Yuk, Atur Sendiri Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran Kecil Versi Anda!

Membangun desain ruang interior dengan konsep minimalis memang sangat menantang. Anda dapat memanfaatkan begitu banyak ide untuk diaplikasikan ke dalam kamar tidur ini agar membuatnya tampil cantik dan menarik. Melalui ide-ide segar dan harmonisasi aneka perabotan di dalam kamar tidur, maka suasana kamar yang nyaman bisa diwujudkan dengan sempurna tanpa Anda harus memperluas ruangan tersebut untuk membuatnya lebih besar. Yap, desain sanggup menyulap kamar tidur berukuran kecil menjadi nampak lebih lapang dan terasa nyaman sekali.

Menentukan desain kamar tidur yang ingin dibuat merupakan langkah awal yang wajib dipertimbangkan dengan baik. Khusus untuk kamar tidur yang ukurannya mungil, kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menerapkan desain kamar tidur minimalis. Mengapa  harus memakai desain minimalis? Apakah kelebihan dari desain interior yang satu ini? Konsep ruangan minimalis memang cocok sekali digunakan dalam mendekorasi kamar tidur kecil. Salah satu manfaatnya yaitu desain minimalis sanggup membuat ruangan berukuran kecil terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Dalam mendesain kamar tidur minimalis, pekerjaan pertama yang mesti Anda lakukan yaitu pemilihan warna yang tepat. Rumah minimalis pada hakikatnya ialah rumah yang sederhana, namun tetap terlihat mewah. Sebisa mungkin warna cat dinding yang Anda pilih mampu mewujudkan fungsi tersebut. Anda bisa mencoba pilihan warna-warni khas alam, tanah, atau logam. Berhubung ini merupakan kamar tidur, Anda bisa memadukannya dengan warna kesukaan pribadi untuk memberikan kesan personal. Pakailah warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem untuk membuat kombinasinya tetap harmonis.

Aspek pencahayaan juga tidak boleh Anda pandang sebelah mata. Sebab bagaimana pun pencahayaan yang baik dapat menciptakan desain dan suasana yang sesuai keinginan serta membuat ruangan terasa begitu nyaman. Anda harus memaksimalkan cahaya alami dari sinar matahari supaya bisa masuk dengan leluasa ke dalam ruangan ini. Sementara untuk pencahayaan buatannya, lampu dengan sinar berwarna   keputih-putihan merupakan pilihan yang paling tepat. Lampu jenis ini tidak hanya membuat seisi kamar terlihat terang-benderang, tapi juga mampu menghasilkan kesan ruangan yang lapang.

Tugas Anda yang berikutnya adalah menentukan jenis lantai yang akan digunakan di dalam kamar tidur. Beruntung sekali Anda karena saat ini sudah ada begitu banyak pilihan lantai yang menarik di pasaran. Anda tinggal memilih lantai yang cocok untuk tampilan kamar tidur minimalis. Ingat, ruangan minimalis membutuhkan penampilan yang sederhana tetapi berkelas. Untuk menciptakan suasana yang hangat di dalam kamar tidur, Anda bisa menggunakan lantai dari kayu. Sedangkan pilihan lantai ubin, keramik, dan granit bisa dipakai untuk membuat ruangan minimalis yang dingin dan mewah.

Anda bisa mulai membuat sebuah desain kamar tidur yang bergaya minimalis menggunakan panduan dan kiat-kiat di bawah ini ya!

  • Gunakan furnitur yang berukuran kecil agar ruang kamar tidur Anda tak terlalu sesak dan penuh. Sebagai contoh kalau sebelumnya Anda menggunakan lemari yang memiliki tiga pintu, cobalah untuk menggantinya dengan lemari berpintu dua tetapi dimensinya lebih tinggi.
  • Cobalah meletakkan sebuah furnitur yang eye-catching di sudut-sudut ruangan kamar tidur guna menghilangkan kesan dinding yang terputus di bagian tengah-tengah lipatannya. Trik ini ampuh sekali digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.
  • Anda bisa menambahkan lemari yang memiliki laci-laci kecil ke dalam kamar tidur. Fungsinya tak lain untuk menyimpan barang-barang pribadi sehingga suasana kamar pun akan selalu terlihat rapi. Dengan kondisi ruangan yang bersih, kamar tidur akan terasa lebih nyaman.
  • Ciptakan sebuah ide kreatif untuk membuat setiap perabotan yang disimpan di dalam kamar tidur mempunyai fungsi tambahan. Misalnya nih Anda bisa membuat lemari tambahan di bagian kolong tempat tidur, lalu memanfaatkannnya sebagai tempat penyimpanan barang.
  • Disarankan untuk memilih lemari pakaian yang menggunakan pintu geser supaya ketika Anda membukanya, pintu lemari tersebut tak mempersempit ruangan. Anda juga bisa menambahkan cermin ke dalam kamar untuk menciptakan kesan ruangan yang tidak terbatas.
  • Dalam menata kamar tidur bergaya minimalis pada ruangan yang cenderung berukuran sempit, Anda jangan lupa untuk menambahkan elemen kaca pada salah satu bagian dinding kamar tidur. Trik ini mampu menghasilkan suasana yang lebih luas dan melegakan.