6 Tips Membeli Rumah Bekas dengan Sukses, Bikin Untung Besar!

Rumah bekas merupakan suatu alternatif pilihan manakala Anda ingin membeli rumah yang berstruktur kokoh dengan harga yang lebih miring. Rumah bekas atau juga disebut rumah seken ini biasanya sudah pernah dihuni oleh mantan pemiliknya dalam kurun waktu tertentu. Jadi keadaan rumah saat ini sangat tergantung dari bagaimana perawatan yang dikerjakan oleh pemilik sebelumnya. Bukan tidak mungkin rumah bekas ini mempunyai kondisi yang jauh lebih bagus daripada rumah baru apabila dirawat dengan baik. Begitu pula dengan sebaliknya. Sehingga Anda wajib mengeceknya dengan teliti.

Rumah seken umum diperjualbelikan baik di pelelangan resmi maupun dari mulut ke mulut. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Ada yang lebih murah dari harga rumah baru. Tetapi tidak sedikit pula rumah bekas yang harganya lebih mahal dibandingkan rumah baru berkat nilai historis yang dimilikinya. Karena sudah pernah dihuni sebelumnya, Anda yang ingin membeli rumah jenis ini harus jeli dalam memilihnya. Jangan terkelabui oleh tampilan luar rumah yang terlihat baru saja ya, tapi Anda juga perlu mengetahui seluk-beluk dari rumah tersebut. Jangan sampai deh Anda menyesal di kemudian hari.

Kenyataannya ialah membeli rumah bekas tidak semudah membeli rumah baru. Di sini kita benar-benar harus teliti dan ekstra hati-hati dalam memeriksa rumah tersebut. Jangan sampai deh Anda terkena tipu dari si oknum penjual rumah bekas yang nakal. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengikuti kiat-kiat dari Arafuru di bawah ini saat hendak membeli rumah bekas pakai.

Periksa Kondisi Rumah Secara Langsung

Saat Anda melihat iklan penjualan rumah, baik itu di media cetak maupun elektronik, maka penampilan rumah tersebut pasti akan terlihat begitu mewah serta elegan. Semuanya nampak sempurna, entah itu pewarnaan yang dimiliki oleh dindingnya ataupun lingkungan di sekitarnya. Di sini Anda jangan langsung terperdaya oleh gambar tersebut ya. Sebaiknya Anda datangi langsung ke tempat rumah yang diiklankan tadi berada. Jangan lupa mengajak teman Anda yang minimal bisa mengetahui layak tidaknya bangunan rumah tersebut untuk dihuni. Dia akan membantu Anda memeriksa kondisi rumah tersebut.

Jangan Terbuai dengan Dekorasi Interior

Rumah yang akan dijual tentunya jauh-jauh hari sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang supaya mampu memikat hati pembeli. Biasanya nih persiapan ini dilakukan pada permainan cat dinding. Rumah tersebut sengaja dicat ulang dindingnya agar terlihat lebih menarik. Itu sebabnya, Anda sebagai pembeli jangan mudah terbuai oleh trik murahan dari penjual rumah ini. Bersikaplah kritis dengan menanyakan usia rumah tersebut, kapan terakhir kali direnovasi, dan lain sebagainya. Keselamanan Anda sekeluarga saat tinggal di rumah ini jauh lebih penting daripada dekorasi rumah tersebut yang memang menarik.

Menilai Struktur Denah Interior Rumah

Layout denah interior menjadi pertimbangan penting bagi Anda, apakah layak rumah tersebut ditempati atau tidak? Layout ini juga meliputi bagaimana pencahayaan dan sistem ventilasi keluar masuk ruangan. Pencahayaan yang bagus memungkinkan sinar matahari sanggup memasuki ke seluruh ruangan dengan leluasa. Sedangkan ventilasi yang bagus adalah ventilasi yang bisa membuat udara mengalir bebas tanpa menimbulkan kebocoran saat hujan datang. Rumah yang sehat semestinya dilengkapi dengan ventilasi yang memadai sehingga kondisi di dalamnya tetap terjaga dengan baik serta tidak terlalu lembab.

Memeriksa Fasilitas Primer yang Dimiliki

Secara umum, rumah tinggal yang layak huni mempunyai fasilitas sumber air dan listrik. Sumber air bisa berasal dari PDAM maupun air pompa dari sumur. Jika dilengkapi dengan air pompa, pastikanlah jarak sumber air dengan septictank minimal yaitu 10 meter. Sehingga air di dalam sumur tersebut tetap aman dipakai dan tak tercemar. Sedangkan untuk pemeriksaan tenaga listrik bisa dilakukan dengan mengecek berapa daya yang dimilikinya dan berapa biasanya tagihan bulanannya. Kalau rumah ini telah dilengkapi dengan fasilitas tambahan yang sesuai kebutuhan dan minat Anda tentu akan menjadi sebuah kelebihan tersendiri.

Pastikan Rumah Dilengkapi Sertifikat Asli

Karena rumah sudah pernah ditempati, biasanya berkas-berkas rumah seperti Sertifikat Hak Milik dan Surat Izin Mendirikan Bangunan yang dimiliki seharusnya sudah lengkap. Namun tak jarang, rumah yang masih dalam persengketaan pun dijual oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, di sinilah pentingnya memeriksa kelengkapan berkas rumah dan keabsahannya di mata hukum. Jangan sampai deh Anda yang memang sama sekali tidak tahu-menahu tentang masa lalu rumah tersebut malah ikut terjerumus dalam permasalahannya yang begitu pelik. Anda harus memeriksa keabsahan sertifikatnya.

Bandingkan Harga Rumah Secara Realistis

Harga suatu rumah dapat dikatakan masuk di akal apabila berbanding lurus dengan kondisi rumah serta harga yang ditawarkan oleh rumah lain dengan spesifikasi yang serupa. Di sinilah pentingnya Anda untuk membandingkan harga rumah yang satu dengan rumah yang lainnya. Pertimbangkan juga keistimewaan lokasi dari tempat rumah tersebut berada. Apakah di lokasi yang strategis, jalan akses menujunya sangat mudah dan nyaman, dan bagaimana kondisi lingkungan sekitarnya? Bagaimanapun juga faktor lokasi ini memang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap harga dan nilai sebuah rumah tinggal.