3 Tips Membangun Rumah dengan Biaya yang Murah

Membangun rumah impian dengan budget yang murah mungkin menjadi salah satu impian Anda. Hal ini waja sekali karena memang rumah sebagai kebutuhan primer harus dimiliki setiap orang sebagai tempat tinggalnya. Akan tetapi, mahalnya biaya pembangunan rumah membatasi keinginan Anda untuk dapat mempunyai rumah sendiri. Jangankan rumah yang sesuai dengan impian Anda selama ini, sebuah rumah sederhana saja membutuhkan anggaran yang besar sekali. Anda mesti memutar otak supaya tetap bisa membangun rumah meskipun tabungan yang dimiliki tidak terlalu banyak.

Kenyataannya memang kita dapat membangun sebuah rumah dengan biaya yang sedikit menggunakan kiat-kiat khusus. Trik ini berguna untuk menekan biaya pembangunan untuk penghematan tanpa Anda mengesampingkan keamanan dan kenyamanan rumah tersebut. Contoh trik yang sederhana nih, Anda dapat menggunakan lantai keramik daripada lantai granit karena harganya jauh lebih terjangkau. Namun pada artikel kali ini kami akan mencoba berbagi trik-trik yang lebih advance. Jadi rumah Anda akan tetap bernilai tinggi walaupun biaya pembangunannya tidak memakan biaya yang mahal.

Paling tidak terdapat 3 trik utama yang bisa Anda gunakan untuk menekan budget pembangunan rumah tinggal. Di antaranya yaitu memakai material bangunan yang harganya lebih murah, merancang struktur bangunan yang efisien, dan memanfaatkan bantuan dari arsitek yang tepercaya.

Pilih Bahan Bangunan yang Harganya Terjangkau

Langkah pertama untuk menghemat biaya pembangunan rumah ialah memanfaatkan bahan bangunan yang harganya terjangkau. Walaupun harganya lebih murah, Anda tetap harus memperhatikan kualitas material bangunan tersebut untuk memastikannya layak pakai. Contohnya tren yang kini sedang populer banyak bangunan menggunakan bambu yang telah diawetkan sebagai pengganti baja tulangan. Kendati harganya lebih murah, struktur bambu juga terbukti kokoh dan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Contoh lainnya yaitu Anda juga bisa memanfaatkan kayu-kayu bekas untuk dibentuk menjadi pintu dan kusen. Kayu bekas peti kemas umumnya mempunyai kualitas yang setara dengan kayu jati.

Selain dengan trik subtitusi material bangunan seperti pada contoh di atas, Anda juga bisa menghemat kebutuhan biaya pembangunan melalui teknik pemasangan material yang lebih efektif. Misalnya dalam memasang batu bata sebagai pagar rumah, selain menyusunnya seperti biasa, cobalah Anda memasang batu bata ini dalam jarak tertentu sehingga hasil akhirnya bangunan pagar tadi akan nampak berlubang-lubang. Trik ini membuat jumlah batu bata yang dibutuhkan untuk membuat pagar menjadi lebih sedikit. Selain itu, Anda juga dapat memadukan penggunaan material yang murah dengan material mahal untuk mengangkat nilai dan pesona dari material yang harganya lebih murah tersebut.

Buatlah Sistem Struktur Bangunan yang Efisien

Perencanaan sistem struktur yang efisien juga berpengaruh besar terhadap biaya pembangunan rumah. Hal ini disebabkan karena biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan struktur rumah biasanya memakan 40-50 persen dari total biaya pembangunan rumah secara keseluruhan. Sebagai contoh dalam pekerjaan perencanaan struktur atap rumah, penggunaan atap dari bahan fiber cement akan menghabiskan biaya yang lebih rendah dibandingkan atap genteng. Kenapa? Tak lain karena pemasangan atap fiber cement ini tidak membutuhkan kayu reng dan kaso dalam jumlah yang terlalu banyak. Sebagai alternatif lainnya, Anda pun dapat memanfaatkan atap logam seperti galvalum, seng, ataupun asbes.

Contoh kasus yang lainnya nih, semisal lebar rumah Anda tidak lebih dari 4 meter, maka Anda tak perlu membangun struktur kuda-kuda untuk rumah bertingkat pada bangunan tersebut. Jarak antar-lantai 2,5 meter sudah cukup kalau mempunyai ventilasi dan bukaan yang sesuai ukuran ruangannya. Dengan trik seperti ini, Anda bisa menekan biaya pembuatan struktur kolom, tangga, dan dinding rumah. Sedangkan untuk menghemat biaya pembangunan lantai dua, Anda bisa mengaplikasikan struktur rangka bangunan dari tripleks yang dilapisi semen cor serta keramik. Hal ini memungkinkan bobot strukturnya lebih ringan sehingga kebutuhan material balok dan kolom penyangganya pun jauh lebih sedikit.

Manfaatkan Jasa dari Arsitek yang Tepercaya

Saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap kalau penggunaan jasa arsitek itu selalu mahal. Bahkan tak sedikit pula yang menilai kalau memakai jasa arsitek itu tidak penting. Faktanya tidak demikian loh. Meskipun Anda harus menyediakan anggaran khusus saat menggunakan jasa arsitek, tapi arsitek tersebut mampu membantu Anda dalam menyusun anggaran pembangunan secara efektif dan efisien. Seorang arsitek bisa memberikan saran kepada Anda untuk menggunakan anggaran secara tepat tanpa mengesampingkan kualitas bangunan yang dihasilkannya. Jadi kendati Anda harus mengeluarkan budget khusus, tetapi hasil akhirnya budget pembangunan lebih hemat setelah dirancang oleh arsitek.

Sama seperti pada jasa seorang profesional di bidang lainnya, rentang biaya untuk menyewa jasa arsitek sangat variatif. Malah tak sedikit arsitek yang menawarkan jasanya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga normal, terutama bagi mereka yang masih mengumpulkan portfolio. Manfaat pemakaian jasa arsitek pada proses pembangunan rumah ini besar sekali. Seorang arsitek dapat membantu Anda dalam merencanakan anggaran sehingga lebih menghemat biaya pembuatan struktur, ruangan, dan pemilihan material bangunan secara tepat. Penggunaan jasa arsitek pun membantu Anda dalam merancang desain rumah yang indah. Keamanan rumah pun lebih terjain karena strukturnya telah dihitung dengan baik.