Untung Rugi Tinggal di Apartemen Buat Anda yang Pengen Tahu Nih!

Salah satu bentuk hunian yang sedang populer akhir-akhir ini di lingkungan perkotaan ialah apartemen. Apartemen memang kini sedang banyak dibangun di kawasan penduduk, di mana harga tanahnya sudah mahal sekali. Dengan dibangunnya hunian vertikal, maka harga jual propertinya bisa ditekan semaksimal mungkin tanpa mengurangi keuntungan pengembang. Kita sebagai pembeli pun diuntungkan sebab bisa membeli sebuah hunian yang menyerupai hotel, tetapi harganya jauh lebih murah. Apartemen ini dapat menjadi solusi tempat tinggal mewah yang harganya lebih terjangkau.

Anda bisa membeli apartemen di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, ataupun Bandung. Dalam memilih apartemen tersebut, Anda benar-benar harus memperhatikan lokasinya karena bakal langsung mempengaruhi tingkat kenyamanannya. Pastikan lokasi apartemen tersebut berada juga memudahkan aktivitas Anda sekeluarga dalam kehidupan sehari-hari. Hidup di apartemen memang akan terasa sangat menyenangkan manakala Anda menemukan apartemen yang nyaman. Namun tidak menutup masalah bakal terjadi manakala Anda salah memilih apartemen.

Faktanya adalah apartemen bukanlah tempat tinggal yang sempurna. Di balik kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh sebuah apartemen, terdapat kekurangan-kekurangannya. Sebaiknya sebelum Anda benar-benar membeli apartemen, Anda mencari tahu terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan apartemen tersebut. Di bawah ini merupakan plus minusnya apartemen yang mesti Anda tahu!

Akses Mudah ke Sekolah Unggulan

Beberapa apartemen di Indonesia memilih lokasi di sekitar sekolah unggulan sebagai tempat mendirikan bangunannya. Latar belakangnya tak lain sebab masyarakat kita yang sangat memperhatikan pendidikan anaknya. Sehingga orang tua akan berusaha mencari apartemen yang terletak di tempat yang strategis, di sekitar sekolah-sekolah yang bonafit. Bahkan saat ini sejumlah apartemen sudah menjalin kerja sama dengan suatu pihak lembaga pendidikan sehingga memudahkan anak mendapatkan akses pulang pergi ke sekolah dengan aman. Inilah keuntungan utama tinggal di apartemen di lingkungan perkotaan.

Dekat dengan Mall serta Restoran

Apartemen merupakan tempat tinggal yang nyaman, khususnya bagi Anda yang suka berburu makanan dan hobi berbelanja. Sebab hampir seluruh apartemen di Indonesia berada satu komplek dengan mall. Bahkan beberapa apartemen juga secara khusus membuat mall tersendiri di salah satu lantainya sebagai fasilitas untuk penghuninya. Selanjutnya mereka mengundang brand-brand ternama untuk memanjakan selera Anda sebagai penghuni apartemen tersebut. Anda bebas berbelanja di sini kapan saja di dalam gedung yang sama tanpa perlu repot untuk pergi keluar bangunan atau berpanas-panasan.

Tersedia Banyak Pilihan Unit Kamar

Di dalam suatu gedung apartemen biasanya terdiri atas unit-unit dalam jumlah banyak, di mana masing-masing dari unit tersebut mempunyai kelebihannya sendiri. Sebagai contoh, ada unit kamar yang berada di lantai dasar, unit yang menghadap ke pemandangan indah, kamar di dekat lift, dan sebagainya. Anda bisa memilih kamar yang Anda sukai pada saat proses pembeliannya. Anda harus bersikap bijaksana saat memilih unit tersebut. Sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya, kami sarankan Anda bisa merasakan sensasinya tinggal di ruangan tersebut dengan mencobanya langsung.

Lebih Berisik Daripada Rumah Tapak

Tinggal di apartemen menuntut Anda sekeluarga untuk hidup di dalam satu bangunan bersama dengan puluhan orang lainya. Pasti Anda sudah dapat membayangkan kan bagaimana suasana riuh yang tercipta dari orang yang berlalu lalang sambil menngobrol tak kunjung hentinya. Belum lagi jika tetangga sebelah Anda senang mendengarkan musik keras atau di kamar depan ada suami istri yang hobi ribut setiap hari. Sudah pasti Anda merasa tidak nyaman tinggal di apartemen tersebut. Ada baiknya Anda mengecek ada tidaknya elemen pengedap suara yang diinstal pada dinding ruangan.

