Mau Beli Jam Tangan yang Original? Ikuti 5 Tips Ini Biar Gak Ketipu!

Pada saat awal mula ditemukannya, orang-orang menggunakan jam tangan sebatas sebagai alat untuk penunjuk waktu saja. Kita bisa mengetahui informasi waktu saat ini dengan mudah melalui jarum yang ditunjukkan oleh jam tangan tersebut. Namun kini zaman sudah mengalami perkembangan. Jam tangan sekarang bukanlah alat penunjuk waktu semata, tetapi sudah menjadi salah satu bagian dari fashion. Selain menambah gengsi, para pemakainya pun mulai melirik jam tangan ini sebagai aset investasi.

Jam tangan atau arloji pada dasarnya merupakan alat penunjuk waktu yang dikenakan di pergelangan tangan. Berdasarkan sejarahnya, penelitian tentang jam tangan elektronik ini sudah dimulai sejak tahun 1946. Tahukah Anda, jam tangan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1957 oleh Hamilton Watch Company di Lancaster, PennsyIvania, Amerika Serikat. Namun sekarang Swiss menjadi salah satu negara yang paling terkenal sebagai produsen jam tangan berkualitas tinggi dengan standar nternasional.

Memang tidak dipungkiri jam tangan yang cantik dan unik mampu melengkapi penampilan seseorang. Selain model dan kualitasnya, teknologi jam tangan tersebut juga harus menjadi pertimbangan utama. Jam tangan kini telah berhasil menjelma menjadi barang mewah. Harganya dapat mencapai milyaran rupiah. Tentu tidak semua jam tangan semahal itu. Hanya jam tangan yang spesial saja yang dibanderol dengan harga setinggi langit. Misalnya seperti jam tangan yang terbuat dari emas, bertabur berlian, atau berteknologi serba canggih. Jam tangan buatan merek ternama pun termasuk salah satunya.

Hati-hati saat membeli jam tangan, apalagi jika jam tangan tersebut harganya cukup mahal. Anda harus memeriksanya dengan cermat dan teliti untuk memastikan keaslian jam tangan ini sebelum benar-benar membelinya. Ikuti kiat-kiat dari kami di bawah ini yuk!

Belilah di Toko yang Resmi

Membeli jam tangan yang asli sebaiknya dilakukan secara langsung di toko resminya. Namun Anda tidak harus pergi ke toko fisik jam tangan tersebut. Sebab kini Anda bisa melakukan pemesanan lewat media online yang tentunya jauh lebih praktis. Memang sih membeli jam tangan di toko resmi biasanya lebih mahal sedikit, namun Anda tak akan kecewa karena produk tersebut memang asli. Kalau mau membeli jam tangan dari pihak ketiga, Anda sebaiknya hanya melakukannya kepada orang-orang yang memang Anda kenal dengan baik. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya penipuan ya.

Manfaatkan Promo yang Ada

Sudah menjadi rahasia umum kalau harga jam tangan yang ori itu mahalnya bukan main. Bahkan untuk merek lokal pun paling murah biasanya dibanderol dengan harga Rp 500 ribuan. Lain lagi dengan produk jam tangan merek luar negeri yang harganya sampai tembus milyaran rupiah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencari informasi tentang promosi jam tangan yang masih tersedia saat ini. Promo jam tangan ini lumayan banget loh buat meringankan biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi kalau promonya berupa cashback atau diskon yang mencapai lebih dari 30 persen. Dijamin untung deh.

Periksa Keaslian Jam Tangan

Sedang ingin membeli jam tangan buatan merek ternama? Jangan sampai salah pilih ya. Pastikan Anda membeli produk jam tangan yang original dan jangan tergiur harga murah. Perhatikan materialnya baik-baik. Jam tangan yang asli selalu dilengkapi garansi sekitar 1-2 tahun atau bahkan lebih. Jam tangan ini juga terbuat dari material yang berkualitas tinggi. Jam tangan original selalu dibuat memakai material yang bermutu tinggi sehingga dapat menjauhkan Anda dari gatal-gatal, kemerahan, dan iritasi kulit.

Jam tangan yang mempunyai kualitas baik setidaknya telah dilengkapi dengan teknologi water resistant sesuai standar. Fitur ini penting sekali karena terkadang Anda lupa melepas jam tangan saat berwudhu atau mencuci tangan. Terlebih di musim hujan, mungkin saja jam tangan terciprat air hujan. Bagi mereka yang hobi olahraga air atau suka berpetualang, pilih jam tangan dengan teknologi water resistant yang lebih kuat. Agar tetap awet, usahakan mengganti karet kedap air (seal) minimal setahun sekali.

Sesuaikan dengan Gaya

Anda harus memilih jam tangan dengan gaya yang sesuai style favorit diri Anda sendiri. Untuk dapat tampil secara elegan dan maskulin, pilihlah jam tangan berbahan stainless steel yang bersifat anti karat. Jam tangan ini cocok sekali untuk gaya Anda. Sedangan bagi penyuka gaya klasik, pilihlah jam tangan dengan tali kulit asli (genuine leather). Berbeda lagi kalau Anda ingin tampil sporty dengan jam tangan yang terpasang, Anda bisa memakai jam tangan bertali kulit atau plastik yang agak besar. Sementara itu, jam tangan berwarna silver atau gold cocok untuk Anda yang ingin tampil anggun dan berkelas.

Rawat Jam Tangan Anda

Perawatan dasar jam tangan sebenarya tidaklah sulit. Apalagi kalau jam tangan tersebut memang benar-benar asli, Anda akan lebih mudah dalam merawatnya karena jam tersebut notabene terbuat dari bahan baku yang kualitasnya bagus. Cara merawat tali kulit jam tangan yaitu usahakan tali ini tidak sampai terkena air. Sedangkan untuk tali berbahan stainless steel, Anda bisa membersihkannya memakai kain lap basah dan sikat berbulu halus secara bergantian. Bagi yang memiliki jam tangan dari emas, jangan menggunakannya bersamaan dengan perhiasan lain ya karena bakal mudah tergores.

Mesin jam tangan juga harus diperhatikan dengan baik. Anda tak boleh lupa merawat mesin jam tangan tersebut. Usahakan Anda menggunakan baterai khusus untuk jam tangan mewah yang bermutu tinggi. Misalnya nih jika jam tangan Anda merupakan produk buatan Swiss, maka gunakan juga baterai khusus yang memang ditujukan untuk jam produksi Swiss. Baterai yang asli ini biasanya mampu bertahan sampai 1-3 tahun. Supaya selalu akurat, periksakan jam tangan setiap dua tahun sekali ke service center resmi. Khusus untuk jam tangan digital biasanya harus dikalibrasi miimal sebulan sekali untuk mencegah terjadinya penyimpangan waktu.