3 Langkah Membuat Desain Interior Rumah Kontemporer dan Tips-triknya

Anda dapat membuat desain rumah kontemporer untuk menciptakan rumah yang begitu stylish. Secara prinsip, gaya kontemporer ialah gaya yang bersifat kekinian. Segala sesuatu yang sedang trendy saat ini semuanya diterapkan pada rumah kontemporer. Hasilnya yaitu desain rumah pun akan terlihat menarik sekali tatkala mengusung konsep kontemporer ini. Penampilan rumah Anda benar-benar penuh dengan gaya. Tak ada yang percuma di sini. Semuanya bekerja dengan baik dan tampil begitu menarik.

Desain rumah kontemporer kelihatannya mirip seperti desain rumah modern. Persamaan keduanya ada di pemanfaatan barang-barang yang bersifat kekinian. Bedanya adalah rumah kontemporer memakai semua elemen desain yang tengah nge-trend. Sedangkan rumah modern berfokus pada semua hal yang bersifat modern dan futuristik saja. Ini merupakan standar utama dalam rumah bergaya kontemporer. Anda mesti memegangnya dengan baik saat membuat desain kontemporer tersebut.

Di dalam pembangunan rumah bergaya kontemporer, Kunci utamanya adalah kreativitas Anda untuk menciptakan rumah yang unik, trendy, dan berbeda dengan gaya desain rumah yang lain. Bagaimana sih cara membuatnya? Silakan ikuti 3 langkah mudah di bawah ini!

Sebelum Pembangunan Desain

Jika Anda berniat membangun desain rumah yang baru, Anda bisa memanfaatkan semua teknologi yang sudah ditemukan saat ini untuk menciptakan kesan kontemporer tersebut. Misalnya Anda bisa memilih perangkat elektronik yang canggih, tetapi juga hemat energi dan ramah lingkungan. Sehingga setidaknya Anda telah mampu menghemat energi di rumah sampai lebih dari 15 persen. Pilihan model arsitektur rumah yang ramah lingkungan lainnya adalah rumah yang memiliki banyak jendela sehingga tidak perlu menambahkan AC lagi. Pastikan pembangun jaringan listriknya juga disusun dengan benar dan rapi.

Perancangan Interior Rumah

Tren rumah kontemporer yang sedang berkembang saat ini yaitu mengembangkan ruang tamu dan ruang makan sebagai ruang serbaguna yang mampu mendukung aktivitas semua anggota keluarga di rumah. Kemudian posisi dapur biasanya diletakkan di belakang ruangan ini. Dan untuk dekorasi ruang keluarganya terdiri atas televisi, tempat bermain anak, dan meja komputer. Fungsi kamar tidur sebatas digunakan sebagai ruangan untuk tempat tidur saja, tidak lebih dari itu. Apabila keluarga lebih sering menghabiskan waktu di ruang serbaguna, maka bisa ditambahi dengan perlengkapan CCTV.

Proses Dekorasi Interior

Secara keseluruhan, tampilan desain kontemporer berupa garis bersih dengan permukaan yang halus. Pada bagian lantai menggunakan lantai kayu, laminasi, atau marmer. Pemilihan karpet yang ideal untuk gaya kontemporer adalah karpet yang mempunyai ketebalan yang tipis dan ringan. Begitu pula pada pemilihan lemari, sebisa mungkin lemari tersebut tampil sederhana tanpa banyak ornamen ukiran yang menghiasinya. Furnitur berbahan stainless steel juga bisa membangkitkan cita rasa yang lebih modern. Tiang-tiang rumahnya pun tampil polos, sederhana, dan apa adanya. Sedangkan untuk hiasan dinding, Anda bisa memilih lukisan dan ornamen yang bergaya abstrak.

Bagi Anda yang tertarik untuk membangun rumah bergaya kontemporer, Anda bisa memperhatikan tips dan trik di bawah ini dalam pembuatan desain rumah tersebut, di antaranya :

  • Warna-warni yang Netral

Sebaiknya pilih warna yang berjenis netral, atau berada di antara skala warna putih dan hitam. Permainan warna dilakukan sebagai aksen dinding, pembuatan fokus ruangan, maupun sebagai warna dominan. Fungsi pemakaian warna ini untuk menciptakan keseimbangan suasana dengan permainan warna yang dilakukan secara harmonis.

  • Furnitur dari Bahan Kayu

Furnitur kayu yang tampilannya sederhana sangat cocok diterapkan pada rumah kontemporer. Warna yang digunakan adalah cokelat dengan pengolahan yang lebih sederhana. Secara kasat mata, bentuk furnitur harus tegas dan jelas serta sering mengadopsi bentuk khas alam. Untuk pemilihan lemari, pilih lemari yang memiliki laci berjumlah banyak guna menyembunyikan kesan ruangan yang sesak.

  • Konsisten dengan Kontemporer

Semua sudut rumah harus mempertahankan konsep kontemporer. Termasuk di antaranya pintu, jendela, lantai, dan lain-lain. Penambahan pintu utama yang terbuat dari besi sangat berguna sebagai pelindung pintu utama dari kayu. Karpet dan gorden membantu menghidupkan suasana dekorasi di dalam ruangan.

  • Pencahayaan yang Kreatif

Aspek pencahayaan merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam konsep desain ini. Sebab cahaya mampu menyatukan suasana interior rumah menjadi lebih harmonis. Adapun pencahayaan yang digunakan berupa lampu utama, lampu sudut, dan lampu dinding. Pastikan juga Anda memberikan cahaya yang lebih terang pada elemen yang menjadi titik fokus ruangan.

Gunakan ide-ide dasar di atas untuk membuat desain rumah kontemporer yang terbaik menurut versi Anda. Selalu konsisten dalam pemilihan jenis desain karena akan membantu Anda dalam menciptakan suasana rumah idaman yang menjadi impian Anda selama ini. Selamat mencoba.