Harganya Cenderung Lebih Mahal

Pada umumnya harga apartemen akan lebih mahal dari harga sebuah rumah. Hal ini dikarenakan selain faktor lokasi yang strategis, selama Anda tinggal di apartemen, Anda akan memperoleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak manajemen apartemen. Jadi sebenarnya wajar saja sih kalau harga sebuah unit apartemen itu lebih mahal dibandingkan rumah. Karena pada dasarnya Anda tidak hanya membeli bangunan fisik semata, melainkan juga pelayanan yang disediakan oleh manajemen dan fasilitas-fasilitas pendukung yang dimiliki oleh apartemen tersebut. Di sini Anda membeli sebuah paket hunian.

Tempat Parkir yang Sering Penuh

Salah satu masalah klasik tinggal di apartemen adalah kurangnya lahan parkir yang tersedia di sini. Hal ini memaksa Anda untuk berebut tempat parkir dengan para penghuni yang lainnya. Bayangkan ketika Anda sedang merasa sangat lelah dan penat karena baru saja pulang kerja dan akan memarkirkan mobil, tetapi semua tempat parkir sudah terisi penuh. Anda pasti akan merasa kesal bukan main. Agar masalah ini tak menimpa pada diri Anda, pastikanlah Anda membeli apartemen yang menawarkan fasilitas lahan parkir pribadi bagi setiap unit kamarnya. Jadi Anda punya tempat parkir khusus.

Rentan Sekali Timbul Konflik

Masalah lain tinggal bersama dengan banyak orang di dalam bangunan yang sama adalah rentan terjadi keributan. Anda akan menemukan berbagai orang dengan karakter aslinya ketika tinggal di apartemen. Setiap orang biasanya punya cara hidup dan pandangan yang berbeda-beda. Namun tak jarang persepsi ini saling bertentangan satu sama lain sehingga menimbulkan konflik. Masalah ini bisa Anda minimalisir dengan memilih unit apartemen yang tepat di sekitar orang-orang yang Anda kenal. Tentu saja sistem keamanan yang lengkap juga menjadi pertimbangan keamanan di apartemen tersebut.

Fasilitas Premium di Apartemen

Seperti yang sudah kami jelaskan pada poin sebelumnya bahwa pada saat Anda tinggal di apartemen, maka Anda akan mendapatkan fasilitas eksklusif dari pihak manajemen. Misalnya adalah kolam renang, petugas kebersihan, tv kabel, taman hiburan, area hotspot, tempat kebugaran, dan lain-lain. Fasilitas-fasilitas ini jarang Anda jumpai saat membeli rumah. Tapi dalam apartemen, fasilitas-fasilitas pendukung ini seolah-olah sudah menjadi sebuah kewajiban. Setiap apartemen umumnya mempunyai fasilitas yang mampu membuat penghuninya merasa semakin nyaman tinggal di dalamnya.

Desain Interior yang Lebih Baik

Desain interior di dalam apartemen selalu dirancang oleh arsitek ternamsa dan ahli di bidangnya. Hal ini membuat setiap sudut ruangan di apartemen selalu terlihat indah, nyaman, serta lebih awet. Anda akan merasa senang sekali tinggal di suatu hunian yang benar-benar didesain oleh seorang profesional. Anda pun tak akan kecewa dengan hasilnya. Desain interior dari unit apartemen yang Anda miliki benar-benar sangat menawan. Hal ini pula yang mampu mengangkat nilainya secara signifikan. Nilai unit apartemen Anda bahkan jauh lebih tinggi ketimbang sebuah rumah tapak yang ukurannya lebih luas.

Gaya Hidup Menjadi Naik Drastis

Keunggulan terakhir dari sebuah apartemen adalah sanggup mengangkat gaya hidup Anda secara tidak langsung. Anda yang tinggal di apartemen akan terlihat lebih bergaya di mata sosial. Hidup di apartemen tersebut tidak hanya mempengaruhi kehidupan individu Anda, melainkan juga kehidupan Anda di dalam masyarakat. Anda akan dikenal sebagai seseorang yang borjuis sebab mampu membeli unit apartemen yang memang harganya selalu mahal. Hasilnya ialah gaya hidup Anda di sosial masyarakat pun menjadi naik secara drastis.