Tips Mendekorasi Interior Rumah Sempit yang Berbentuk Memanjang

Pada dasarnya, semua hunian yang berukuran sempit perlu penanganan supaya terlihat lebih luas tanpa mengesampingkan sisi kenyamanannya. Masalah baru akan muncul saat kita membutuhkan perabotan, namun ruangan yang tersedia tidak cukup muat untuk menampungnya karena ukurannya sempit. Anda mempunyai rumah yang bentuknya unik sebab bagian lebarnya kecil tetapi memanjang ke belakang. Ini mengakibatkan Anda harus mengaplikasikan trik-trik khusus untuk mendekorasi rumah tersebut. Anda membutuhkan kiat-kiat khusus dalam mendesain rumah memanjang ini.

Jangan berkecil hati terhadap rumah sempit memanjang yang Anda miliki. Sebab jika didekorasi dengan apik, desain rumah tersebut bakal menjadi begitu unik. Rumah yang bentuknya memanjang ini memang tidak biasa rumah-rumah pada umumnya. Namun Anda tidak perlu khawatir terhadap desain rumah ini. Anda tetap bisa membuatnya tampil menarik dan terasa nyaman asalkan rumah tersebut ditata dengan baik. Anda dapat memadukan tips antara mendesain rumah yang sempit dan rumah yang memanjang di sini. Hasilnya pasti akan luar biasa. Anda patut mencobanya sendiri di rumah.

Silakan Anda dapat mengikuti bagaimana cara kami mendekorasi rumah sempit yang bentuknya ke arah memanjang. Setidaknya terdapat 5 pekerjaan utama yang mesti Anda laksanakan dengan baik.

Minimalkan Partisi Ruangan

Semakin banyak jumlah partisi di dalam rumah Anda, maka luasnya akan semakin menyusut sebab telah dibagi-bagi menjadi beberapa ruang. Akibatnya yaitu suasana di dalam rumah pun akan terasa semakin sempit. Di sisi yang lain, rumah yang dilengkapi oleh partisi seperlunya saja maka bakal terasa lebih luas dan lega. Untuk rumah ukuran kecil, partisi hanya diperlukan pada kamar mandi dan kamar tidur. Itupun dilakukan dengan membuat partisi yang tidak terlalu memakan ruangan. Anda boleh memakai pasangan setengah bata untuk membuat dinding partisi ini karena bukan bagian dari struktur bangunan.

Manfaatkan Area Vertikal

Setiap rumah membutuhkan media penyimpanan barang seperti lemari untuk menjaga suasananya agar tetap rapi. Tetapi apabila keliru dalam memilih lemari tersebut, kehadiran media penyimpanan ini justru hanya akan memenuhi interior rumah Anda. Solusinya, Anda dapat menambahkan lemari setinggi plafon dengan ukuran bodi yang ramping. Sehingga pemanfaatan area vertikal tadi memungkinkan lemari yang ukurannya ramping tersebut tetap mampu menampung barang-barang dalam jumlah yang banyak tanpa memakan ruangan. Pilihan lainnya yakni Anda juga dapat memaksimalkan pemakaian rak dinding.

Maksimalkan Cahaya Ruangan

Ruangan yang terang akan terlihat lebih luas ketimbang ruangan yang gelap. Hal ini dikarenakan cahaya mampu menciptakan kesan interior yang terbuka. Maka dari itu, Anda mesti memanfaatkan peran sinar matahari dan lampu dengan optimal.  Anda bisa memainkan dekorasinya dengan membuat bukaan yang lebih banyak. Namun apabila hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa memasang lampu LED di beberapa titik ruangan. Gunakan lampu berjenis dimmer sehingga tingkat cahayanya dapat diatur dengan mudah. Selain itu, pastikan juga penempatan barang-barang di rumah tidak menghalangi cahaya lampu.

Gunakan Furniture Modern

Furniture modern selalu tampil dengan ukuran yang ramping, stylish, dan bersifat multifungsi. Maka dari itu, furniture ini paling tepat digunakan untuk rumah sempit yang memang ruangannya sangat terbatas. Dengan memakai furniture modern, maka Anda dapat memakai ketersediaan ruangan dengan optimal. Selain itu, bentuknya yang unik dan futuristik juga sekaligus bisa menjadi aksesoris ruangan. Hanya saja, Anda tetap perlu memperhatikan jumlah furniture yang dibutuhkan serta tidak membeli pernak-pernik perabotan yang tidak dibutuhkan. Ciptakan interior rumah modern di dalamnya.

Aturlah Penempatan Furniture

Supaya suasana ruangan terasa semakin nyaman, buatlah penampilannya begitu lega. Di sini Anda dapat mengatur penempatan furniture sedemikian rupa agar tidak memenuhi ruang. Anda juga bisa memakai furniture built-in yang dapat dilipat. Sehingga saat meja dan kursi tersebut sedang tak digunakan, maka perabotan tersebut bisa dimasukkan ke dalam lemari. Jangan sia-siakan pula kolong tempat tidur Anda menganggur begitu saja. Anda dapat memanfaatkannya sebagai lemari tambahan. Aturlah penempatan semua furniture ini dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas di dalam rumah.