Butuh Inspirasi Desain Halaman Belakang yang Unik? Kami Punya 8 Ide Buat Anda

Beruntung sekali apabila rumah Anda menyisakan sebidang tanah kosong di bagian belakangnya. Sebab Anda dapat memanfaatkan halaman belakang tersebut menjadi sebuah pekarangan yang unik. Pastinya keberadaan halaman yang menarik ini bisa menjadi keunggulan tersendiri dari rumah tinggal Anda. Ada begitu banyak ide yang dapat diaplikasikan pada halaman tersebut. Apa saja? Mulai dari menjadikannya sebagai ruangan serbaguna, taman bunga, kebun sayuran, kebun buah-buahan, kolam renang, tempat meditasi, dapur terbuka, ruang bermain bagi anak-anak, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi sebelum Anda mulai mendesain halaman belakang tersebut, sebaiknya Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini terlebih dahulu.

  • Apa yang ingin Anda lakukan di halaman belakang?
  • Apakah Anda akan membuatnya sebagai tempat berpesta kebun bersama dengan teman-teman?
  • Atau menjadikannya sebagai sebuah tempat yang ideal untuk bersantai dan menenangkan diri setelah seharian bekerja?
  • Atau membangun sebuah wahana permainan yang menarik untuk anak-anak?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka Anda bisa membuat sebuah halaman belakang yang mempunyai konsep yang unik dan menarik, serta pastinya bermanfaat bagi Anda sekeluarga dan orang-orang yang datang berkunjung. Kami jamin keberadaan halaman belakang tersebut akan semakin menyempurnakan kenyamanan desain rumah Anda secara menyeluruh.

Ruangan Serbaguna

Kebanyakan orang akan memanfaatkan area di belakang rumahnya sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas. Yap, halaman belakang tersebut disulap menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk mengerjakan banyak kegiatan. Misalnya sebagai tempat untuk bersantai, ruangan berkumpul, ruangan berdiskusi, tempat menyimpan barang-barang, atau keperluan yang lainnya. Apabila Anda juga berpikir untuk menggunakan halaman belakang dengan cara demikian, maka cobalah terapkan konsep membuat interior ruangan yang serbaguna. Hanya saja di sini ruangannya berada di luar rumah ya.

Taman Bunga

Taman bunga di belakang rumah sejatinya dibuat dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi tanah yang telah anda miliki. Ide ini sangat bagus diterapkan khususnya untuk rumah yang berada di daerah pegunungan, di mana kontur permukaan tanahnya miring. Anda mungkin sulit menjadikannya sebagai ruangan untuk beraktivitas, tetapi tanah miring ini justru bagus sekali dibuat menjadi taman. Biasanya taman bunga dengan permukaan tanah seperti ini dibuat dengan mengusung konsep terasering agar lanskap yang tercipta pun nampak cantik sekali. Pemasangan pagar yang mengelilingi taman tersebut juga diperlukan guna menjaga keindahannya.

Kolam Renang

Walaupun tingkat pemeliharaannya yang paling rumit dibandingkan dengan ide-ide di atas, tetapi ide membuat kolam renang di belakang rumah kenyataannya paling banyak dipilih. Adanya kolam renang yang melengkapi rumah Anda akan menjadi wahana hiburan bersama keluarga serta tempat bermain anak-anak yang menyenangkan. Saat memasang pagar, pastikan ketinggiannya mampu menjaga privasi Anda sekeluarga ketika berada di kolam renang tersebut. Selain itu, pemeliharaan dan pembersihan lantai dasar kolam juga harus diperhatikan dengan baik agar kolam senantiasa bersih dan menarik.

Dapur dan Ruang Makan

Apabila Anda sering mengadakan jamuan makan di rumah, bakal lebih bagus jika Anda membuat sebuah dapur yang menarik. Anda dapat membangun dapur yang menyatu dengan ruang makan yang dibuat dengan konsep terbuka.  Di mana tempatnya? Anda bisa membuat ruangan tersebut di area belakang rumah. Pembangunan dapur ini tak usah ditutup dengan partisi apapun. Buatlah dapur yang menghadap langsung ke arah halaman. Kemudian halaman tersebut bisa Anda sulap menjadi ruang makan bergaya natural. Tambahkan perabotan makan tradisional supaya nuansa alaminya semakin terasa.

Ruangan Meditasi

Untuk membuat ruangan meditasi di halaman belakang rumah, Anda dituntut bisa menciptakan sebuah ruangan yang damai, tenteram, sekaligus menenangkan. Sehingga ruangan tersebut cocok dimanfaatkan sebagai ruangan untuk bermeditasi, menenangkan diri, serta melepas kepenatan dan kejenuhan kerja. Tapi syarat utamanya yaitu suasana di halaman belakang rumah Anda dan sekitarnya harus mendukung ya. Anda dapat memulainya dengan menambahkan berbagai elemen yang mampu menstimulasi pikiran dan perasaan Anda ke dalam halaman belakang rumah tersebut.

Ornamen Air

Yang kami maksud sebagai ornamen air di sini misalnya air terjun buatan, air mancur, serta kolam ikan. Selain mampu menciptakan suasana yang lebih menarik, keberadaan ornamen air di halaman belakang rumah ini juga bisa membuat suasananya menjadi tenang. Suara gemericik air yang mengalir mampu mempengaruhi pikiran orang di sekitarnya sehingga membuatnya merasa lebih nyaman. Ornamen air yang bisa Anda buat berupa air terjun dan air mancur, atau kolam ikan koi. Jangan lupa untuk membuat suasananya menjadi semakin alami dengan menambahkan bebatuan ke dalamnya.

Kebun Buah dan Sayuran

Tidak ada aturan yang baku untuk membuat kebun di belakang rumah. Anda bebas membuatnya sesuai dengan selera pribadi Anda sekeluarga. Anda bisa mengombinasikan berbagai tanaman bunga, tanaman buah, tanaman sayur, tanaman obat, dan tanaman hias di sini. Bereksperimenlah sesuka hati Anda dan ajaklah seluruh anggota keluarga yang lain untuk menanam tumbuh-tumbuhan favoritnya. Buat sebuah kebun pribadi yang bermanfaat. Anda bisa memilih jenis-jenis tanaman yang unik atau tanaman buah dan sayur favorit keluarga. Dapatkan bibitnya di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Koleksi bibit tanaman di sini sangat komplit loh.

Tempat Bermain Anak-anak

Biarkan anak-anak Anda bermain di luar rumah seperti pada masa kecil Anda di zaman dulu. Nah, untuk membuatnya tertarik bermain di lingkungan luar serta meninggalkan gadgetnya, Anda tentu harus menyediakan tempat bermain yang menarik baginya. Bagaimana pun aktivitas bermain ini sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya loh. Cobalah bangun sebuah taman bermain di belakang rumah yang ideal bagi pertumbuhannya sekaligus mampu memacu perkembangan otaknya. Pastikan tempat tersebut benar-benar aman. Tempat tadi juga harus bebas dari binatang buas, tanaman beracun, dan polusi udara yang berbahaya.