Step by Step Panduan Membersihkan Kulkas Supaya Selalu Bersih

Kulkas memiliki peranan penting di dalam rumah sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman. Tanpa adanya kulkas, kesegaran bahan makanan tidak bisa dipertahankan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, kulkas pun harus dijaga kebersihannya dengan baik. Jangan sampai kualitas makanan dan minuman yang Anda simpan mengalami kerusakan akibat kondisi kulkas yang kotor.

Kulkas wajib dibersihkan secara total paling tidak setiap satu bulan sekali. Anda perlu membersihkan noda yang mengotori kulkas tersebut, baik noda yang ada di bagian interior maupun eksteriornya. Timbulnya noda ini biasanya disebabkan oleh tumpahan makanan dan minuman yang tidak sengaja terjatuh. Jika dibiarkan saja, tumpahan tadi tidak hanya dapat menimbulkan noda membandel, tetapi juga mengakibatkan munculnya bau busuk di dalam kulkas.

Anda bisa membersihkan kulkas dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Air
  • Buah lemon
  • Baking soda
  • Sabun cuci piring
  • Spons
  • Kain microfiber
  • Sikat gigi

Cara Membersihkan :

  1. Padamkan kulkas dengan mencabut kabel stop kontaknya terlebih dahulu. Turunkan tombol pengatur suhu freezer ke posisi paling rendah. Biarkan pintu kulkas tetap terbuka.
  2. Keluarkan semua bahan makanan dan minuman yang tersimpan di dalam kulkas. Setelah itu, keluarkan pula seluruh rak yang bisa dilepaskan. Letakkan rak-rak ini di tempat yang aman.
  3. Biarkan kulkas dalam keadaan pintunya terbuka selama 3-5 jam. Hal ini bertujuan untuk membuat suhunya menjadi normal seperti suhu ruangan sehingga bunga es yang terdapat di freezer mencair.
  4. Peraslah buah lemon menggunakan alat pemeras untuk diambil air sarinya. Air sari dari lemon kita gunakan sebagai bahan pembersih alami karena efektif dalam membersihkan noda dan memiliki aroma yang segar.
  5. Usapkan air sari lemon ke seluruh bagian dalam kulkas secara merata. Anda bisa menggunakan kain microfiber. Oleskan mulai dari bagian paling atas hingga ke area terbawah.
  6. Kadang-kadang ada noda membandel yang sulit dihilangkan memakai air sari lemon. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan baking soda. Taburkan baking soda di atas noda, lalu gosok menggunakan sikat gigi sampai bersih.
  7. Bersihkan semua bagian dalam kulkas secara merata, termasuk freezer-nya juga. Setelah selesai, Anda bisa berlanjut membersihkan bagian permukaan luar kulkas. Hati-hati saat melakukannya.
  8. Kulkas yang sudah dibersihkan total bisa Anda biarkan sejenak agar kondisinya mengering. Sembari menunggu, Anda bisa membersihkan rak-rak kulkas memakai sabun cuci piring.
  9. Pilihlah sabun cuci piring yang aman serta mempunyai aroma khas lemon yang menyegarkan. Gunakan spons untuk menggosokkan sabun cuci piring tersebut ke rak kulkas satu per satu. Kemudian bilas sampai bersih.
  10. Rak kulkas perlu diangin-anginkan sebentar supaya mengering. Setelah itu, susun kembali rak-rak ini ke tempatnya semula. Masukkan semua makanan dan minuman ke dalam kulkas. Terakhir, nyalakan kembali kulkas Anda.