8 Tips Puasa Wajib Khusus untuk Tukang Bangunan

Tiada terasa Bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Di bulan yang penuh keberkahan ini, kita sebagai umat muslim memliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa artinya ialah menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Khusus bagi tukang bangunan, puasa wajib ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya kita harus melakukan pekerjaan berat tanpa boleh makan dan minum selama lebih dari 14 jam.

Karena beratnya puasa yang mesti dijalani oleh seorang tukang bangunan, tidak jarang pekerja yang tak berpuasa dengan alasan tidak kuat menahan rasa lapar dan dahaga. Beberapa orang lainnya melakukan puasa setengah hari dengan makan dan minum saat waktu shalat dhuhur, lalu melanjutkan puasanya lagi. Namun tidak dipungkiri kalau ada banyak sekali tukang bangunan yang ingin berpuasa secara penuh walaupun tugas dan pekerjaan yang harus dilaksanakannya membutuhkan banyak energi.

Sejatinya Allah SWT Maha Melihat dan Maha Mengetahui apa-apa yang dirasakan oleh para hamba-Nya. Anda yang kini berprofesi sebagai tukang bangunan hendaknya melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya mumpung masih diberi kesempatan. Karena semua ibadah yang dilakukan oleh orang yang tengah berpuasa itu mendapatkan penilaian yang jauh lebih baik. Beratnya puasa yang harus Anda jalani juga bakal memperoleh ganjaran yang lebih besar daripada puasanya para pekerja kantoran.

Jadi Anda tak perlu merasa risau maupun bimbang apakah mau berpuasa atau tidak pada hari ini. Sebab pada dasarnya Anda sendiri lah yang akan merasakan manfaat dari puasa tersebut. Kiat-kiat di bawah ini akan membantu puasa Anda di Bulan Ramadhan tahun ini lebih lancar!

Mantapkan Niat Puasa Anda

Anda perlu memantapkan lagi niat puasa pada diri Anda supaya dapat menjalaninya dengan baik. Niat dapat diibaratkan sebagai pondasi dalam sebuah bangunan. Niat menjadi landasan bagi ibadah puasa sehingga Anda dapat melakukannya secara nyaman, bukan terbebani. Niat berawal dari kesadaran diri bahwa sesungguhnya manusia diciptakan di dunia ini hanya untuk beribadah. Ibadah merupakan tugas awal Anda sebagai manusia. Sedangkan pekerjaan-pekerjaan lainnya hanya berperan sebagai selingan. Mantapkanlah diri Anda untuk berpuasa semata-mata karena Allah.

Konsumsi Lebih Banyak Air

Sebagai tukang bangunan, Anda akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak daripada orang biasa. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan mengonsumsi air yang lebih banyak agar dapat menggantikan cairan yang keluar pada siangnya. Minumlah lebih banyak air pada malam hari. Jika orang biasa membutuhkan 6-8 gelas air minum/hari, maka Anda harus meminum lebih banyak air lagi hingga mencapai 12 gelas. Anda bisa meminumnya segelas-segelas dari berbuka hingga waktu sahur. Minumlah sedikit demi sedikit, tapi sering. Dengan begini, bekal Anda untuk berpuasa akan cukup.

Minum Minuman Isotonik

Minuman isotonik mempunyai sifat dan karakteristik yang mirip seperti cairan di dalam tubuh. Itulah sebabnya, minuman ini mampu diserap oleh organ tubuh kita dalam waktu yang lebih cepat. Anda bisa membeli minuman isotonik yang banyak dijual di pasar swalayan. Untungnya sekarang memang sudah banyak sekali produk minuman isotonik instan di toko terdekat. Kalau Anda mau minuman yang alami, minumlah air kelapa. Jika tidak ada, Anda pun dapat meminum segelas air yang telah diberi tambahan sejumput garam. Bisa juga dengan membuat teh manis, lalu menambahkan sedikit garam ke dalamnya.

Perbanyak Makanan Berserat

Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dengan porsi yang lebih banyak daripada orang biasa. Adapun bahan makanan yang berserat tinggi ini bisa diperoleh dari buah dan sayur-mayur. Serat pada buah dan sayur-sayuran sangat dibutuhkan oleh pekerja berat yang terbiasa mengeluarkan keringat banyak. Serat ini bakal membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat haus. Di dalamnya juga terdapat antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Saat berpuasa, Anda diharuskan mengonsumsi buah dan sayur minimal sebanyak 5 porsi/hari ya.

Konsumsi Makanan Berprotein

Bahan makanan yang paling bagus untuk dikonsumsi selama kita menjalankan ibadah puasa yaitu bahan makanan yang banyak mengandung protein. Mengapa? Salah satu alasannya karena protein merupakan nutrisi yang dicerna lama oleh tubuh kita. Dengan memakan makanan yang berprotein tinggi, maka kita bakal merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga mampu menjaga stamina tubuh kita agar tetap bugar serta meregenarasi sel-sel pada tubuh dengan cepat. Adapun zat protein ini banyak terdapat di dalam telur, tahu, tempe, ikan, dan daging.

Hindari Minuman Berkafein

Tidak jarang, seorang pekerja bangunan mempunyai tingkat kecanduan yang cukup tinggi terhadap kopi. Kandungan kafein yang tinggi di dalam minuman kopi memang efektif sekali menjaga staminat tubuh kita supaya tetap bugar, terjaga, dan penuh energi. Sayangnya minuman kopi ini mempunyai dampak negatif bagi tubuh. Jika Anda meminumnya terlalu banyak, maka Anda pun bakal mengalami insomnia alias sulit tidur. Hal ini akan berdampak pada produktifitas kerja di pagi harinya. Selain itu, kopi juga bisa membuat menjadi kembung, mengalami masalah pencernaan, dan cepat haus saat berpuasa.

Bijaksana Manfaatkan Waktu

Silakan manfaatkan waktu yang Anda miliki sebaik mungkin. Kuncinya adalah nikmati waktu Anda pada saat bekerja maupun beristirahat. Anda harus terus merasa enjoy dan gembira. Tidak perlu menggerutu atau hal-hal yang tak penting lainnya. Saat bekerja, maka Anda harus bekerja dengan giat. Boleh sekali-kali bercanda dengan teman untuk melepas kepenatan, tapi jangan sampai kelewat batas ya. Kemudian setelah datang waktunya untuk beristirahat, maka Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Kami sarankan tidurlah sebentar setelah selesai menunaikan ibadah sholat dhuhur.

Jangan Pernah Begadang Ya!

Aktivitas lainnya yang harus Anda hindari selama menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan yaitu begadang. Kalau memang tidak ada pekerjaan yang begitu penting untuk dilakukan di malam hari, Anda jangan pernah begadang ya. Sebab begadang itu tak ada manfaatnya serta banyak mengandung hal-hal yang tidak berguna. Aktivitas begadang ini juga kerap kali membuat kita merasa mengantuk pada siang harinya. Akibatnya tubuh pun merasa begitu lemas dan tidak karuan, kepala pusing, serta tidak bisa berkonsentrasi selama bekerja. Anda harus memenuhi kebutuhan tidur harian dengan baik.