Tips Membuat Gazebo yang Menarik di Taman, Cobain Yuk!

Gazebo adalah sebuah ruangan terbuka yang dibuat di taman, halaman, atau pekarangan. Gazebo dapat menjadi alternatif tempat berkumpulnya Anda beserta anggota keluarga yang lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan gazebo untuk menerima tamu. Karena dibuat terpisah dari rumah, gazebo mempunyai nuansa yang berbeda. Suasana di dalamnya benar-benar menarik sekali. Boleh dibilang kalau gazebo ini dapat berperan sebagai fasilitas tambahan dari rumah tersebut. Anda bisa membangun gazebo di sudut rumah yang memiliki view paling cantik, baik di taman depan atau halaman belakang.

Umumnya konstruksi gazebo dibuat menggunakan material yang bersifat semi-permanen, ringan, serta konsepnya terbuka. Desain bangunannya berupa rumah panggung yang berukuran mini. Untuk menuju ke gazebo, Anda dapat membuat jalan setapak dari bebatuan yang ditata sedemikian rupa biar nampak semakin menarik. Tak lupa, di sekeliling area gazebo juga ditanami beraneka ragam tumbuh-tumbuhan sebagai penambah daya tariknya. Anda dapat menggunakan macam-macam tumbuhan hias, tanaman berbuanga indah, ataupun tanaman yang berbuah. Pasti bakal menarik sekali!

Proses pembuatan gazebo memang tidak terlalu sulit. Bahkan Anda dapat mengerjakannya sendiri kalau mau. Agar penampilan gazebo tersebut semakin menarik dan eye-catching, Anda bisa mendesainnya. Kiat-kiat di bawah ini akan membantu Anda dalam membuat gazebo dan mendesainnya biar menarik.

Tentukan Desain Gazebo yang Anda Sukai

Sama seperti rumah, desain gazebo pun ada banyak sekali. Mulai dari gazebo yang bergaya tradisional, klasik, country, modern, sampai minimalis. Anda sebaiknya memilih desain gazebo yang sesuai dengan desain rumah.. Pembuatan gazebo tradisional biasanya dilaksanakan dengan memanfaatkan unsur alam, seperti batu, kayu, bambu, dan serat sebagai dominasi ruangan. Sedangkan gazebo bergaya klasik lebih meniru bangunan-bangunan gaya eropa yakni dengan mengecat seluruh dinding memakai warna putih dan memenuhi area sekitarnya dengan beragam bunga. Lain lagi untuk gazebo bergaya minimalis, Anda bisa membangun ruangan yang lebih terbuka, menambahkan furnitur modern, serta menggunakan jenis warna-warna yang netral khas konsep minimalis.

Buatlah Gazebo dengan Ukuran yang Ideal

Menghitung ukuran gazebo dapat Anda lakukan dengan menyesuaikan daya tampung yang ingin Anda hasilkan pada gazebo tersebut. Sebagai contoh untuk gazebo yang sanggup menampung 4 orang, maka ukuran luas bangunan yang ideal adalah 2 x 2 meter. Gazebo sebaiknya tidak dibuat dengan ukuran yang terlalu kecil sebab nantinya Anda sendiri yang bakal merasa kurang nyaman ketika berada di dalamnya. Yang terpenting adalah ukuran luas gazebo tidak boleh melebihi seperlima dari luas halaman rumah di mana gazebo tersebut akan dibuat. Hal ini dimaksudkan agar tercapai keselarasan ukuran dekorasi pada bidang halaman rumah Anda.

Gorden Sebagai Pembawa Kesan Romantis

Apakah Anda mau menciptakan suasana yang romantis di dalam gazebo tersebut? Caranya mudah sekali sih sebenarnya. Triknya yaitu Anda cukup memasang gorden saja pada bagian dinding-dinding gazebo. Gorden memang sangat ampuh menghadirkan suasana yang romantis ke dalam suatu ruangan. Seperti pada interior rumah, gorden yang notabene mempunyai karakter yang lemah gemulai ini juga sanggup menciptakan nuansa penuh dengan keromantisan di area luar ruangan. Tema gazebo seperti ini sangat cocok diterapkan untuk rumah-rumah pasangan muda, terutama kalau Anda merupakan pengantin baru dan hanya tinggal berdua saja dengan pasangan. Anda bisa menikmati momen romantisme di sini.

Menanam Tumbuh-tumbuhanan yang Pas

Memang benar sih jika semua tumbuh-tumbuhan yang menarik pada dasarnya akan terlihat indah sekali ketika Anda tanam di sekitar lokasi gazebo. Keberadaan tanaman ini seolah-olah menjadi aksesori yang sanggup berperan sebagai penghias gazebo tersebut. Namun kami sarankan Anda untuk tidak menanam tumbuh-tumbuhan secara asal-asalan. Sebaiknya Anda pilih tanaman yang sesuai dengan desain gazebo yang ingin dibuat. Dengan demikian, keberadaan tumbuh-tumbuhan ini mampu memperkuat tema yang hendak Anda ciptakan. Di sini tanaman berbunga masih menjadi pilihan utama sebagaimana pembuatan taman. Anda juga bisa menanam tumbuh-tumbuhan unik yang jarang ada di Indonesia.

Posisi Pembuatan Gazebo yang Paling Ideal

Anda harus memilih lokasi pembuatan gazebo secara bijaksana. Kami sarankan pilihlah lokasi yang dapat memaksimalkan fungsi dari gazebo tersebut. Biasanya sih gazebo ini dibangun tepat di tengah-tengah halaman supaya pemandangan yang diperoleh saat berada di dalamnya menjadi lebih luas. Anda dapat melihat area halaman sebelah kanan, kiri, depan, ataupun belakang dengan lebih leluasa. Untuk posisi gazebo yang lebih menarik, wilayah taman yang paling belakang bisa juga Anda pertimbangkan. Posisi ini memungkinkan Anda berkesempatan untuk menikmati keindahan taman terlebih dahulu sebelum bisa mencapai lokasi gazebo tersebut.

Menghadirkan Suasana Alami di Gazebo

Atap ijuk menjadi material pilihan utama untuk menghiasi gazebo. Atap ini mampu menghadirkan kesan pedesaan yang begitu tenang. Bambu juga dapat Anda hadirkan, baik sebagai konstruksi utama maupun sekadar aksesori ruangan. Untuk kesan nuansa alam yang lebih modern, Anda bisa memakai lantai kayu sebagai alas gazebo. Keberadaan gazebo ini tidak hanya akan mempercantik desain rumah Anda, tetapi juga mampu membuat kehidupan di dalamnya jauh lebih sehat dan harmonis. Biasakan setiap weekend Anda menikmati hari bersama keluarga untuk sekedar mengobrol atau membuat acara pesta kebun di gazebo ini. Menghadirkan kolam ikan di dekat gazebo juga sanggup meningkatkan fungsionalitasnya loh.