Tips Dasar Membuat Desain Kamar Mandi yang Nyaman, Silakan Anda Mencobanya!

Mendesain kamar mandi tidak hanya sebatas mengubah tampilannya saja. Tetapi ada hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan. Apakah itu? Tak lain yaitu membuat ruangan tersebut terasa lebih nyaman daripada sebelumnya. Apalagi jika kamar mandi di rumah Anda merupakan ruangan yang dipakai secara bersama-sama. Tentunya Anda harus menyamakan suasana di dalam kamar mandi ini sesuai dengan selera seluruh anggota keluarga. Anda mesti merencanakan desainnya dengan baik.

Sangat dianjurkan untuk mendesain kamar mandi Anda dengan konsep yang mampu membuat semua penghuni di dalamnya merasa nyaman. Yap, Anda mesti mengedapankan faktor kenyamanan ruangan kamar mandi tersebut daripada aspek-aspek yang lainnya. Buatlah sebuah kamar mandi yang benar-benar terasa nyaman sehingga Anda sekeluarga dapat menikmati momen mandi dengan nyaman seperti halnya mandi di tengah-tengah lingkungan alam yang terbuka. Dijamin bakal asyik banget deh!

Penasaran bagaimana caranya mendesain kamar mandi supaya nyaman? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan sebuah kamar mandi yang sempurna bagi keluarga tercinta!

Mengapa Anda Harus Menata Ulang Kamar Mandi?

Selain merupakan salah satu ruangan yang penting (harus ada) di sebuah rumah, kamar mandi juga mampu mempengaruhi nilai atau harga jual sebuah rumah. Semakin cantik kamar mandi yang dimiliki oleh suatu rumah, maka semakin tinggi pula nilai jual rumah tersebut. Oleh sebab itulah, untuk menata dekorasi ruangan ini perlu pertimbangan yang matang. Baik itu dari segi sanitasi dan kelengkapan fasilitasnya, maupun pemilihan lantai dan warna dinding yang dipergunakan. Anda bisa mencari referensi seputar desain kamar mandi yang cantik dari ahlinya agar biaya yang dikeluarkan untuk mendesain ruangan ini bisa ditekan semaksimal mungkin.

Buat Sefleksibel dan Senyaman Mungkin

Untuk mendesainnya, jangan pernah bertanya pada diri Anda tentang barang apa saja yang tidak ada di kamar mandi. Hal ini akan semakin menjauhkan suasana kamar mandi Anda dari kesan fleksibel. Lebih dianjurkan Anda membuat sebuah kamar mandi yang nyaman untuk digunakan sampai beberapa waktu mendatang. Ada baiknya juga jangan menghilangkan bak mandi lalu menggantinya dengan shower. Sebab kemungkinan besar jika Anda ingin menjual rumah, kebanyakan orang lebih suka kamar mandi dengan bak ketimbang shower. Maka untuk mengatasi kemungkinan hal ini, Anda bisa menempatkan bak sekaligus shower di satu kamar mandi. Desain ini jauh lebih bagus.

Pastikan Kamar Mandi Selalu Rapi

Jika ada sisa ruangan yang cukup luas di dalam kamar mandi, daripada membiarkan ruang ini kosong, berikanlah sedikit sentuhan gaya di sana. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mendesain interior kamar mandi semakin menarik dengan memanfaatkan ruangan sisa ini dengan baik. Cobalah untuk meletakkan furnitur tambahan sebagai aksesoris ruangan tambahan di sana. Namun ingat furnitur tersebut harus benar-benar aman dan bersifat anti-air ya. Sehingga selain menambah nilai desain, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan rain. Misalnya untuk meletakkan peralatan mandi.

Buatlah Ruangan Terasa Lebih Luas

Gunakan semua tips desain yang pernah kami share sebelumnya untuk membuat kamar mandi Anda sesuai dengan impian selama ini. Anda bisa mengatur pencahayaan, meletakkan cermin ukuran besar, menggunakan warna cat dinding pucat, memilih lantai keramik yang sesuai, serta pemilihan model jendela yang tepat. Apalagi kalau ukuran kamar mandi di rumah Anda tidak terlalu luas, semua tips ini bisa membantu Anda karena mampu menghilangkan kesan sempit dan kecil dari sebuah ruangan. Anda dapat mengaplikasikannya dengan benar serta menyesuaikannya menurut selera.

Gunakan Jasa Desainer Rumah

Tidak ada salahnya meminta bantuan jasa interior desainer untuk mendesain rumah Anda, termasuk pada ruangan kamar mandi. Sebab kenyataannya tidak semua pekerjaan mendesain kamar mandi ini bisa Anda lakukan seorang diri. Beberapa aspek perlu mendapatkan saran dan masukan dari para ahli. Sebagai contoh adalah memasang ubin dan instalasi listrik yang membutuhkan tenaga ahli agar hasilnya lebih rapi. Yang terpenting, Anda mesti menyesuaikan pengeluaran biaya untuk renovasi sesuai dengan perkiraan biaya sebelumnya. Cara ini jauh lebih menghemat anggaran daripada Anda mendesain kamar mandi secara asal-asalan.