda tempatkan di dalam ruang keluarga bergaya minimalis, di antaranya :

  • Satu set kursi kecil berwarna netral
  • Lampu berdiri berbentuk kotak
  • Lukisan dengan bingkai bergaya minimalis
  • Karpet berwarna merah
  • Hiasan dari pot dan bunga
  • Kursi yang terbuat dari kayu jati tanpa ornamen

Silahkan Anda pilih salah satu atau gabungan dari beberapa objek di atas sebagai penambah suasana ruang keluarga Anda. Jangan lupa untuk menambahkan benda-benda berseni agar suasana ruang keluarga bisa semakin lebih hidup lagi. Setelah Anda selesai menata ruang keluarga, jangan lupa juga untuk menyentuh desain ruangan Anda yang lainnya. Terutama untuk bagian ruang tamu ya, di mana ruangan menjadi perhatian utama orang-orang yang datang ke rumah.