Merancang Dekorasi Kamar Mandi Sederhana Namun Elegan dengan Mudah

Saat ini kamar mandi tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mandi ataupun membersihkan diri saja, melainkan Anda pun dapat menjadikannya sebagai tempat bersantai dan menghabiskan waktu romantis bersama dengan pasangan. Untuk mendesain kamar mandi menjadi ruangan yang mempunyai suasana yang menyenangkan, Anda perlu merancangnya dengan sungguh-sungguh. Tugas Anda yang utama ialah menentukan desain kamar mandi tersebut. Anda tidak perlu bingung memikirkan desain apa yang paling cocok. Mulailah dengan mendesain kamar mandi yang sederhana saja.

Kamar mandi sederhana memang relatif lebih mudah dibuat dibandingkan dengan desain kamar mandi yang lainnya. Namun Anda tak boleh mengerjakannya secara asal-asalan. Sebab meskipun tampilannya sederhana tetapi kamar mandi tersebut harus tetap terasa nyaman dan berfungsi dengan baik. Anda tak perlu memandang sebelah mata mengenai dekorasi kamar mandi yang sederhana tersebut ya. Ruangan ini bisa Anda buat semenarik mungkin seperti apa yang diinginkan. Anda bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga yang lain pada saat merancang kamar mandi tersebut.

Pertama, Anda mesti menentukan konsep desain kamar mandi seperti apa yang ingin dibuat. Walaupun sederhana tetapi kamar mandi wajib tampil penuh gaya. Kami sarankan untuk menghindari gaya klasik, tradisional, ala eropa, maupun amerika pada ruangan tersebut. Di sisi lain, gaya kamar mandi minimalis, modern, serta khas Asia Timur sangat cocok diaplikasikan pada kamar mandi ini. Pada dasarnya memang gaya-gaya ini dibuat dengan cara yang sederhana. Jadi Anda tetap bisa membuatnya dengan sempurna. Silakan Anda bisa melihat inspirasi-inspirasi yang pernah kami share sebelumnya.

Langkah berikutnya yaitu Anda dapat menentukan warna cat dinding apa yang dipakai sebagai dominasi dari ruangan tersebut. Apakah Anda menginginkan warna putih, biru, garis-garis, atau justru warna yang lainnya? Anda harus memahami bahwa setiap warna pada hakikatnya mempunyai karakteristik masing-masing yang bersifat unik. Misalnya yaitu warna putih untuk kesan ruangan yang lebih luas, biru sebagai simbol kebebasan, hijau untuk menciptakan nuansa alami, atau paduan berbagai warna agar ruangan ini nampak lebih dinamis. Silakan Anda dapat memilih warna yang paling tepat.

Selanjutnya ialah Anda bisa menentukan benda-benda apa saja yang sebaiknya ditaruh di dalam kamar mandi ini. Berhubung konsep dasar yang diusung adalah sederhana, maka Anda hendaknya memakai benda-benda yang desainnya sederhana dalam jumlah batas yang wajar. Pakailah benda-benda yang memang mempunyai fungsi penting di dalam kamar mandir. Pastikan pula warnanya sesuai dengan cat dinding. Misalnya kamar mandi berwarna merah bisa menggunakan pintu ruang yang berwarna merah. Sedangkan untuk motif garis-garis, bisa dengan memilih aksesoris berwarna hitam dan putih.

Langkah berikutnya adalah menentukan warna hiasan untuk memperkaya warna desain tanpa membuat suasana berlebihan. Caranya adalah dengan memilih warna lain yang serasi dengan warna desain kamar mandi ini. Sebagai contohnya kamar mandi yang didominasi warna merah, Anda dapat memadukannya dengan warna putih serta emas. Sedangkan untuk kamar mandi dengan warna garis-garis, Anda dapat menggunakan warna ungu, merah muda, dan hijau muda sebagai harmonisasi dengan warna hitam dan putih. Pastikan warna tersebut serasi dengan warna desain yang dipilih tanpa menimbulkan keramaian.

Meskipun mengecat dinding kamar mandi bukanlah sebuah keharusan, Anda bisa melakukannya untuk menciptakan konsep desain sederhana yang lebih menarik dan bernilai seni tinggi. Pengecatan dilakukan apabila warna cat dinding sekarang tidak sesuai dengan desain kamar mandi yang ingin Anda ciptakan. Misalnya warna dinding kuning menyala untuk desain merah yang teduh bukanlah paduan warna yang harmonis. Sebaliknya apabila warna cat dinding sudah sesuai dengan konsep ruangan, Anda tidak perlu mengecatnya lagi. Anda tinggal memainkan pewarnaan pada benda-benda yang melengkapinya.