4 Trik Apik untuk Anda yang Punya Ruang Tamu Ukuran Kecil

Guna membuat suasana yang nyaman di dalam ruang tamu yang berukuran mungil biasanya dikerjakan dengan membuat kesan ruang yang lebih luas atau lapang daripada ukuran yang sebenarnya. Salah satu solusi yang paling banyak diambil adalah menggunakan perabotan yang bersifat multifungsi. Contohnya meletakkan meja tamu yang bisa dipergunakan sebagai tempat penyimpanan koran. Agar tidak terlihat kuno, desain furniture di ruang tamu ini juga biasanya dimodifikasi terlebih dulu sehingga lebih modern. Pilihlah furniture yang tepat untuk mendukung ruang tamu yang mungil tersebut.

Kendati ruang tamu di rumah Anda berukuran mungil, namun Anda harus tetap menatanya dengan baik. Ruang tamu tersebut bisa Anda dekorasi sedemikian rupa supaya mempunyai suasana yang nyaman dan menenangkan. Selain itu, Anda juga mampu menciptakan dekorasi ruang tamu yang terlihat lebih luas di dalam ruangan sebenarnya berukuran kecil serta mungil ini loh. Melalui proses penataan ruangan yang tepat, Anda bisa membuat ruang tamu mungil ini menjadi terasa jauh lebih nyaman dengan penampilan yang begitu menawan. Anda harus mencobanya sendiri untuk membutikannya.

Di bawah ini merupakan kiat-kiat cerdas bagaimana caranya menata ruang tamu mungil supaya terlihat bergaya sekaligus nyaman untuk ditempati! Ini merupakan langkah-langkah mudah yang bisa Anda coba kerjakan dengan baik untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman.

Pilihlah Furniture yang Paling Sesuai Ruangan

Kalau Anda ingin membeli furniture baru untuk diletakkan di ruang tamu ukuran mungil, pertimbangkan dulu fungsi dan ukuran furniture tersebut dengan baik. Pemilihan furniture yang tepat dapat menambah nilai ruangan sekaligus menjaga ruangan tersebut tetap terlihat lebih luas. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda gunakan dalam memilih furniture yang tepat :

  • Gunakan furniture yang multifungsi. Sebagai contoh ottoman misalnya, selain berfungsi sebagai kursi tambahan, Anda juga bisa memanfaatkannya menjadi meja tamu yang cantik dengan cara menghiasi bagian atasnya menggunakan nampan dekoratif.
  • Gunakan perabotan yang berukuran kecil dan portable. Sebagai contoh, ubahlah dinding ruang tamu Anda menjadi sebuah lemari penyimpanan yang tersembunyi. Pemanfaatan lainnya adalah dengan memasang dinding ruang tamu yang portable. Anda bisa dengan mudahnya menyatukan ruangan di sebelahnya ada banyak tamu yang mampir ke rumah.

Furniture yang Tak Menghalangi Lalu Lalang

Tambahkan hiasan yang memiliki sudut yang melengkung. Efek lengkungan dapat menciptakan suasana yang lembut serta tidak kaku. Selain itu, penempatan aksesori jenis ini juga biasanya berupa meja yang berbentuk bundar untuk menghadirkan kesan ruangan yang lebih dinamis.

  • Ruang kecil tak harus selalu dihiasi dengan furniture berukuran kecil. Justru terkadang furniture berukuran besar akan menciptakan fokus ruangan yang menarik sehingga dapat menghidupkan suasana ruangan di dalamnya.
  • Sebaliknya pemilihan furniture yang berukuran kecil saja malah akan membuat ruang tamu tadi bakal terlihat berantakan dan tak menyatu satu sama lain. Agar furniture besar ini tidak terlihat memenuhi seluruh sudut ruang tamu, triknya adalah melalui pemilihan bentuk dan warna.

Buatlah Media Penyimpanan dengan Cerdas

Di beberapa rumah, ruang tamu tak hanya digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu saja. Untuk rumah mungil khususnya, alangkah lebih bagus jika ruang tamu yang ada mempunyai fungsi tambahan. Salah satunya adalah menjadikan ruang tamu sebagai tempat menyimpan barang-barang berharga yang Anda miliki. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini!

  • Pilih kursi dengan sandaran tinggi untuk menutupi dimensi ruangan di belakangnya. Tempatkan meja yang memiliki rak atau laci di bawahnya.
  • Jadikan rak buku sebagai partisi ruangan untuk menciptakan suasasna ruang tamu yang tenang. Bagian atas rak buku yang rendah juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan hiasan ruangan.
  • Tarik sofa ke tengah ruangan untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih longgar.
  • Jangan biarkan ruang tamu di rumah Anda terlihat berantakan.

Pelajari Ilmu Desain serta Mengaplikasikan

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menambah dimensi ruang tamu hanya melalui pemilihan warna atau penataan cahayanya saja yang tepat? Penggunaan warna yang benar dan cahaya maksimal ternyata bisa membuat ruangan seolah-olah terlihat lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Cobalah teknik berikut ini untuk tips lebih lengkapnya ya!

  • Buat titik fokus yang kuat di dalam ruang tamu. Anda dapat menempatkan TV plasma, akuarium, atau tanaman hias di ruang tamu.
  • Warna yang mampu menciptakan kesan ruangan yang luas adalah warna yang bercahaya, alami, dan cenderung pucat. Sebagai contoh, warna biru langit, abu-abu yang cenderung putih, krem, hijau muda, dan lain-lain. Agar ruangan tidak terlalu kaku, Anda bisa menggoreskan warna gelap secara vertikal di bagian tengah dinding.
  • Salah satu tanda Anda berhasil mendesain ruang tamu mungil ini terlihat dari sudut ruang yang bisa memperoleh cahaya. Pastikan ruang tamu memiliki jendela dan ventilasi yang cukup supaya cahaya dan udara bisa masuk dengan leluasa. Gunakan hiasan yang mengkilap untuk menambah volume dari ruang tamu Anda.