7 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen di Jakarta

Sebelum Anda membeli properti, entah itu tanah, rumah, apartemen, atau vila, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu detail dari properti yang hendak Anda beli tersebut. Karena pada hakikatnya semua jenis properti mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Perlu Anda ketahui bahwa dari keempat jenis properti di atas, saat ini orang lebih menyukai properti berjenis apartemen. Jika Anda juga tertarik dengan apartemen ini, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum pada akhirnya memutuskan untuk membeli apartemen atau tidak.

Apartemen merupakan properti yang paling dicari saat ini, khususnya oleh masyarakat perkotaan. Hal ini dikarenakan apartemen mempunyai keunggulan-keunggulan tersendiri dibandingkan properti yang lain. Tinggal di apartemen tak ubahnya seperti di hotal yang nyaman. Tapi biaya hidup di apartemen ini lebih murah daripada hotel, apalagi jika Anda tinggal di apartemen milik sendiri dan bukan merupakan apartemen sewa. Berkat keistimewaan yang dimilikinya inilah, apartemen jauh lebih diminati. Untuk bisa membeli sebuah unit apartemen yang bagus, Anda mesti berkompetisi dengan banyak orang.

Kami mempunyai sejumlah kiat-kiat yang dapat Anda coba sendiri saat membeli apartemen, khususnya apartemen di Jakarta, supaya Anda bisa memperoleh unit apartemen yang paling ideal, harganya cukup terjangkau, dan Anda pun tidak tertipu.

Cari Tahu Fasilitas-fasilitas di Apartemen

Apartemen yang hendak Anda beli harus dipastikan memiliki fasilitas dasar seperti listrik, air, lift, tempat pembuangan sampah, dan sistem keamanan. Serta fasilitas-fasilitas pendukung seperti kolam renang, gym, dan taman. Ini merupakan poin yang harus Anda perhatikan pertama kali. Barulah kemudian Anda bisa memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Apartemen menjadi semakin bagus jika terdapat fasilitas umum di sekitarnya. Seperti mall, rumah sakit, lembaga pendidikan, dan tempat kerja. Semakin banyak fasilitas umum yang ada di sekitar apartemen, maka Anda dapat terhindar dari macet berkepanjangan serta lebih menghemat biaya pengeluaran untuk tranportasi.

 Pilih Tipe Kamar yang Sesuai Kebutuhan

Sebuah gedung apartemen biasanya mempunyai sejumlah tipe unit yang dibedakan menurut harganya. Meskipun banyak pihak manajemen yang berjanji akan bersikap adil terhadap semua penghuni di dalam apartemen tersebut, tapik kenyataannya sering kali tidak demikian. Harga unit yang lebih tinggi biasanya akan menjamin fasilitas dan pelayanan yang Anda terima bakal lebih baik. Mengingat di apartemen ini Anda akan tinggal bersama para penghuni apartemen lainnya di dalam satu atap, maka tipe kamar yang Anda miliki akan mempengaruhi status sosial Anda di sini. Sebaiknya Anda memilih unit apartemen yang sesuai kebutuhan dan anggaran biaya yang tersedia.

Pertimbangkan Memilih Lantai di Dasar

Unit apartemen yang berada di lantai paling dasar ialah favorit semua orang. Mengapa? Sebab di lantai dasar ini Anda bisa memperoleh akses ke fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh apartemen dalam porsi yang jauh lebih banyak daripada penghuni yang lainnya. Anda pun akan menjadi lebih bebas memanfaatkan keberadaan fasilitas-fasilitas yang biasanya juga terletak di lantai dasar ini. Sebaliknya penghuni di kamar  lantai dua dan seterusnya sering kali harus berhadapan dengan lift yang macet sehingga menyebabkan rasa malas apabila harus naik turun lift hanya untuk menikmati fasilitas apartemen saja. Oleh karena itu, harga unit apartemen di lantai dasar ini merupakan yang paling mahal.

Rasakan Suasana serta Kenyamanannya

Beberapa apartemen di Jakarta mempunyai fasilitas tertentu untuk mendukung suasana yang diinginkan oleh mayoritas calon penghuninya. Anda tinggal memilihnya saja sesuai kebutuhan hidup. Apabila Anda merupakan orang tua yang sangat memperhatikan kualitas pendidikan si anak, pilihlah apartemen yang telah menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tertentu. Begitu juga jika Anda baru saja menikah dan ingin menikmati suasana ruangan yang romantis bersama pasangan Anda, Anda sebaiknya memilih apartemen yang lokasinya dekat dengan pantai agar pemandangan yang tercipta senantiasa indah. Anda mesti mempertimbangkan baik-baik suasana apartemen tersebut.

Hitunglah Harga Pembelian Apartemen

Faktor harga beli juga perlu Anda pertimbangkan dengan sungguh-sungguh dalam membeli apartemen di Jakarta. Jangan sampai deh kehidupan Anda terganggu akibat memaksakan diri membeli apartemen yang harganya jauh di atas kemampuan finansial Anda. Buatlah kehidupan Anda terasa nyaman dengan membeli apartemen yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pribadi. Biasanya saat Anda ingin membeli unit apartemen, Anda akan ditawari pinjaman setoran awal oleh bank. Pertimbangkan matang-matang dalam memutuskan negoisasi ini. Jangan sampai pinjaman Anda di bank tersebut nantinya akan mengganggu setoran cicilan pembelian unit apartemen ini.

Kenyamanan Keluarga serta Anak-anak

Pada dasarnya, faktor kenyamanan merupakan faktor terpenting yang mesti Anda perhatikan pada saat memilih tempat tinggal apapun itu, termasuk apartemen. Bagaimanapun juga apartemen tersebut akan menjadi rumah tinggal bagi Anda dan keluarga. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan semua anggota keluarga merasa betah tinggal di dalamnya. Jika Anda mempunyai istri dan anak, sebaiknya pilih hunian yang nyaman dan mampu mendukung kehidupan mereka. Seorang istri umumnya sangat membutuhkan tempat belanja yang dekat. Begitu pula dengan buah hati, Anda harus memastikan anak Anda memiliki akses yang mudah untuk menuju ke sekolahnya.

Pilih Apartemen di Lokasi yang Strategis

Sebisa mungkin pilihlah apartemen yang terletak di tempat yang strategis. Sebenarnya tak harus berada di pusat kota sih. Maksud strategis di sini adalah tempat tersebut menjadi penghubung antara berbagai pusat keramaian di daerah sekitarnya. Biasanya tempat seperti ini akan berkembang pesat dengan cepat sekali. Anda yang tinggal di sini pun akan merasa nyaman sebab lebih mudah untuk bepergian ke tempat lain. Jika tujuan utama Anda membeli apartemen adalah investasi, maka pertimbangkan prospek lokasi apartemen di masa yang akan datang. Semakin banyak fasilitas publik yang direncanakan akan dibangun di tempat tadi, maka bakal semakin cerah hasil investasi Anda.